Terlalu Banyak Tidur Bisa Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung

Kesehatan 3 months ago
Terlalu Banyak Tidur Bisa Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung

Peneliti menemukan kematian dan penyakit jantung atau pembuluh darah di otak lebih cenderung mempengaruhi orang yang tidurnya lebih dari delapan jam sehari dibandingkan dengan mereka yang tidur selama enam hingga delapan jam.

Penelitian ini melihat data dari 116.000 orang berusia antara 35 dan 70 di 21 negara yang berbeda.K etika mereka melihatnya delapan tahun kemudian, mereka menemukan 4.381 kematian dan 4.365 yang disebabkan kardiovaskular. Kardiovaskular adalah penyakit jantung, kondisi di mana terjadi penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung, nyeri dada, atau stroke.

Peserta yang tidur total delapan hingga sembilan jam sehari memiliki risiko 5% lebih besar menderita insiden seperti itu daripada mereka yang tidur enam hingga delapan jam.

Bahaya naik ke risiko 17% lebih tinggi untuk orang yang tidur antara sembilan dan 10 jam sehari sementara mereka yang tidur lebih dari 10 jam sehari memiliki 41% peningkatan risiko penyakit kardiovaskular atau kematian.

Tim ahli internasional menulis dalam European Heart Journal: "Tidur sangat penting untuk kesehatan manusia, dan orang menghabiskan sekitar sepertiga dari jam tidur mereka. Hal ini semakin dianggap sebagai perilaku gaya hidup penting yang dapat mempengaruhi penyakit kardiovaskular (CVD) dan kematian."


Co-author Profesor Salim Yusuf, dari McMaster University, Ontario, Kanada, mengatakan: "Masyarakat umum harus memastikan bahwa mereka mendapatkan sekitar enam sampai delapan jam tidur sehari."

Loading...

Beliau memperingatkan.

"Di sisi lain, jika Anda tidur terlalu sering, katakanlah lebih dari sembilan jam sehari, maka Anda mungkin ingin mengunjungi dokter untuk memeriksa kesehatan Anda secara keseluruhan."

Lantas beliau menambahkan.

"Bagi dokter, termasuk pertanyaan tentang durasi tidur dan tidur siang hari dalam sejarah klinis pasien Anda mungkin membantu dalam mengidentifikasi orang yang berisiko tinggi terhadap masalah jantung dan pembuluh darah atau kematian."

Tim juga menemukan 9% peningkatan risiko untuk orang yang tidur total enam jam atau lebih sedikit, tetapi temuan ini tidak signifikan secara statistik.

Jadi, atur waktu tidurmu dengan baik ya agar kesehatanmu tetap terjaga.

Tags: Jantung, Tidur Tepat Waktu, Sehat

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close
0
Followers

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com