Beberapa Tips Dalam Memilih Makanan Pendamping ASI

05-09-2016 (3 months ago)

Setelah usia sang anak sudah mencukupi untuk dapat memakan makanan pendamping ASI, maka kamu ahrus mencari tahu bagaimana tips dalam memilihnya.

 Ketika bayi telah lahir ke dunia, maka ia membutuhkan asupan yang sangat cocok dan bermanfaat untuk kelangsungan hidupnya. Asupan tersebut pastinya adalah ASI atau air susu ibu. Ketika usia bayi telah menginjak 6 bulan, maka bayi diperbolehkan mengkonsumsi makanan lainnya yang sering disebut sebagai MPASI atau makanan pendamping ASI.

 Dalam memberikan makanan pendamping ASI, kamu tidak boleh asal-asalan dan harus mengetahui beberapa tipsnya. Karena tidak semua bayi yang ingin memakan makanan yang bergizi, oleh karena itu diperlukan tips dalam memilih MPASI atau makanan pendamping ASI. 



Banyak tersebar beberapa makanan pendamping ASI yang dijual di pasar atau supermarket. Akan tetapi, kamu harus pandai-pandai dalam menentukan makanannya. Jangan sampai kamu memilih makanan yang malah membahakan kesehatan sang bayi. Menurut Dr Soedjatmiko, terdapat 4 buah tips yang harus diketahui oleh sang ibu ketika ingin menentukan makanan pendamping ASI buat si bayi.

Beberapa Tips Dalam Memilih Makanan Pendamping ASI

1. Tidak Menyebabkan alergi, muntah, atau bahkan BAB Encer



Sang ibu harus mengetahui mana saja makanan yang tidak cocok untuk si bayi. Karena makanan yang tidak cocok bisa saja menimbulkan gejala negatif pada kondisi si bayi seperti diare, muntah atau alergi. Sang ibu harus mengetahui penyebab si bayi mengalami gejala tersebut. Contohnya telur, maka jangan sekali-kali kamu memberikan bayi yang memiliki kandungan telur. 

2. MPASI Mudah di Dapatkan



Kemudahan dalam memperoleh makanan pendamping ASI harus juga kamu perhatikan, jangan mencari makanan yang sulit didapatkan karena hanya akan membuat kamu repot saja. Perhatikan pada lingkungan sekitar, manfaatkan bahan yang bergizi dan sesuai dengan aturan makanan bayi. Misalnya dari buah-buahan atau sayuran.

3. Anak Ingin Mengkonsumsinya



Pilihlah makanan yang anak ingin memakannya. Jangan memaksakan bila si anak tidak ignin memakannya. Perhatikan juga gizi dan tekstur yang ada pada makanan, berilah makanan yang disukai anak. Jika kamu tetap memaksakan si anak untuk memakan makanan yang jelas-jelas ia tolak, maka mungkin saja akan berpengaruh buruk pada kondisi kesehatannya.

4. Terjadi Peningkatan Berat badan Bayi



Kamu sebagai ibu harus memperhatikan makanan yang diberikan pad abayi, jika tejadi peningkatan berat badan bayi tiap bulan maka makanan yang kam berikan itu cocok dengannya. Makanan yang cocok dengannya akan membantu si bayi dalam pertumbuhan berat badannya.

Itulah informasi mengenai beberapa tips dalam memilih makanan makanan pendamping ASI untuk bayi. Jangan sekali-kali memberikan makanan asal-asalan ke bayi. Jika perlu berkonsultasilah ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui apa tipe-tipe atau jenis makanan yang boleh diberikan kepada bayi. Bayi yang seha adalah bayi yang diberikan asupan yang bergizi dari ibunya.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel