Ciri Komputer Terkena Virus Ransomware Dan Cara Mengatasinya
Ransomware adalah virus yang saat ini sedang ngetrend dan banyak menimpa orang, berikut adalah ulasan lengkap tentang ransomware.
Bagi para pengguna komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Virus. Virus bukan hanya mengganggu kinerja dari laptop maupun komputer kita, tetapi ada juga virus yang bekerja dengan cara melakukan enkripsi file penting kita sehingga kita tidak akan bisa membuat file tersebut karena sudah di enkripsi. Virus yang terkenal tersebut diberi nama Ransomware. 
 
Jadi Ransomware adalah jenis malware di komputer yang akan masuk pada sistem komputer dan mengunci semua file penting yang ada di komputer anda, kemudian nanti anda akan diminta untuk memberikan uang agar file-file penting anda tersebut kembali dan semua enkripsi pada file akan terbuka. Lalu bagaimana kita bisa tahu apakah komputer kita sudah terinfeksi sebuah ransomware? nah berikut adalah ulasan mengenai hal tersebut.
 
Komputer Menjadi Lelet


Gejala pertama yang akan muncul jika komputer anda terinfeksi virus ransomware adalah kinerja laptop menjadi lelet dan performa menurun. Jika anda mulai merasa aneh dengan kondisi laptop atau komputer anda maka sebaiknya anda lakukan scanning menggunakan antivirus terpercaya untuk laptop atau komputer anda. Hal ini agar mencegah bekerjanya virus ransomware tersebut. 
 
Semua File Sudah Berubah Ekstensi


Ciri utama jika komputer atau laptop anda sudah terkena virus ransomware adalah semua file yang ada di komputer anda akan terenkripsi. Maksudnya adalah semua file tersebut akan berubah ekstensinya, jika awalnya file tersebut berekstensi doc,docx maka akan berubah menjadi berekstensi cerber3 atau sejenisnya.
 
Muncul Pesan Peringatan Di Wallpaper


Yang paling terlihat adalah akan muncul sebuah pesan atau notifikasi yang mengatakan jika komputer anda sudah terinfeksi virus ransomware. Anda akan mendapatkan sebuah alamat website untuk bisa mendapatkan file anda kembali, nominal yang diminta pun tidak tanggung-tanggung. Biasanya anda akan diminta untuk membayar 1 bitcoin.
 
Bagaimana Cara Mengatasi Ransomware?

  • Untuk cara mengatasi ransomware pasti membutuhkan kesabaran dan sedikit ketelitian. Pertama anda harus mengunduh program khusus yang bernama ESET TeslaCrypt Decryptor.
  • Setelah mendownload program tersbut maka anda bukalah CMD dengan mode Admin
  • Kemudian anda letakan program ESET TeslaCrypt Decryptor pada drive D atau C.
  • Pada CMD anda ketikan "D:" atau "C:" sesuai dengan lokasi tempat penyimpanan ESET TeslaCrypt Decryptor.
  • Selanjutnya anda ketikan "ESETTeslaCrypt.Decryptor.exe D:" anda sesuaikan dengan lokasi penyimpanan ESET TeslaCrypt Decryptor ya. Setelah itu anda tekan enter.
  • Maka akan muncul sebuah kotak persetujuan, anda pencet saja tombol setuju yaitu "Agree"
  • Kemudian program akan melakukan scanning, lama proses ini tergantung pada banyaknya jumlah file yang ada pada harddisk anda, jadi anda harus bersabar.
  • Jika program ESET TeslaCrypt Decryptor menemukan file yang sudah terinfeksi ransomware maka otomatis ESET TeslaCrypt Decryptor akan melakukan perbaikan dan re-enkripsi pada file tersebut, sehingga file anda akan kembali. 

Artikel ini di tulis oleh Anton Wahyu kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Artikel Terkait