close
Cara Merawat Laptop Agar Awet
Laptop merupakan barang yang mahal. Apalagi kalau laptop yang spesifikasi buat para gamer. Jadi, daripada buang uang karena kesalahan dalam merawat laptop, lebih baik lanjut baca cara merawat laptop agar awet dan tidak mudah rusak.
Kamu pasti nggak mau kalau laptop yang kamu beli cepat rusak karena kurangnya perawatan atau belum tahu cara merawat laptop yang benar agar tidak cepat rusak. Ya, pada artikel ini saya akan membahas tentang bagaimana cara merawat laptop agar awet dan tidak cepat rusak.

Laptop merupakan barang yang mahal. Apalagi kalau laptop yang spesifikasi buat para gamer. Jadi, daripada buang uang karena kesalahan dalam merawat laptop, lebih baik lanjut baca cara merawat laptop agar awet dan tidak mudah rusak.

1.    jangan meletakkan laptop anda di atas kasur
 
ini merupakan yang paling penting untuk merawat laptop anda agar tidak cepat rusak. jika anda menaruh laptop di atas kasur, maka sirkulasi udara di laptop anda tidak akan berjalan dengan lancar. udara pembuangan akan sulit keluar karena heatsing/kipas pendingin komponen pada laptop akan tertahan oleh badan kasur. akibatnya, udara pembuangan tersebut berputar kembali kedalam laptop dan membuat komponen-komponen laptop anda menjadi panas. saran saya kalau bisa jangan meletakkan laptop di atas kasur.

2.    jangan mengangkat laptop dalam keadaan masih menyala
 
tidak boleh? mengapa? karena dalam keadaan menyala, dapat menyebabkan piringan pada harddisk bisa tergores dan menyebabkan BAD SECTOR (Keadaan dimana satu sektor dalam HDD mengalami kerusakan sehingga tidak bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan data).

3.    jangan menutup laptop setelah di matikan


Sebenarnya boleh menutup laptop kalau laptop kamu masih dalam keadaan dingin. yang nggak boleh kalau laptop kamu masih dalam keadaan hangat atau bahkan dalam keadaan panas.
untuk merawat laptop agar tidak cepat rusak, hindari menutup layar LCD secara langsung karena udara panas yang keluar melewati celah-celah keyboard akan langsung mengenai LCD dan dapat berakibat fatal pada LCD tersebut.

4.    jangan terlalu sering mengoperasikan laptop untuk bermain game yang berat
 
kalau game yang ringan seperti limbo atau zuma ya gak apa-apa. yang jadi masalah ketika kamu sering main game berat, seperti call off duty advanced warfare, pes 2016 dan sebagainya. jika memainkan game berat terlalu lama dapat menyebabkan laptop menjadi overheat dan baterai laptop kamu bisa rusak/bocor.

5.    jangan mengoperasikan laptop terlalu lama
 
Laptop yang digunakan terlalu lama bisa saja terkena overheat/panas berlebih. laptop beda dengan komputer yang dapat dinyalakan 24 jam mengoperasikan nonstop.

Baca Juga: ASUS ROG G752VS OC Edition, Laptop Gaming Kencang Hanya Rp.40 Jutaan

6.    seringlah membersihan laptop
 
Bagi kamu yang mempunyai laptop atau komputer jangan lupa untuk membersihkan laptop minimal 2 minggu sekali. Debu yang menempel pada laptop kamu bisa membuat kinerja laptop menjadi lambat dan bisa membuat laptop kamu menjadi cepat panas. Jika kamu mahir membongkar pasang laptop, bersihkan bagian dalamnya juga.

Nah, sekian tips dari saya semoga bermanfaat bagi kamu dan juga saya.

Loading...
Artikel ini di tulis oleh marshall denhas kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Artikel Terkait