Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Mengganti Atau Menambah Ram Laptop
Ram bawaan dari Laptop biasanya memiliki kapasitas yang kecil dan standard. Sehingga terkadang kita berfikiran untuk menambah kapasitas ram dengan cara menggantinya atau menambahnya. Jika slot ram yang tersedia di Laptop anda ada dua, maka anda bisa menambah Ram.
Saat laptop kita terasa lemot digunakan pastinya Ram adalah salah satu penyebab terjadinya lemot tersebut. Ram merupakan media penyimpanan data sementara untuk aplikasi yang dijalankan. Sehingga jika kita menjalankan lebih dari satu aplikasi secara bersamaan, atau kita menjalanakan aplikasi yang berat maka bisa membuat Kapasitas Ram menjadi penuh. jika ram sudah penuh maka lapotp akan terasa lemot atau lelet saat digunakan.

Ram bawaan dari Laptop biasanya memiliki kapasitas yang kecil dan standard. Sehingga terkadang kita berfikiran untuk menambah kapasitas ram dengan cara menggantinya atau menambahnya. Jika slot ram yang tersedia di Laptop anda ada dua, maka anda bisa menambah Ram. Tapi jika Laptop anda hanya memiliki sebuah slot maka anda harus mengganti Ram laptop anda dengan yang baru dan dengan kapasitas yang lebih besar. Sebelum anda mengganti atau menambah Ram laptop ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Perhatikan Sistem Operasi Yang Anda Gunakan


Anda harus memperhatikan sistem operasi yang anda gunakan sebelum memutuskan untuk menambah atau mengganti Ram laptop. Di Indonesia sendiri sistem operasi yang paling banyak digunakan adalah keluarga Windows. Untuk seri Windows 7 yang 32 Bit kapasitas ram maksimal adalah 4Gb, sedangkan untuk yang versi 64 Bit kapasitas ram maksimalnya bisa mencapai 192 GB. Untuk itu anda harus memperhatikan sistem operasi yang anda gunakan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengganti atau menambah ram pada laptop anda.

Perhatikan Ketersediaan Slot


Anda juga harus memperhatikan Ketersediaan Slot Ram di Laptop anda sebelum memutuskan untuk mengganti atau menambah kapasitas ram laptop anda. Untuk mengetahuinya pastinya anda harus membongkar atau membuka casing dari laptop anda. Jika anda tidak mau repot-repot membuka casing laptop, anda bisa mengetahuinya dengan cara mencari artikel spesifikasi tentang laptop yang anda gunakan. Jika laptop anda memiliki slot ram lebih dari satu anda bisa menambahkan ram lagi di laptop anda dengan catatan kedua ram tersebut harus memiliki spesifikasi yang sama agar bsia terbaca. Tapi jika slot ram yang ada pada laptop anda hanya satu maka anda harus mengganti ram anda dengan kapasitas yang lebih besar lagi.

Perhatikan Dukungan Prossesor


Selain memperhatikan sistem operasi yang anda gunakan, anda juga harus memperhatikan prossesor yang anda gunakan. Anda harus mengetahui jumlah kapasitas memori maksimal dari prosessor sebelum anda memutuskan untuk mengganti atau menambah kapasitas ram laptop anda.

Apabila anda ingin lebih praktis lagi anda bisa mengunjungi sebuah website yang memberikan fitur jasa scan sistem laptop. Dengan website tersebut anda bisa mengetahui tentang spesifikasi ram yang cocok untuk laptop anda.

Baca Juga: Ciri Komputer Terkena Virus Ransomware Dan Cara Mengatasinya

Perhatikan Garansi Laptop


Kebanyakan perusahaan akan menghilangkan garansi sebuah laptop jika pemilik laptop sudah pernah membongkar casing laptop. Untuk itu lebih baik anda perhatikan dulu garansi laptop anda seblum memutuskan untuk mengganti atau menambah kapasitas ram latop anda. Sebaiknya anda melakukan penambahan kapasitas Ram jika garansi laptop anda sudah habis.
Artikel ini di tulis oleh Anton Wahyu kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang
Loading...

Artikel Terkait