close
Perbedaan Antara Laptop, Notebook dan Netbook
banyak orang yang belum bisa membedakan laptop, notebook dan netbook.

Banyak masyarakat yang masih bingung untuk membedakan antara notebook dan netbook. Tidak sedikit yang menganggap notebook adalah laptop atau malah sebaliknya. Pada era modern ini, laptop sudah seperti barang yang sangat dibutuhkan karena tuntutan produktivitas atau kegiatan dalam sehari-hari. Ketiga nama tersebut sebenarnya dari bahasa Inggris. Orang awam lebih sering menyebut komputer jinjing dengan istilah "laptop", karena cara pengucapan yang lebih mudah. Banyak orang yang belum mengerti ketiganya sehingga sering terjadinya miskomunikasi. Terutama ketika ada yang membeli laptop. Agar tidak salah membedakan dan tidak salah sebut, berikut perbedaan yang harus diketahui.

Nama (Notebook, Netbook dan Laptop)


Laptop, notebook dan netbook merupakan produk yang berasal dari luar negeri. ketiga nama tersebut berasal dari bahasa inggris. Banyak yang mengira bahwa laptop berasal dari Indonesia, sedangkan kalau dalam bahasa Indonesia laptop bisa diartikan sebagai komputer jinjing. tidak sedikit yang mengira bahwa ada laptop yang berhasil di ciptakan Indonesia, seperti Alltronix, Anote, Axioo , Byon, Elovo, Zyrex dan  masih banyak lagi.

Ukuran

 

Perlu diketahui bahwa perbedaan dapat dilihat dari ukuran. Seperti netbook memiliki ukuran layar berkisar 6 - 13 inci, notebook memiliki ukuran berkisar 13.1 - 18 inci dan laptop memiliki ukuran layar yang cukup tebal serta ukuran yang lebih 18 inci . Laptop juga berat karena ukurannya yang lebih dari yang lain.

Spesifikasi dan Komponen

 

Netbook memiliki spesifikasi yang tidak terlalu tinggi karena pengaruh dari ukuranya. Biasanya netbook diciptakan untuk kalangan kelas menengah ke bawah. netbook biasanya dibekali prosesor Intel Atom dan tidak memiliki RAM yang lebih dari 2 Gb, serta tampilan grafis yang standar. Ciri khasnya adalah tidak adanya DVD – ROM dan ukuran yang terbilang lebih kecil dari notebook.

Dibandingkan netbook, notebook memiliki spesifikasi yang memadai dan hampir sama dengan komputer jenis PC. Notebook memiliki harddisk yang besar, prosesor yang kuat dan memiliki DVD - ROM. Ada juga notebook yang tidak ada DVD -ROM karena tuntutan ketipisan barang.

Kelebihan notebook yakni dari segi ukuran yang lebih kecil dari laptop sehingga mudah dan ringan untuk dibawa bepergian. kelebihan yang lainnya juga dari segi baterai yang lebih awet yang mampu bertahan hingga 7 jam.

kelemahan notebook yakni kadang ada yang tidak ada DVD - ROM sehingga jika ingin memutar DVD pada notebook harus menambahkan DVD eksternal.

Kesimpulan

saat ini,menurut saya pribadi memang sulit untuk membedakan antara notebook dan laptop, karena ukurannya hampir mirip. Dengan model dan komponen serta spesifikasi yang tidak berbeda jauh. Sedangkan netbook, lebih mudah untuk dibedakan dengan ukurannya yang lebih kecil dan tidak memiliki DVD – ROM.

Loading...
Artikel ini di tulis oleh marshall denhas kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Artikel Terkait