Hal-Hal yang Hanya Bisa Dirasakan Oleh Anak Kos - Vebma.com

Hal-Hal yang Hanya Bisa Dirasakan Oleh Anak Kos

15-10-2016 (4 months ago)

Kos juga biasanya penuh dengan para pendatang baru seperti kamu. Hal-Hal ini mungkin hanya dapat dinikmati jika kamu menjadi anak kos. Hal apakah itu?

Hidup pada masa awal perantuan itu memang mempunyai kenangan tersendiri yakni hidup ditempat kos. Kos juga biasanya penuh dengan para pendatang baru seperti kamu. Hal-Hal ini mungkin hanya dapat dinikmati jika kamu menjadi anak kos. Hal apakah itu?

1. Ibu Kos

Ibu kos merupakan salah satu orang terpenting yang ada di kehidupan kamu waktu itu. Tidak jarang kamu bertemu dengan pemilik kos yang baik dan perhatian kepada kamu karena menganggap kamu sebagai anak sendiri. 

Ada juga ibu kos yang seperti kuntilanak hidup, ngerinya minta ampun. Pulang kelewatan sedikit gerbang kos langsung digembok tanpa ada ampun. Telat membayar, langsung dibentak dan aturan-aturan lainnya yang mengerikan.

2. Belajar Bahasa

Tahu sendiri kan tempat kos itu menjadi awal kehidupan dari para pendatang, Sehingga semua penghuni kos mau tidak mau harus belajar bahasa daerah sekitar khususnya berbicara bahasa jawa. Tetapi, kamu tidak perlu khawatir walaupun tidak ada kursus berbicara bahasa jawa. 

Nantinya kamu dapat beradaptasi sendiri ketika mengobrol dengan warga sekitar atau para penghuni kos lainnya. Selain mengikat tali persaudaraan, kamu akan semakin handal dalam mempelajari bahasa daerah.

3. Jelajah Warung

Jelajah warung adalah kegiatan yang paling menyenangkan yang kamu lakukan ketika menjadi anak kos. Pada umumnya disekitar tempat kos memang banyak sekali warung yang berjualan makanan. Setiap warung mempunyai kelebihan tersendiri seperti wi-fi, mbak-mbaknya cantik, bisa diutang, lauknya banyak, nasinya banyak, es teh yang airnya banyak, dll.

Tetapi walaupun demikian, kamu tetap harus cermat dalam memilih. Kamu harus menentukan manakah warung yang paling murah, paling banyak, dan paling bisa dihutangi. Karena sebagai anak kos kamu mempunyai uang yang terbatas.

4. Cuci Baju

Sebagai anak kos kamu harus siap untuk mencuci bajumu sendiri. Jangan terus-terusan menggunakan jasa laundry, nanti uangmu belum ada sebulan sudah amblas. Sehingga mau tidak mau kamu akan berkenalan dengan yang namanya ember, detergen, dan juga air.

Walaupun berat, tetapi dari sinilah kamu akan mengerti betapa susahnya menjadi pembantu rumah tangga, yang selalu mencucikan pakaianmu setiap hari. Kamu yang dulunya pakai baju baru kotor setitik saja sudah kamu masukan ke ember cucian. Sekarang baju yang kamu pakai sudah 3 hari masih berbau wangi sekali.

5. Mie Instan


Inilah satu-satunya sumber kehidupan para anak kos yang kelaparan di akhir bulan. Hanya untuk menyambung hidup. Jutaan anak kos di akhir bulan rela hanya mengonsumsi mie instan setiap hari. Coba bayangin kalau harga mie instan dinaikin oleh pemerintah, langsung dah tragedi 1998 akan terulang kembali. 

Pada awal bulan, gayanya minta ampun beli cemilannya aja martabak bandung. Dua minggu kemudian, cemilannya turun kasta menjadi gorengan panas. Pada waktu akhir bulan datang, kamu akan membeli cemilan kasta terbawah yakni kacang rebus.

Artikel Terkait

Loading...