10 Makanan Yang Harus Dihindari Untuk Membersihkan Hidung yang Tersumbat
Semua orang bereaksi berbeda terhadap makanan, namun makanan tertentu telah ditemukan untuk mempengaruhi lebih banyak orang daripada makanan lainnya. Berikut 10 makanan yang harus dihindari jika kamu memiliki hidung tersumbat.

1. Makanan Pedas

Mengonsumsi makanan pedas  dapat menyebabkan hidung  menciptakan lebih banyak histamin di tubuh Anda. Histamin adalah senyawa inflamasi yang diciptakan oleh sel-sel di tubuh  saat  mengalami reaksi alergi.

2. Daging Merah

Daging merah bisa menyebabkan hidung tersumbat karena mengandung banyak protein. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan lendir yang berlebihan di hidung yang mengganggu sinus .

3. Pisang

Pisang sangat bagus untuk tubuh, tapi untuk beberapa orang pisang  juga bisa menyebabkan hidung tersumbat. Ini karena memakan buah bisa membuat tubuh melepaskan histamin, yang menyebabkan hidungmu berupaya  melindungi tubuh dari pengunjung yang tidak diinginkan.

4. Susu

Susu untuk sementara dapat mengentalkan lendir di hidung , yang berarti memakan waktu lebih lama agar lendir bisa berjalan melalui tubuh . Ini berarti bahwa setiap alergen yang hadir akan tinggal di sistemmu lebih lama, menyebabkan hidung tersumbat. Penelitian juga menemukan bahwa susu meningkatkan produksi lendir, jadi kamu harus menghindari susu jika  memiliki hidung yang tersumbat!

5. Keju

Keju menyebabkan hidung tersumbat karena mengandung susu yang mengentalkan lendir di hidung .


6. Gula halus

Gula yang dimurnikan buruk bagi kita dalam beberapa cara yang berbeda, dan salah satu cara itu adalah pro-inflamasi. Ini berarti tubuh membuat lebih banyak lendir untuk membantu mengurangi iritasi akibat peradangan.

7. Cokelat

Seperti coklat yang mengandung gulabisa meningkatkan kadar ragi dalam tubuh, sehingga menyebabkan bakteri berlebih dan hidung tersumbat. Cokelat juga mengandung susu yang dapat menyebabkan iritasi bahkan lebih bagi jaringan hidung, sehingga hidung bengkak dan meler.

8. Tuna

Tuna dipenuhi dengan histamines yang menyebabkan radang pada beberapa orang, menyebabkan saluran hidung mereka membengkak. Hal ini bisa membuat sulit bernafas.

9. Pizza

Pizza diisi dengan bahan yang bisa membuat tubuh  menghasilkan histamin ekstra, termasuk keju, gluten, dan tomat. Tomat diketahui memiliki sifat anti-inflamasi namun tetap dapat memicu peningkatan kadar histamin, menyebabkan tubuh menghasilkan lebih banyak lendir. Tingkat keasaman yang tinggi dari tomat juga dapat menyebabkan masalah bagi orang-orang yang memiliki masalah dengan acid reflux, karena asam yang menuju ke tenggorokan mereka dapat mengiritasi tenggorokan.

10. Anggur dan Bir

Anggur diisi dengan gula dan histamik alami yang menyebabkan jaringan hidung membengkak . Bir juga bisa mengandung gluten yang bisa mengakibatkan hidung tersumbat dan wajah memerah. Ini biasanya disebut sebagai alergi alkohol, namun kenyataannya ini adalah intoleransi alkohol. Ini adalah kondisi genetik dimana tubuh tidak dapat memecah alkohol, menyebabkan komplikasi seperti hidung tersumbat.

Artikel ini di tulis oleh Dwi Wulandari kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Artikel Terkait