10 Masjid Terindah Dan Termegah Di Dunia, Buat Semakin Nyaman Beribadah

List 5 months ago
10 Masjid Terindah Dan Termegah Di Dunia, Buat Semakin Nyaman Beribadah

10 Masjid Terindah Dan Termegah Di Dunia - Masjid merupakan tempat beribadah bagi umat Islam, dianggap sebagai tempat suci dan rumah bagi umat muslim untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Masjid juga digunakan sebagai representasi arsitektur terhadap sejarah Islam. Begitu banyak masjid yang terlihat sangat memukau keindahan serta kemegahannya baik dari luar maupun dari dalam, sehingga dapat membuat ibadah menjadi lebih khusyuk dan nyaman. Dikutip dari berbagai sumber, berikut deretan masjid-masjid terindah dan termegah dari seluruh dunia, dan Indonesia termasuk dalam salah satu daftar di bawah ini loh. Mari kita simak sembari berdoa agar bisa diringankan langkah untuk berkunjung ke masjid-masjid ini,

10 Masjid Terindah Dan Termegah Di Dunia

1. Masjidil Haram, Arab Saudi

Image result for Masjidil Haram

Masjidil haram atau Al-Masjid Al-Haram adalah sebuah masjid yang berlokasi di pusat kota Mekkah yang dipandang sebagai tempat paling suci bagi umat muslim di dunia. Masjid ini adalah bangunan masjid terbsesar di dunia karena di bangun mengelilingi ka’bah yang merupakan kiblat bagi umat Islam di seluruh dunia. Memiliki luas yang mencapai 356.800 m2 dan dapat menampung sampai empat juta jamaah. Siapapun umat muslim di dunia ini pasti sangat ingin datang langsung dan beribadah di tempat ini. Masjid ini sungguh besar, berhiaskan marmer yang berkualitas tinggi dan terus mengalami perluasan hingga saat ini.

2. Masjid Nabawi, Arab Saudi

Image result for Masjid Nabawi

Masjid Nabawi adalah masjid yang dibangun secara langsung oleh Nabi Muhammad SAW, berlokasi dipusat kota Madinah di Arab Saudi. Masjid ini adalah masjid suci kedua bagi umat islam setelah Masjidil Haram. Rumah Rasulullah akhirnya masuk kedalam bagian masjid ketika mengalami perluasan. Masjid Nabawi menjadi salah satu destinasi utama jamaah haji dan umrah setiap tahunnya untuk berziarah ke makam Rasulullah dan Raudhah yang dulunya halaman rumah Nabi Muhammad  SAW. Dengan luas yang mencapai 235.000 m2, masjid ini dapat menampung satu juta jamaah. Yang menjadi ciri khas masjid ini adalah paying raksasa. Lebih dari 250 payung raksasa dipasang pada pilar di halaman masjid, payung-payung ini dilengkapi dengan sistem drainase dan pencahayaan yang terbuka secara otomatis bila diperlukan.

3. Masjid Al Aqsa, Palestina

Image result for Masjid Al-Aqsa

Masjid Al Aqsa merupakan masjid paling suci ketiga bagi umat muslim di dunia. Banyak yang menyangka Masjid Al Aqsa adalah bangunan berkubah emas di Yerusalem, padahal itu adalah Dome of Rock. Kedua bangunan ini terletak di satu Kawasan yang disebut Baitul Malqis. Masjid ini berciri khas dengan kubah timah berwarna abu-abu. Sempat mengalami beberapa kali kehancuran karena gempa bumi, namun masjid ini kembali dan masih berdiri kokoh hingga kini. Masjid ini dapat menampung hingga lima ribu jamaah dengan luas 35.000 m2. Uniknya lagi, dikawasan yang sama juga terdapat tempat suci untuk umat Nasrani dan yahudi yang juga memiliki tembok ratapan di Kawasan yang sama.

4. Masjid Sultan Ahmed, Turki

Image result for Masjid Sultan Ahmed

Masjid Sultan Ahmed adalah sebuah masjid di Istanbul, Turki. Masjid ini merupakan masjid paling bersejarah di Turki. Dikenal sebagai masjid biru karena dahulu masjid ini memiliki interior dengan cat berwarna biru, namun kini warna itu sudah dihilangkan. Masjid ini dapat menampung 10.000 jamaah.  Pertama kali didirikan sejak tahun 1609 yang mana makam Sultan Ahmed berada di bagian halamannya. Arsitekturnya yang indah memiliki 6 menara, kaligrafi, corak bunga-bunga, tanaman dan mozaik pada dindingnya. Langit-langitnya penuh dengan perpaduan warna biru, ungu dan cokelat yang sangat artistik. Itu sebabnya masjid ini menjadi salah satu masjid yang terindah di dunia.

5. Masjid Istiqlal, Indonesia

Image result for Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal memiliki arti Masjid Merdeka. Masjid ini adalah masjid nasional Negara Republik Indoesia yang terletak dibekas taman Wilhelmina. Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara dan dapat menampung sekitar 200.000 jamaah. Dengan tema tradisional Jawa, Istiqlal memiliki ruangan sholat uta,a berbentuk persegi panjang dengan 12 tiang penopang besar yang menyanggah kubah dengan diameter 45 meter. 12 pilar besar menandakan tanggal lahir Nabi Muhammad SAW. Tinggi minaretnya 66,66 meter yang menandai 6.666 ayat Al-quran dan ada tujuh pintu masuk yang dinamai dari Asmaul Husna. Dan yang lebih istimewa adalah arsitek masjid ini yang seorang penganut kristen, Frederick Silaban, sehingga Istiqlal dianggap sebagai symbol kebebasan dan toleransi beragama di Indonesia.

6. Masjid Badshahi, Pakistan

Loading...

Image result for Masjid badshahi

Masjid ini memiliki arti sebagai Masjid Raja. Memiliki empat menara di empat penjuru luar masjid dengan tinggi 53,75 meter. Dibangun oleh Raja ke-6 Kesultanan Mughal yakni Raja Aurangzeb Alamgir di kota Lahore, Pakistan. Fondasi dan struktur bangunannya dibangun menggunakan batu bata dan tanah lempung yang dipadatkan sampai akhirnya dibalur dengan lempengan batu pasir merah dengan bagian kubah berlapis pualam putih. Luasnya yang mencapai Sembilan hektar membuat masjid ini memiliki halaman yang sangat luas dan mampu menampung sampai 100.000 jamaah.

7. Masjid Faisal, Pakistan

Related image

Dibangun pada tahun 1987, masjid yang memiliki luas 5.000 m2 ini berada di kota Islamabad, Pakistan. Masjid Faisal mampu menampung hingga 300.000 jamaah. Masjid ini juga termasuk dalam daftar masjid terbesar di dunia yang ada diposisi ke-9. Yang menjadi unik, masjid ini tidak memiliki kubah seperti kebanyakan masjid lainnya. Bentuk artsitekturnya yang tidak biasa berasal dari tenda suku arab badui. Kemegahannya semakin lengkap karena posisi geografinya yang khas yaitu terletak di ujung utara kota Pakistan dan berada di kaki bukit Margalla, kaki bukit yang paling barat dari pegunungan Himalaya. Berlatar belakang bukit Margalla yang indah, lokasinya seakan menegaskan pentingnya masjid ini : “Ia bisa terlihat dari kejauhan baik siang maupun malam”. Vedat Delokay merupakan arsitek dari masjid ini. Masjid ini merupakan salah satu contoh terbaik Islam kontemporer.


8. Masjid Hassan II, Maroko

Image result for Masjid hassan II

Sebagai salah satu negara muslim di Afrika, Maroko memiliki masjid Al Hassan II yang begitu megah di Casablanca. Masjid yang memiliki Menara tertinggi di dunia yang tingginya mencapai 210 meter ini di gagas oleh Raja Hassan II yang bercita-cita ingin menjadikannya landmark Maroko. Masjid ini mulai dibangun pada tahun 1980 oleh grup Bouygues. Masjid ini berdiri di sebuah tanjung yang mengarah ke Samudera Atlantik dan berlantai kaca di aula gedungnya dan membuatnya terlihat seperti berada ditengah laut layaknya masjid terapung. Masjid ini menggunakan teknologi cahaya laser untuk pencahayaan di malam hari dan pemanas lantai. Atap masjid ini dapat dibuka dan ditutup serta di beberapa lantai memakai kaca supertebal yang bisa membuat jamaah melihat laut Samudera Atlantik yang indah. Masjid ini dapat menampung 105.000 jamaah, 25.000 orang di ruangan dan 80.000 orang di luar masjid.

9. Masjid Agung Sultan Qaboos, Oman

Image result for Masjid sultan qaboos

Masjid Agung Sultan Qaboos adalah sebuah masjid yang terletak di Muskat, Oman. Masjid ini diresmikan oleh Sultan Qaboos pada tahun 2001 dan sempat mendapat rekor dunia sebagai masjid dengan karpet buatan tangan terbesar di dunia. Masjid ini dibangun selama enam tahun dan empat bulan, waktu yang tidak sebentar. Namun hasilnya sungguh menakjubkan, sepadan dengan keindahan arsitekturnya. Materialnya menggunakan 300.000 ton batu dan dapat menapung hingga 20.000 jamaah.

10. Masjid Imam Reza, Iran

Image result for Masjid imam reza

Iran juga memiliki masjid yang besar dan indah. Terletak di wilayah Mashhad, Iran terdapat sebuah Masjid Imam Reza. Dinamakan Masjid Imam Reza karena di dalam masjid ini terdapat sebuah kompleks yang berisi makam Imam Reza, Imam Syiah Imamiyah ke delapan. Dari segi dimensi dan kapasitas masjid ini memang menjadi salah satu masjid yang terbesar di dunia. Bagaimana tidak, dengan total luas area yang mencapai 598.657 meter persegi (6.443.890 kaki), dengan rincian area dalam masjid 267.079 meter persegi serta tujuh halaman yang mengelilingi itu mencakup area seluas 331.578 meter persegi. Dalam komplek masjid ini sendiri terdapat beberapa ruang yaitu Masjid Goharshad, museum, perpustakaan, empat seminari, makam, Universitas Ilmu Islam Razavi, sebuah ruang makan untuk peziarah, ruang doa yang luas, dan bangunan lainnya. Dengan megahnya bangunan masjid ini maka tak ayal bila kompleks masjid ini sering dijadikan pusat pariwisata di Iran.

Semoga ulasan tentang ' 10 Masjid Terindah Dan Termegah Di Dunia' bermanfaat  bagi kamu

Tags: #masjidterindah, #masjidtermegah, #masjidterindahdidunia

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com