close
10 Penyakit Paling Aneh dan Mengerikan. No 1 pernah di Indonesia
Inilah mereka, 10 penyakit paling aneh dan mengerikan yang tercatat dari seluruh dunia termasuk indonesia sendiri. Sebagian dari kita mungkin akan menganggap ini hoax, namun kabar buruknya ke 10 penyakit ini benar adanya dan bisa saja menghampiri kita suatu saat.

Berikut adalah penyakit aneh dan mengerikan, Tak jarang membuat penderitanya di asingkan dan membuat kehidupannya lebih sulit. Yang menjadikannya lebih mengerikan adalah belum ditemukannya obat atau teknikpengobatan yang mampu menyelesaikan masalah dari penyakit ini.

  • Manusia Pohon (Tree Man Illness)

Epidermodysplasiaverruciformis (EV) adalah kelainan kulit yang sangat langka yang juga dikenal sebagai penyakit manusia pohon,  kalainan  ini memebri kesan bahwa kulit yang berubah menjadi seperti kulit pohon. Namun Pada kenyataannya, seseorang yang menderita penyakit ini akan ditumbuhi kutil di sekujur tubuhnya, terutama di tangan dan kaki. Tindakan operasi hanya menhilangkan kutil tersebut untuk sementara dan selang beberapa waktu kutil tersebut tumbuh kembali di bagian tubuh yang sama dengan intensitas yang lebih banyak dari sebelumnya, Sampai sekarang sama sekali tidak ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit ini. Salah satu kasus penyakit manusia pohon yang paling terkenal adalah penyakit seseorang bernama Dede Koswara. Penyakit anehnya ini menjadi perhatian publik setelah pada tahun 2006 dan 2008 ditayangkan oleh stasiun televisi lokal. Meskipun dokter mampu menghilangakn sekitar 95% kutil di tubuhnya, namun tetap saja kutil kutil disekujur tuuhnya itu tidak mau berhenti tubuh. Dede Koswara meninggal pada 2016 pada usia 42 tahun.Terasing dari keluarganya dan tidak dapat bekerja karena penyakit langka ini.

  • Argyria

Adalah kondisi yang menyebabkan kulit menjadi biru karena paparan senyawa kimia yang berlebihan. Hal ini dapat terjadi di sebagian atau diseluruh tubuh, berawal dari bercak kulit yang kemudian akan menunjukkan perubahan warna. Kasus argyria berasal dari tahun 1850-an terutama di antara orang-orang yang bekerja di pabrik-pabrik pengolahan perak atau seseorang yang bekerja menggunkan mercury. Mereka yang bekerja di pabrik-pabrik ini sering menghirup cukup banyak senyawa mercury rentan terkena penyakit argyon ini, meski tidak jelas berapa banyak intensitas paparan hingga penyakit ini mulai muncul. Salah satu kasus paling terkenal terjadi pada seorang pengusaha dan politisi Amerika Serikat bernama Stan Jones. Jone telah menderita argyria sejak tahun 2000, saat ia mulai menggunakan koloid perak. Akibatnya, kulitnya telah berubah biru secara permanen.

  • Sindrom Kebocoran Kapiler (Capillary Leak Syndrome)

Umumnya dikenal sebagai Clark's Syndrome, sindrom kapiler adalah penyakit yang menyebabkan kebocoran dari sistem peredaran darah, yang menyebabkan penurunan tekanan darah yang signifikan serta bagian tubuh yang membengkak menjadi proporsi yang sangat besar. Hal ini juga dapat merusak organ vital & karena itu berpotensi mengancam jiwa. Gejala yang biasa terjadi adalah pusing, mual, gejala mirip flu, dan tekanan darah rendah disertai pembengkakan aneh akibat penumpukan cairan encer di berbagai bagian tubuh penderita(Biasa disebut Edema). Edema akan sangat menyakitkan bagi mereka yang menderita penyakit ini dan seringkali membutuhkan perawatan ekstensif agar pembengkakannya hilang.

  • Sindrom Charles Bonnet (Charles Bonnet Syndrome)

Sindrom Charles Bonnet adalah umum terjadi di antara orang-orang yang bermasalah atau kehilangan indra penglihatan. Kondisi ini menimbulkan halusinasi, menyebabkan orang-orang yang menderita melihat hal-hal yang sebenarnya tidak ada. Penting untuk dicatat bahwa orang-orang yang mengalami Sindrom Charles Bonnet sebenarnya sehat secara mental dan halusinasi yang mereka alami bukanlah akibat penggunaan narkoba atau kekurangan kesehatan mental. Nama sebenarnya dari penyakit ini adalah “Visual Release Halusination” yang kemudian dijuluki oleh ilmuan bernama “Swiss Charles Bonnet” yang pertama kali menemukannya pada tahun 1760 ketika kakeknya yang sudah renta mulai mengalami halusinasi dan sering membayangkan hal-hal yang secara fisik tidak mungkin. Sejauh ini tidak ada pengobatan yang efektif untuk kondisi ini selain meyakinkan bahwa mereka yang menderita penyakit aneh ini stabil secara mental.

  • Sindrom Parry-Romberg (Parry-Romberg Syndrome)

Sindrom Parry-Romberg adalah penyakit di mana wajah seseorang menjadi lebih cekung kedalam menyebabkan bentuk wajah menjadi tidak karuan. Meski penyebab pastinya masih belum diketahui, diyakini bahwa penyakit aneh disebabkan oleh penyusutan pada jaringan bawah wajah. Para ahli berteori bahwa hal ini disebabkan oleh beberapa jenis kelainan autoimun.  Sindrom Parry-Romberg juga memiliki sejumlah efek yang berbeda pada korbannya. Gejala awal penyakit ini adalah migrain, sakit kepala, disertai kejang-kejang hal inilah yang kemudian menyebabkan masalah pada mata, seperti kelopak mata yang melorot dan bola mata yang surut, kondisi diperburuk dengan efek samping lainnya seperti kelainan sendi, sulit membuka mulut, dan eksposur akar gigi.

  • Noma

Noma adalah infeksi yang menyebar dengan cepat baik pada mulut atau alat kelamin. Ini menyebabkan jaringan di wajahdan tulang menjadi rusak, meski prosesnya biasanya tidak menyakitkan bagi korban. Dalam beberapa kasus, Noma juga merusak jaringan genital.Ada sejumlah faktor yang menyebabkan noma seperti minum air yang tidak layak, kebersihan mulut yang buruk, tinggal di dekat ternak yang kurang terpelihara kesehatannya, dan malnutrisi. Ini juga dikenal sebagai efek lain penyakit AIDS. Laporan menunjukkan bahwa noma adalah penyakit umum di antara tahanan pada Perang Dunia II. Manjaga kelayakan air minum dan menjaga kebersihan adalah cara terbaik untuk menghindari penyakit aneh ini.

  • Progeria

Progeria adalah kelainan genetik yang menyebabkan penuaan pada anak kecil/balita dengan sangat cepat. Ini adalah salah satu penyakit paling langka di dunia, yang hanya 1 dari sekitar 8 juta bayi di seluruh dunia. Harapan hidup orang-orang yang menderita kondisi ini biasanya cukup singkat, dengan korban jarang bisa hidup melewati masa remaja 20 tahun-an. Gejala progeria biasanya muncul saat bayi masih kecil, seringkali dengan kulit keriput, rambut rontok, dan wajah yang tampak jauh lebih kecil dari biasanya sedangkan bagian kepala lainnya tampak besar jika dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Seiring bertambahnya usia anak, gejalanya memburuk dengan mengalami masalah ginjal, masalah kardiovaskular, dan kehilangan penglihatan. Selain itu, pertumbuhan tulang mereka tidak berkembang dengan baik, seringkali menyebabkan tubuh mereka menjadi sangat rapuh seperti halnya orang tua.

  • Sindrom Manusia Batu (Stone Man Syndrome)

Sindrom manusia batu disebabkan oleh kelainan pada mekanisme perbaikan tubuh, yang mengakibatkan otot, tendon, atau ligamen nda berubah menjadi tulang. Akibatnya mobilitas sangat terganggu sehingga sulit melakukan tugas dasar seperti menggerakkan sendi, membuka mulut untuk makan, atau sekadar berjalan-jalan. Tulang tambahan yang tidak perlu seringkali tumbuh dan terbentuk di sekitar tulang rusuk, sehingga sulit bernafas. Kondisi ini terbukti berakibat fatal dan hingga kini belum diketahui obatnya. Di masa lalu, upaya untuk menghilangkan tulang tambahan ini hanya membuat pertumbuhan tulang serupa menjadi lebih cepat. Harapan hidup orang-orang yang menderita sindrom ini rata-rata hanya 40 tahun. Ironisnya Kesalahan dokter saat mendiagnosa dan mengambil tindakan yang justru membuat harapan hidup orang-orang dengan penyakit aneh ini menjadi lebih singkat.

  • Sindrom Manusia WareWolf (Human Werewolf Syndrome)

Juga dikenal dengan nama hypertrichosis, sindrom warewolf adalah penyakit yang memicu pertumbuhan rambut abnormal pada manusia. Pertumbuhan dapat terjadi di sebagian atau justru seluruh tubuh. Penyakit ini biasanya dibawa dari sejak lahir, meski sebagian bisa saja terkena penyakit ini dikemudian hari. Untuk penderita penyakit ini dari sejak lahir maka tidak ada obat untuk menyembuhkannya. Petrus Gonsalvus adalah orang pertama yang secara didiagnosis menderita penyakit ini pada abad ke-17. Ia dikenal sebagai "orang hutan" dan menjadi ayah tiga anak serta cucu yang menderita penyakit yang sama

  • Usus Raksasa (Big Colon)

Dipajang di Museum Mutter yang terkenal di Philadelphia adalah usus raksasa milik seorang pemuda yang tinggal di sekitar museum tersebut. Menurut situs museum, usus besar pria itu tumbuh hingga panjang sembilan kaki dan  beratnya Lebih dari 47 pound. Dia menderita penyakit yang dikenal sebagai penyakit Hirschsprung, yang membuat usus besar tidak bisa befungsi normal. Pemilik usus tersebut meninggal pada usia muda 29 tahun. Setelah kematiannya, tubuhnya disumbangkan untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan saat itulah pemeriksa medis menemukan 40 pon tinja di usus besarnya. Penyakit Hirschsprung menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai megacolon dimana kotoran tidak dapat melewati usus besar, membuatnya membesar dan semakin membesar. Selain serangkaian antibiotik, prosedur operasi yang disebut kolektomi sering diperlukan untuk mengobati penyakit ini.

Demikianlah sedikit dari banyaknya penyakit aneh dan mengerikan dari seluruh penjuru dunia, tentunya kita semua tidak mengharapkan penyakit diatas menghampiri kita, jadi jagalah selalu kesehatan kita, semoga bisa menambah wawasan kita semua, salam.

Baca pula 8 Bulan Madu berujung Kenaasan dan 9 Assasinns dunia nyata yang kejam

Loading...
Artikel ini di tulis oleh Surya Khaidar kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Artikel Terkait