close
12 Hobi Biasa ini Bisa Menghabiskan Uangmu dengan Cepat
Tujuan hobi adalah untuk memenuhi keinginan dan mendapatkan kesenangan . Terdapat berbagai macam jenis hobi seperti mengumpulan sesuatu (Koleksi), membuat, memperbaiki, bermain dan pendidikan dewasa.

Kamu dan semua orang yang kamu kenal pasti memiliki hobi masing-masing. Mulai dari hobi yang mainstream sampai hobi yang ekstrem sekalipun. Karena pada dasarnya manusia selalu mencari-cari dimana kepuasan itu berada, salah satunya melalui hobi tersebut. Dan yang namanya hobi pasti akan membutuhkan biaya yang dikeluarkan buat hobi tersebut (kecuali buat kamu yang hobi diem). Tapi jika kita melakukan hobi-hobi yang akan kita bahas ini secara berlebihan, maka kamu akan mengalami defisit parah diahkir bulan. Oke, kali ini yang akan dibahas merupakan hal yang penting demi menjaga kestabilan ekonomi kalian. Karena kita akan membahas tentang hobi yang bisa bikin kamu mengalami krisis keuangan tiap ahkir bulan jika kamu tidak berhati-hati dalam melakukan hobi ini. Dan langsung aja kita kita cek apa sajakah hobi itu :

1. Membaca buku


Hobi membaca buku adalah hobi yang boros??? Kalau buat kalian yang suka baca buku menyangkal hal ini, coba kalian lihat rak buku kalian dan jumlahkan total harga buku yang ada di rak tersebut. Faktanya banyak yang mempunyai hobi membaca, terutama novel, akan selalu membeli buku setiap kali dia punya uang dan terutama saat ada Diskon di toko buku. Dan tanpa disadari, hal ini bisa membuat para penghobi buku ini mengalami paceklik di ahkir bulan. 



2. Koleksi 


Terlihat dari namanya saja sudah kelihatan kalau ini hobi yang boros. Kenapa? Karena untuk mendapatakan barang koleksi seperti diecast dan action figure, pasti para penghobi akan memperjuangkan dengan segenap kemampuan yang dia miliki. Terlebih lagi saat mengetahui ada rare item yang dijual, dijamin mereka gak peduli sama teriakan dompet yang makin menipis. Dan yang masih berdalih dengan alasan hobi koleksi bisa menghasilkan uang dari penjualan beberapa koleksi yang dia miliki, maka dia harus disadarkan. Karena fakta dilapangan, rata-rata para penghobi ini menjual koleksi mereka untuk membeli koleksi yang harganya lebih mahal lagi.



3. Nongkrong


Ini merupakan hobi yang sudah terbukti membuat keuangan tidak stabil di ahkir bulan. Ketahuilah, saat proses ‘nongkrong’ berlangsung akan terjadi transaksi jual beli yang baik untuk mendukung peningkatan omset para pengusaha cafe dan sejenisnya. Disisi  lain, ada pihak yang tanpa disadari mengalami ‘defisit’. Dan berahkir dengan kemalangan di ahkir bulan.



4. Bermain game


Tentunya harga yang harus dibayarkan untuk hobi ini tidaklah murah. Persiapan mulai sampai membeli membeli peralatan yang mendukung game sampai membeli video game itu sendiri cukup menguras kantong. Apalagi jika harus membayar token untuk beberapa game tertentu, tentu saja membuat kalian para gamers sering bokek.



5. Membeli barang bermerk terkenal


Untuk yang satu ini gak perlu dijelasin panjang lebar ya. Karena membaca judulnya saja kalian juga sudah pasti paham.



6. Memancing


Banyak yang beranggapan kalau hobi ini adalah hobi murahan. Dan pernyataan itu salahkaprah. Ketahuilah kalao harga joran pancing yang bagus harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Dan untuk setiap kali melakukan hobi ini, berbagai persiapan mulai dari mebeli umpan sampai biaya konsumsi selama melakukan hobi ini tentu saja akan menguras kantong penghobi olahraga ini.



7. Aeromodeling


Hobi ini tentu saja menuntut kita untuk memiliki sebuah remote control miniatur pesawat yang harganya cukup membuat kantong mengempis. Apalagi untuk perawatan dan upgrade, para penghobi tidak tanggung-tanggung mau menghabiskan banyak uang untuk hobi ini.



8. Memelihara hewan


Memelihara hewan berarti sama saja kamu mempunyai tanggungan baru, karena kamu tidak mungkin membiarkan hewan yang kamu pelihara mencari makanan dan kebutuhan lainya sendiri. Terlebih jika hewan yang kamu pelihara adalah hewan eksotis, tentu harga yang harus dibayar untuk mengadobsinya tidak murah bukan?



9. Wisata kuliner


Gejala dari hobi ini adalah jika kemanapun kamu pergi, kamu akan cari tempat makan yang paling enak dan paling laris. Dan gak ada yang lebih penting daripada mencoba makanan baru. Maka kamu positif sebagai penghobi wisata kuliner. Rata-rata untuk satukali wisata kuliner, seseorang akan mengeluarkan 50 ribu hanya di satu tempat makan.



10. Airsoft gun


Hobi ini berupa sebuah olahraga atau permainan yang mensimulasikan kegiatan militer atau kepolisian, yang menggunakan replika senjata api yang disebut airsoft gun. Jadi bahasa simpelnya dari hobi ini adalah ‘main tentara-tentaraan’. Dan buat kamu yang kepengen punya airsoft gun lengkap dengan aksesoris seperti seragam dan lain-lain, kamu harus merogoh kantongmu dalam-dalam karena hobi ini bisa menghabiskan hingga puluhan juta rupiah loh.



11. Naik gunung


Buat pecinta hiking, hal yang wajib dimiliki adalah  peralatan outdoor biar tampak keren. Dan kalau diitung-itung peralatan outdoor yang komplit mulai dari topi, tas ransel dengan isi berbagai peralatan yang mendukung aktifitas ini sampai sepatu yang menempel pada penghobi hiking bisa bernilai jutaan rupiah. Belum lagi untuk transportasi untuk sampai ke gunung yang akan dituju juga memerlukan biaya yang tidak sedikit.



12. Modifikasi 


Demi dapat tampilan dan performa seperti idamanmu, kamu rela menahan uang jajanmu berhari-hari buat beli spare part, aksesoris dan perlengkapan lain-lainnya. Buatmu, motor atau mobil yang sudah dimodifikasi membawa kepuasan tersendiri.





Nah, itu tadi hobi yang terkadang memang boros jika dilakukan secara berlebihan. Artikel ini bertujuan untuk mengingatkan bahwa sesuatu yang berlebihan bisa berdampak kerugian untuk kamu sendiri. Dan semoga kita semakin bijak dalam melakukan hobi kita, sehingga hobi kita tidak membawa hal negatif, melainkan malah mendatangkan hal positif untuk diri kita dan orang-orang disekitar kita.

Loading...
Artikel ini di tulis oleh S Agung kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Artikel Terkait