15 Makanan yang Dapat Membantu Memperbaiki Mood Kamu

List 2 years ago
15 Makanan yang Dapat Membantu Memperbaiki Mood Kamu

Kamu kasti pernahkan mengalami badmood ? entah itu karena memang kamu punya masalah yang membingungkan atau badmood karena alasan yang tidak jelas. Tidak apa-apa karena ini umum terjadi, apalagi jika kamu masih menginjak usia seperempat abad, para peneliti bilang saat umur kita menginjak antara 15-30 tahun, akan ada banyak permasalahan psikologis dan mood yang akan kita alami. 

Tapi tak perlu khawatir, ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola perasaanmu, apalagi kalau sedang bad-mood. Nah berikut ini ada 15 makanan yang diterbukti dapat membantu memperbaiki mood kamu :

1. Coklat

Rasanya tanpa dijelaskan semuanya akan setuju kalau coklat bisa memperbaiki mood, kecuali untuk yang punya pantangan makan coklat. Ternyata selain enak coklat juga punya kandungan zat tryptophan yang akan meningkatkan produksi hormon endorfin (hormon yang dapat menciptakan rasa senang) dan juga menurunkan produksi hormon kortisol (hormon yang menyebabkan kamu merasa depresi). Ada beberapa varian coklat, tapi coklat hitam adalah jenis coklat yang direkomendasikan buat kamu yang sedang mengalami badmood.

2. Es Krim

Terus terang saja, bagaimana perasaanmu jika sedang atau setelah memakan es krim ?. Jadi lebih baik bukan, itu bukan hanya sugesti loh. Es Krim memang mengandung banyak kalori yang membuat kita lebih berenergi dan membuat perasaan jadi bahagia. Sama halnya dengan coklat, di dalam es krim terkandung zat asam amino typtophan yang akan mengurangi perasaan stress yang kamu rasakan.

3. Teh Hijau

Buat orang Indonesia khususnya jawa teh adalah minuman yang sangat familiar dan gampang di temui. Dan biasanya teh kita menawarkan the untuk mencairkan suasana di ruang tamu. Tapi jika kamu ingin memilih minuman untuk membangkitkan mood kamu cobalah dengan Teh Hijau, ini karena teh hijau mengandung lebih banyak zat theanine yang akan membantu untuk memproduksi dopamine dan serotonin, kedua hormon inilah yang akan meningkatkan mood kamu.

4. Alpukat

Buah alpukat, buah yang dikenal dengan manfaatnya buat kulit ini ternyata juga punya efek yang bagus buat mood kamu. Alpukat banyak mengandung asam folat yang membantumu lebih berenergi.

5. Buah Berry

Buah-buahan berry itu ada banyak loh, Blueberry, Strowberry, redberry, blackberry dan lain-lain. Nah tahukah kamu kalau buah-buahan yang punya rasa manis asam ini mempunyai kandungan anthocyanidins dan anthocyanins  yang tinggi ?. Zat inilah yang nantinya akan membuat stress mu perlahan-lahan menurun dan memperbaiki mood kamu.

6. Kacang Almond

Secara umum kacang-kacangan memang jenis jajanan yang enak untuk teman belajar, jika tiba-tiba mood drop saat harus menyelesaikan banyak project banyak orang akan memilih membeli cemilan seperti kacang kulit dsb untuk menemani mereka bekerja. Ternyata hal itu juga dibenarkan dalam kesehatan, kacang-kacangan terutama kacang almond mengandung karbohidrat yang meningkatkan produksi serotonin untuk membuat perasaanmu senang. Juga omega-3 yang membantu memperlancar peredaran darah keseluruh tubuh, terutama ke otak.

7. Rumput Laut

Siapa yang tidak suka makanan dengan campuran rumput laut ?, ternyata selain enak rumput laut yang mengandung yodium dan mineral tinggi ini mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan membuat badanmu lebih berenergi dan tentu saja setelah itu mood kamu akan membaik dan bersemangat lagi untuk melanjutkan aktifitas.

8. Sayuran Hijau Gelap

Loading...

Sebenarnya segala jenis sayuran sayuran itu bagus sekali untuk kamu konsumsi, sebab jika zat gizi kamu tercukupi tentu saja kinerja hormon dan otak akan berjalan dengan baik sehingga kamu tidak mudah stress dan depresi. Namun mengkonsumi sayuran hijau gelap sangat disarankan untuk kamu yang mengalami badmood. Sayuran hijau gelap seperti bayam mengandung banyak vitamin B yang akan dapat meningkatkan produksi neutrontransmitter untuk meningkatkan produksi neutrontransmitter untuk mengurangi stress. Selain itu sayuran hijau dipercaya mampu memperbanyak produksi dopamine dan serotonin yang akan menimbulkan perasaan baik pada diri kamu.

9. Kopi

Minuman yang dikenal sebagai obat kantuk ini telah terbukti ampuh mengatasi badmood dan juga lemes-lemes. Ini karena kopi mengandung antioksidan dan kafein yang akan meningkatkan mood kamu, merangsang otak dan tubuh untuk lebih bersemangat. Kayanya, kalau yang ini tidak perlu dipertanyakan lagi yah.

10. Ikan Salmon

Mengkonsumsi Ikan secara rutin sangat baik untuk tubuh kamu, selain mengandung protein dalam hal menjaga mood kamu supaya tidak labil ikan mengandung omega-3 yang akan membuat tubuhmu lebih kuat menangkal depresi. Ikan Salmon adalah salah satu ikan yang terkenal dengan omega-3 nya yang terbaik, jika tidak kamu mungkin bisa juga mengkonsumsi ikan lain seperti hering, tuna, atau sarden.

11. Puding

Puding, kenapa puding termasuk kedalam makanan yang bisa memperbaiki mood. Pertama puding terbuat dari agar-agar, dan agar-agar terbuat dari rumput laut. Kedua dalam puding biasanya kita suka sekali menambahkan campuran susu, coklat, atau buah sebagai isian maupun topingnya, dari dua alasan tersebut tidak ragu kan jika puding termasuk makanan penghilang badmood. Dan yang ketiga tentu saja rasa puding yang enak akan membuat kamu lebih semangat.

12. Biji Chia

Biji chia sudah dikenal sejak lama sebagai makanan penambah energi oleh orang india kuno. Hal ini terbukti karena Biji Chia mengandung tripofan yang kita tahu dapat menciptakan mood yang baik dan menambah konsentrasi kamu.

13. Roti Gandum dan Beras Merah

Makanan berkarbohidrat selain untuk energi juga dapat meningkatkan produksi serotonin yaitu zat yang menimbulkan perasaan baik pada otak. Termasuk didalamnya adalah roti gandum atau dapat kamu ganti dengan nasi, lebih-lebih jika kamu dapat mengkonsumsi nasi/beras merah. Ini karena keduanya mengandung karbohidrat kompleks sebagai sumber energi buat kamu, dan meningkatkan mood kamu dalam waktu singkat.

14. Kunyit

Bagi wanita mengkonsumsi kunyit untuk kesehatan sepertinya bukan lagi perkara asing, kalau sedang sakit PMS kunyit ampuh sekali dijadikan obat tradisional untuk meringankan rasa sakitmu, dan topnya lagi kunyit juga mengurangi bau badan. Berkaitan dengan perubahan mood. Sebuah penelitian di Teheran University of Medical Sciences menemukan bahwa kunyit memiliki efek antidepresan sebanding dengan antidepresan fluoxetine (Prozac) dan imipramine (Tofranil). Zat seperti prozac itulah yang akan memproduksi lebih banyak serotonin untuk otak sehingga bisa menimbulkan perasaan baik pada diri pengkonsumsinya.

15. Kelapa

Buah yang dikenal sebagai penawar racun dan penyembuh dehidrasi ini ternyata juga ampuh sekali untuk membuat pikiran kita menjadi tenang dan mood kita membaik. Jangankan meminumnya, menghirup aroma kelapa saja sudah mampu memberikan efek bagus buat mood kamu. Berdasarkan hasil penelitian dari Universitas Kolombia, menghirup aroma kelapa dapat menurunkan tekanan darah dengan cepat, Oleh karena itu disimpulkan bahwa menghirup kelapa dapat menurunkan tingkat stress yang kamu alami, apalagi jika dikonsumsi, energi yang telah terbuang akan terganti dan kamu jadi fresh kembali.

Tags: Badmood, Makanan, Buah, Moodbooster, Memperbaiki Mood

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com