15 Makanan yang Baik Bagi Ibu Hamil

List 2 years ago
15 Makanan yang Baik Bagi Ibu Hamil

Masa kehamilan merupakan masa yang sangat penting, pada masa ini sang ibu akan mengalami kekhawatiran terhadap apa yang dikonsumsi agar sang janin bisa bertumbuh kembang dengan baik sampai masanya melahirkan. Kita sering mendengar informasi tentang jenis makanan apa yang baik dan tidak baik bagi ibu hamil, namun sering merasa ragu. Dibawah ini adalah jenis makanan yang dapat membantu ibu hamil untuk memilih makanan yang akan dikonsumsi di masa kehamilannya. 

1. Minyak zaitun/olive oil

Minyak zaitun atau olive oil dihasilkan dari ekstrak buah zaitun, minyak ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil karena mengandung protein, lemak tak jenuk, kalori, vitamin A, B1, B2, B3, C dan lainnya. Kandungan dari minyak zaitun dapat membantu ibu hamil untuk mengatasi sembelit ketika hamil, stretch mark, kram kaki dan membantu kebutuhan nutrisi tubuh.

2. Olahan Kacang Kedelai

Kacang Kedelai terkenal dengan manfaatnya yang banyak bagi tubuh, kacang kedelai sendiri merupakan jenis polong-polongan dengan banyak olahan. Salah satu olahan dari kacang kedelai yaitu susu kedelai yang membantu perkembangan janin, meningkatkan kecerdasan janin, menjaga kondisi kesehatan sang ibu dan lainnya. Selain itu ada tahu dan tempe yang sering kita temui sehari-hari, olahan dari kacang kedelai sangat bermanfaat karena mengandung asama amino, kalsium, zat besi, asam lemak serta nutrisi lain yang bermanfaat bagi tubuh.

3. Daging

Daging sapi mengandung banyak protein, zat besi, serta unsur zinc yang berguna bagi perkembangan janin serta membantu kekebalan tubuh bagi ibu. Daging kambing dan daging ayam pun memiliki kandungan yang sama sehingga baik dikonsumsi namun untuk daging ayam disarankan jangan terlalu banyak bagi ibu yang sudah mengetahui jenis kelamin sang bayi adalah laki-laki karena daging ayam mengandung hormon estrogen yang merupakan hormone bagi perempuan.

4. Oatmeal

Selain bermanfaat untuk diet atau menurunkan berat badan, oatmeal juga bermanfaat bagi ibu hamil karena gizi yang terkandung didalamnya. Serat di dalam oatmeal dapat membantu mengatasi pencernaan ibu saat kehamilan, seperti susah buang air besar. Selain itu kalsium dari oatmeal dapat membantu pertumbuhan tulang bagi janin dan membantu menjaga kesehatan tulang bagi sang ibu.

5. Susu

Susu mengandung nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, tidak hanya bagi ibu hamil susu sangat bermanfaat bagi semua orang. Susu mengandung vitamin D, protein yang tinggi untuk menguatkan Rahim dan membantu sirkulasi darah, selain itu susu juga dapat meredakan mual, dan menghidrasi tubuh bagi ibu hamil.

6. Sereal

Walaupun oat dan sereal merupakan satu familia, namun oat dan sereal berbeda. Sereal merupakan gandum utuh dan mengandung nutrisi yang baik bagi ibu hamil serta disarankan untuk mengkonsumsinya.

7. Sayuran

Sayuran sudah tidak diragukan lagi untuk dikonsumsi khususnya bagi ibu hamil. Kandungan yang terdapat di jenis sayuran yang dikonsumsi dan membantu ibu hamil dan janin untuk pertumbuhannya. Sayuran yang terkenal untuk ibu hamil adalah sayur bayam, brokoli, asparagus serta sayuran lainnya yang masih banyak dapat kita temukan sehari.

8. Ubi

Loading...

Ubi merupakan salah satu makanan pokok di Indonesia yang memilki banyak kandung khasiat didalamnya. Ubi mengandung vitamin, betakaroten, magnesium, kalium sera kaya akan oksidan. Ubi dapat mencegah sembelit atau konstipasi bagi ibu hamil, menjaga kesehatan mata, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah anemia, membantu meningkatkan pembentukan darah merah dan mengatasi mual bagi ibu hamil.

9. Ikan

Manfaat ikan bagi tubuh sudah banyak diketahui secara luas, kandungan nutrisi yang ada didalamnya dapat membantu tidak hanya bagi ibu yang sedang hamil namun juga bagi janin didalam kandungan. Ikan mengandung protein, kalsium, omega 3 dan masih banyak lagi sehingga baik sekali bagi pertumbuhan janin. Baik ikan laut maupun tawar memilki kandungan yang baik, namun ibu juga harus memperhatikan dari mana ikan tersebut berasal karena tidak sedikit ikan yang tercemar dengan merkuri akibat dari tercemarnya lingkungan dimana ikan tersebut tinggal.

10. Yoghurt

Yoghurt merupakan olahan dari susu yang memiliki rasa yang sedikit asam, banyak orang yang meragukan yoghurt ketika berhubungan dengan makanan bagi ibu hamil. Yoghurt merupakan sumber kalsium yang baik, probiotik, vitamin D, dan omega 3. Kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan janin karena dapat membantu kesehatan usus ibu hamil, mengurangi resiko infeksi ibu dan infeksi paru pada janin serta menjaga keseimbangan elekrolit. Sehingga yoghurt baik dana man bagi ibu hamil untuk dikonsumsi tentunya dengan tidak berlebihan.

11. Keju

Keju juga merupakan produk turunan dari susu, keju memiliki banyak jenisnya seperti keju chedar, mozzarela, dan lain sebagainya. Jenis keju bagi ibu hamil sendiri memang terbatas karena kebanyakan keju tidak melalui proses pasteurisasi sehingga ditakutkan menjadi tempat bagi bakteri. Jenis keju yang baik bagi ibu hamil seperti mozzarella, cream cheese, ricotta, parmesan, chedar dan cottage.

12. Roti gandum

Salah satu jenis roti yang saat ini menjadi trend di Indonesia adalah roti gandum, walaupun bukan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia roti gandum merupakan asupan gizi dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Roti gandum dapat energy bagi tubuh, perkembangan otak, mencegah gejala anemia dan masih banyak lainnya.

13. Telur

Kandungan pada telur dapat membantu ibu hamil memenuhi protein yang membantu perkembangan syaraf otak dan janin. Tidak hanya itu telur juga dapat mencegah kanker, mengatasi kecemasan dan depresi dan dapat memperlancar ASI.

14. Buah

Buah merupakan salah satu makanan yang sangat penting bagi kehidupan kita sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Manfaat dari buah dapat juga dapat dirasakan oleh ibu hamil, buah yang memiliki berbagai macam nutrisi didalamnya membantu tubuh menjaga kesehatan, mencegah penyakit dan membantu merawat kesehatan tubuh. Jadi bagi ibu hamil dapat mengkonsumsi buah-buahan di masa kehamilannya.

15. Kacang-kacangan

Kandungan gizi seperti vitamin, protein dan asam folat yang terdapat pada kacang-kacangan dapat membantu ibu hamil memenuhi nutrisinya. Kacang-kacangan seperti kacang mete, kacang tanah, kacang almond dan kacang kenari mengandung sumber vitamin dan protein serta lemak yang baik bagi tubuh.

Bahan makanan yang tersebut diatas baik dikonsumsi ibu hamil, namun dengan jumlah yang wajar dan tidak berlebihan karena sesuatu yang berlebihan tidak baik. Semoga bermanfaat bagi para ibu yang masih ragu makanan jenis apa yang baik dikonsumsi saat masa kehamilan.

Tags: Pregnant, Hamil, Bumil, Kesehatan, Makanan, Bayi, Minyak Zaitun, Kacang Kedelai, Daging Sapi, Sapi, Oatmeal, Susu, Sereal, Sayuran, Ubi, Ikan, Yoghurt, Keju, Roti Gandum, Telur, Buah, Kacang-kacangan

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close
0
Followers

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com