close
15 Danau Paling Besar di Dunia
Tahukah kamu guys? Ada danau paling besar di dunia yang saking besarnya batasannya melewati beberapa negara lho.

Siapa nih yang suka berkunjung ke danau? Danau menjadi salah satu destinasi favorit ketika berwisata guys. Memandang kejernihan air yang tenang dan luas tentu menjadi hal mengasyikkan ya. Tapi, tahukah kamu guys? Ada danau paling besar di dunia yang saking besarnya batasannya melewati beberapa negara lho. Mau tahu apa aja? Yuk, simak ulasan ini:

1. Danau Kaspia

Danau Kaspia memiliki luas 152.000 mil persegi dengan kedalaman maksimum 946 meter. Danau terluas di dunia ini memiliki air yang terasa asin guys sehingga danau ini sering juga disebut dengan laut Kaspia. Danau luas ini terletak di negara Rusia, Turkemenistan, Kazakhstan, Iran, dan Azerbaijan.

2. Danau Superior

Danau Superior luasnya melewati negara Amerika Serikat dan Kanada guys.  Danau dengan luas 32.000 mil persegi atau 82000 km² ini merupakan danau air tawar terbesar. Danau dengan pemandangan eksotis ini selain besar juga memiliki kedalaman 406 meter guys.

3. Danau Victoria

Danau Victoria memiliki luas 69.485 km² dengan kedalaman maksimum mencapai 82 meter. Danau ini terletak di negara Tanzania dan Uganda guys. Danau Victoria menjadi danau air tawar kedua yang terluas setelah danau Superior.  Danau Victoria juga dikelilingi dengan pulau-pulau yang kebanyakan belum berpenghuni guys.

4. Danau Huron

Danau terbesar berikutnya yakni Danau Huron yang berada di Amerika Serikat dan Kanada. Danau yang ada di dua negara ini memiliki panjang 397 km dengan luasnya mencapai 59.596 km². Nama Huron ini pertama kali disebut oleh seorang petualang dari Perancis yang bertemu sebuah suku bernama Huron tak jauh dari sana.

5. Danau Michigan

Danau Michigan sudah cukup populer ya guys. Danau yang ada di Amerika Serikat ini juga termasuk yang terbesar di dunia guys. Luas danau mencapai 22.000 mil persegi dengan kedalaman maksimum 281 meter. Danau yang luas ini tak hanya indah tapi juga menyimpan berbagai jenis ikan. Kota yang terkenal tak jauh dari danau Michigan adalah Chicago guys.

6. Danau Tanganyika

Danau Tanganyika sebenarnya tidak terlalu lebar yakni hanya 45 mil saja guys, tapi danau ini memiliki panjang 418 mil sehingga luasnya menjadi 13.000 mil² guys. Danau air tawar ini memiliki kedalaman maksimum 1.435 meter. Ada banyak ragam jenis ikan di danau ini guys. Dari sekian banyak hewan dan tumbuhan disana, beberapa diantaranya hanya bisa dijumpai di danau Tanganyika ini guys.

7. Danau Baikal

Danau bakal kabarnya menjadi danau tertua yang ada di dunia ini guys. Menjadi salah satu danau terbesar dengan luas 31.500 km², danau yang berada di Rusia ini juga memiliki kedalaman yang luar biasa dengan kedalaman maksimum mencapai 1.741 meter. Hewan yang khas di danau Baikal ini adalah anjing lautnya yang memang memiliki ciri khas guys.

8. Danau Great Bear

Danau Great Bear menjadi danau terbesar yang ada di Kanada dengan luas 12.000 mil persegi atau 31.080 km². Kedalaman danau great bear mencapai 82 meter. Saat musim dingin tiba, air danau ini akan membeku guys.

9. Danau Nyasa

Danau yang berada di tiga negara, yakni Malawi, Mozambik, dan Tanzania ini memiliki sebutan yang berbeda guys. Di Malawi danau ini disebut danau Malawai, sedangkan di Mozambik dan Tanzania menyebutnya dengan danau Nyasa. Danau nyasa memiliki luas 30.044 km². Dengan luasnya danau ini, tentu banyak juga spesies ikan yang bisa ditemukan di danau ini guys.

10. Danau Great Slave

Nama danau Great Slave ternyata diambil dari nama suku Slavey yang hidup tak jauh dari danau ini guys. Danau yang teramasuk dalam daftar danau paling besar dunia ini memiliki luas hingga 28.930 km². Danau yang berada di negara Kanada ini pernah menjadi tempat syuting acara Animal Planet guys.

11. Danau Erie

Danau Erie berada di wilayah negara Amerika Serikat dan Kanada. Danau ini juga menjadi salah satu danau paling besar di dunia dengan luasnya yang mencapai 25.719 km². Danau yang memiliki kedalaman maksimum 64 meter ini menjadi salah satu danau besar di kawasan Amerika Utara guys. Meskipun disebut danau, air danau Erie berombak dahsyat seperti samudera.

12. Danau Winnipeg

Danau Winnipeg masuk ke darftar danau paling besar di dunia dengan luas mencapai 23.553 km² dan panjang 425 km serta serta kedalaman maksimum 62 meter. Danau yang berlokasi di Kanada ini memiliki banyak pulau maupun gua-gua serta tebing-tebing kapur yang eksotis guys. Namun, kekayaan alam tersebut belum sepenuhnya dikembangkan.

13. Danau Ontario

Danau Ontario berada di wilayah Amerika Serikat dan Kanada. Danau seluas 19.477 km² ini airnya tidak membeku meskipun musim dingin guys. Kedalaman maksimum danau Ontario mencapai 237 meter.

14. Danau Balkhash


Danau Balkhas berlokasi di negara Kazakhstan guys. Luas danau ini mencapai 18.428 km². Ada yang unik dari danau Balkhash ini, yakni bagian timurnya yang merupakan air asin semantara bagian baratnya adalah air tawar. Namun, sayang sekali air danau Balkhash mulai mengalami penyusutan karena digunakan untuk irigasi.

15. Danau Ladoga

Baca Juga: 25 Air Terjun Paling Tinggi di Dunia

Danau Ladoga memiliki luas 18.130 km² dan panjangnya mencapai 605 km guys. Danau yang berada di barat laut Rusia ini cukup dalam dengan kedalaman maksimum 225 meter. Hewan khas danau ini adalah anjing laut air tawarnya yang menggemaskan guys.

Itulah tadi 15 danau paling besar dunia guys. Wah, menakjubkan bukan luas dari danau-danau tersebut. Siapa nih yang sudah pernah mengunjunginya?

Loading...
Artikel ini di tulis oleh Ritsa Mahyasari kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Artikel Terkait