17 Alasan untuk Menjadi Seorang Pengusaha
Saat ini lebih banyak orang yang lebih nyaman dengan menjadi karyawan tetap daripada menjadi pengusaha yang mandiri dengan usaha atau bisnis sendiri. Padahal ada banyak keuntungan dengan kita menjadi seorang pengusaha. Artikel ini membahas daftar mengapa seseorang harus menjadi pengusaha.

Menjadi pengusaha atau menjadi karyawan memang pilihan. Dan saat ini lebih banyak orang yang lebih nyaman dengan menjadi karyawan tetap daripada menjadi pengusaha yang mandiri dengan usaha atau bisnis sendiri. Memang menjadi seorang karyawan merupakan suatu jalan yang aman untuk masalah finansial. Apalagi jika perusahaan tersebut cukup menjanjikan, maka bukan hanya keuntungan materi yang didapat, melainkan juga status sosial di masyarakat. Sementara, pengusaha akan lebih dipandang sebagai seorang "pengangguran" yang tidak jelas pendapatan per bulannya. Pengusaha sering kali akan dianggap remeh di masyarakat karena memang tidak memiliki pekerjaan yang tetap di sebuah perusahaan. Maka, atas alasan tersebut, orang-orang menjadi malas untuk memulai suatu usaha atau bisnis. Padahal ada banyak keuntungan dengan kita menjadi seorang pengusaha, diantaranya: 

1. Waktu luang

Pengusaha memang pada awalnya akan disibukkan dengan banyak hal, terutama untuk yang baru saja merintis bisnis. Akan banyak waktu yang terbuang dengan tanpa penghasilan yang cukup pada masa awal. Namun, jika kita bisa melakukan strategi pekerjaan dan target bisnis yang baik, waktu yang terbuang di awal akan menguntungkan di masa yang akan datang. Bahkan, untuk usaha yang sudah cukup menjanjikan, sang pengusaha justru akan memiliki waktu luang yang sangat banyak. Karena selain tidak terikat dengan jam kerja, biasanya pengusaha akan membutuhkan karyawan-karyawan untuk mengerjakan tugas-tugasnya. Sehingga, ia bisa bebas mengatur waktunya untuk dipergunakan dengan bebas.

2. Sebuah pengalaman yang berharga
Tidak banyak orang yang peka dengan apa yang mereka kerjakan. Sementara pengusaha akan selalu peka dengan apa yang sedang mereka usahakan karena mereka mengerjakan semuanya sendirian (mandiri). Dan perjuangan itu akan menjadikan sebuah pengalaman hidup yang sangat berharga. Mereka mungkin akan menjadi inspirasi bagi orang lain suatu hari nanti. Dan pengusaha yang baik tidak akan ragu untuk menceritakan kisah perjuangan mereka dengan orang lain yang ingin mengikuti jejak mereka untuk menjadi seorang pengusaha. Hal itu akan memberikan nilai manfaat bagi hidup mereka sendiri.

3. Kebanggaan tersendiri
Ketika seorang pengusaha sukses dengan usaha mereka, tentu itu akan memberikan sebuah euforia tersendiri, dimana perjuangan yang mereka ukir dengan tangan mereka sendiri pada akhirnya berhasil. Semua itu akan memberikan kebanggaan tersendiri pada diri seorang pengusaha. 

4. Warisan keluarga
Jika kita adalah seorang dokter, akuntan, atau insinyur, maka semua itu tidak akan bisa diwariskan kepada anak cucu. Berbeda dengan jika kita merupakan pengusaha. Di bidang apapun usaha kita, maka tentu usaha tersebut akan bisa diturunkan kepada anak cucu. Maka, ketika kita menurunkan usaha ke generasi berikutnya, kita juga ikut andil dalam usaha mengembangkan kemampuan keluarga kita sendiri.

5. Menjadi bos

Bob Sadino pernah mengatakan bahwa setinggi apapun posisi kita di dalam sebuah perusahaan, maka kita tetaplah seorang karyawan. Namun, sekecil apapun usaha yang sedang kita bangun, maka kita adalah bosnya. Dengan menjadi pengusaha kita tidak perlu cemas untuk melakukan kesalahan, dipecat, atau dipotong gaji, karena kita adalah bos untuk diri kita sendiri.

6. Perluasan jaringan
Pengusaha dituntut untuk menjadi makhluk komunal dan sosial untuk memperlancar usaha mereka. Pengusaha akan mendapatkan jaringan yang lebih luas daripada pekerja kantoran yang waktu dan ruang geraknya terbatasi. Seringkali, antara pengusaha yang satu dengan pengusaha yang lain terjalin kerja sama yang saling menguntungkan. Dan keuntungan itu bukan hanya mengenai uang, melainkan juga mengenai hubungan sosial. Mereka akan saling berbagi pengalaman agar bisa memberikan pelajaran kepada orang lain.

7. Belajar membuat keputusan

Pengusaha harus mampu membuat keputusan. Mereka harus bisa mengonrol keuntungan dan jalannya bisnis mereka. Hal tersebut akan memberikan banyak pelajaran bagi mereka, sehingga semakin hari mereka akan menjadi orang yang lebih baik dalam menmbuat suatu keputusan. Dan hal ini juga akan berdampak pada tatanan kehidupan mereka sehari-hari. Maka, tidak jarang seorang pengusaha akan lebih bisa mengontrol emosi untuk memutuskan sesuatu.

8. Mencoba hal baru
Dalam dunia usaha, akan banyak kejutan-kejutan yang dialami oleh seorang pengusaha. Naik turunnya kehidupan tentu merupakan hal yang akan selalu dialami. Maka, setiap hari adalah sesuatu yang baru bagi setiap pengusaha. Dan mereka tidak akan ragu untuk mencoba tantangan dan hal-hal baru yang selalu hadir di dalam hidup mereka setiap harinya. 

9. Mendapat ilmu
Seringkali dalam memulai sebuah usaha, kita perlu melakukan survey awal. Entah itu survey pasar, survey produk, ataupun survey tempat. Kadang pengusaha juga butuh mentor dalam masa awal bisnis mereka. Entah itu dengan menyewa jasa konsultan bisnis, atau berguru pada senior yang lebih dulu sukses. Semua itu sah-sah saja. Justru akan menjadikan sang pengusaha mendapat banyak ilmu dari bimbingan tersebut. 

10. Menjadi seorang ahli
Pengusaha di bidang kuliner tentu harus bisa memasak, walaupun nantinya bukan dirinya sendiri yang harus menjadi koki. Pengusaha di bidang tekstil tentu harus bisa menjahit, walaupun nantinya bukan dirinya sendiri yang harus menjadi penjahitnya. Setiap pengusaha harus bisa melakukan hal-hal dalam bidang yang sedang mereka tekuni. Dan hal tersebut akan menjadikan mereka orang yang ahli dalam sebuah bidang.

11. Belajar marketing

Pengusaha harus tahu bagaimana mengatur strategi dalam marketing produknya. Mereka harus belajar tentang SEO, media sosial, dan semua teknik pemasaran yang lain. Semua itu pada akhirnya akan membuat si pengusaha belajar perlahan-lahan, sehingga akan menguntungkan bagi diri mereka sendiri.

Baca juga: Tips memulai bisnis dari nol

12. Bermanfaat untuk orang lain
Pengakuan atau review yang baik dari pelanggan adalah sesuatu yang akan membuat pengusaha merasa bangga. Bahkan, sering kali pengusaha tersebut akan merasa bahwa hidup mereka tidak sia-sia karena bisa bermanfaat untuk orang lain yang bahkan tidak mereka kenal sebelumnya. Itu merupakan bonus dari sebuah usaha.

13. Kebebasan finansial
Pengusaha tentu akan mendapat keuntungan untuk diri mereka sendiri. Jika karyawan biasa hanya akan memperoleh tiga juta perbulan, maka pengusaha mungkin bisa memperoleh lebih dari itu perbulan. Apalagi untuk usaha yang sudah berkembang cukup baik. Semua itu akan menjadikan seorang pengusaha memiliki kebebasan finansial. 

14. Menjadi apapun yang diinginkan
Pengusaha yang ingin menekuni bidang kuliner, tidak ada yang bisa menghalangi mereka. Pengusaha yang ingin menekuni bidang grafis, silakan saja, tidak ada yang melarang. Namun, karyawan yang terpaku dengan gelar di ijazah mereka hanya akan terpaku pada satu hal dan kehilangan kebebasan untuk menjadi apapun yang mereka inginkan. 

15. Mengubah dunia

Ada banyak orang yang bermimpi untuk bisa mengubah dunia. Namun hanya sedikit orang yang mau berusaha untuk itu. Dan salah satu cara untuk bisa mengubah dunia adalah dengan menjadi pengusaha. Ada banyak tokoh seperti Elon Musk, Bill Gates, Sergey Brin, dan lainnya yang pada akhirnya mampu mengubah dunia menjadi seperti yang mereka inginkan. Dan semua orang itu adalah seorang pengusaha. 

16. Menciptakan lapangan pekerjaan
Orang-orang sibuk memikirkan bagaimana besarnya angka pengangguran di negeri ini. Namun tidak banyak yang bisa mengambil keputusan untuk mulai membuka lapangan pekerjaa. Satu-satunya cara untuk itu adalah dengan membuka sebuah bisnis atau usaha baru, karena dengan begitu akan ada satu kesempatan yang terbuka bagi lapangan pekerjaan baru. 

17. Menciptakan brand / karya
Setiap jiwa pasti akan mati suatu hari nanti. Namun karyanya akan selalu abadi. Pengusaha yang menciptakan brand adalah sama saja dengan berkarya. Dan hasil dari karya tersebut akan tetap abadi. Dengan begitu, si pengusaha namanya akan tetap dikenal, walaupun jika suatu hari nanti dia sudah tiada.

Artikel ini di tulis oleh Elsa F. Bena kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang
Loading...
loading...

Artikel Terkait

close