close
30 Tempat Wisata Paling Populer Di Lampung
Merencanakan destinasi wisata anda jauh-jauh hari memang penting untuk mengetahui biaya dan kendaraan apa saja yang anda perlukan agar bisa sampai ke tujuan. Dan bila anda mempunyai rencana untuk berekreasi ke Lampung, daftar obyek wisata di bawah ini diharapkan bisa membantu anda dalam memilih tempat liburan.

1. Pulau Anak Krakatau (Kabupaten Lampung Selatan, Kecamatan Punduh Pedada)

Setelah letusan, pulau ini semakin tinggi 7-9 meter per tahun. Pulau Anak Krakatau rupanya termasuk dalam Cagar Alam Krakatau, yang diawasi oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam Lampung.


2. Makam Pangeran Jiwa Kesuma (Kec. Wonosobo, Gisting)

Kuburan ini adalah kuburan keluarga Pangeran Jiwa Kesuma yang tinggal di masa transisi periode Hindu-Islam. Kuburan ini ditandai dengan ornamen primer atau tekstur Hindu. Juga ditemukan kuburan kuburan (lajang anak laki-laki dan perempuan) Ikhawan yang dikorbankan untuk beribadah dengan kepercayaan Hindu di masa lalu.


3. Pantai Badak Limau Yudha (Badak, Limau, Badak, Tanggamus, Kabupaten Tanggamus, Lampung)

Pantai Badak ini masih jarang diketahui oleh wisatawan dan masih jarang dikunjungi sehingga kebersihannya masih tetap terjaga. Hamparanutih dan gelombak ombak yang bergemuruh suaranya mewarnai Pantai Badak ini. Setiap orang bebas menikmati pantai ini tanpa dipungut biaya atau tiket masuk.


4. Bandarlampung

Bepergian di Bandar Lampung itu mudah dan relatif murah karena merupakan kota kecil. Bepergian di antara 2 wilayah utama, (Tanjungkarang ke Teluk Betung) hanya akan memakan waktu sekitar 30-40 menit dengan mobil. Jika anda ingin bergaul dengan penduduk setempat, anda dapat mencoba naik angkutan kota atau angkot, yang datang dengan rute yang berbeda untuk berbagai daerah dan dibedakan dengan berbagai warna.


5. Pantai Batu Balai (Desa Suka Banjar, Kota Agung Timur)

Pantai yang masih alami dengan laut bersih dan berada di pinggir jalan yang menghubungkan rute barat dengan Kabupaten Lampung Barat. Bertempat di desa Suka Banjar, Kecamatan Kota Agung dan dapat dicapai dengan kendaraan sekitar 7 Km dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Tanggamus.


6. Situs Megalitikum Batu Berak (Pekon Purawijaya, kecamatan Kebon Tebu, Lampung Barat)

Ada berbagai jenis peninggalan megalit ini yang bisa ditemukan dalam bentuk menhir, dolmen dan arca. Wisatawan dapat mengunjungi daerah tersebut untuk melakukan berbagai kegiatan seperti studi penelitian atau memberikan apresiasi terhadap seni dan budaya. Selain tempat wisata di atas, Lampung Barat juga menyimpan sumber daya alam lainnya berupa air terjun.


7. Bendungan Batutegi (Batu Tegi, Air Naningan, Tanggamus Regency, Lampung)

Bendungan Batutegi kini menjadi salah satu ikon yang pernah dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Bendungan merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi karena jaraknya tidak jauh dari kota Bandar Lampung. Selain menikmati alam, para pengunjung juga bisa menyewa perahu yang tersedia di dermaga sekitar Bendungan Batutegi. Alih-alih menikmati nuansa, para pengunjung juga bisa berwisata memancing dan membawa pulang berbagai ikan yang hidup di bendungan, seperti Baung, ikan gabus atau lele. Sementara jika Anda belum cukup beruntung untuk mendapatkan ikan, para pengunjung bisa membeli ikan di sekitar bendungan yang kebanyakan dijual oleh penduduk setempat.


8. Taman Nasional Bukit Barisan (Jl. Ir. H. Juanda No. 19 Km 1. Tanggamus, Kota Agung)

Bersama dengan Gunung Leuser dan Kerinci Seblat, taman nasional ini membentuk Warisan Hutan Tropis Tropis Sumatra yang bertuliskan dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO, yang membentang di sepanjang seluruh wilayah barat pulau ini. Tujuan utama taman nasional adalah untuk melindungi keberadaan hutan hujan tropis Sumatra beserta keanekaragaman hayatinya. Gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus), harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) dan badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) adalah beberapa fauna langka dan eksotis yang ditemukan di daerah tersebut.


9. Pulau Condong (1 km dari rute bypass Kota Lampung- Bakauheni)

Anda bisa berenang, snorkeling, diving, dan outbound training di tempat ini. Bahkan jika anda menyukai olahraga ekstrim, anda juga bisa melakukan panjat tebing di tempat ini, dan melihat monyet liar mencari makan di sekitar pulau.


10. Air Terjun Curup Tujuh (Desa Margajaya, Kecamatan Selagai Lingga, Lampung Tengah)

Sebenarnya, untuk mencapai lokasi kita bisa menggunakan kendaraan roda empat, tapi karena jalannya bergelombang maka tidak diperbolehkan menggunakan mobil. Tapi bagi anda yang tidak ingin terlalu lelah berjalan ke lokasi, ada jalur sepeda yang harus disediakan untuk menuju lokasi. Setelah menempuh perjalanan ke Curug Tujuh akan menjadi pengalaman yang hebat untuk menyegarkan pikiran kita dari aktivitas sibuk di kota, karena memiliki pemandangan dan rute yang menyenangkan.


11. Laguna Dodo (Dusun Bandung Jaya Pekon Kiluan Negeri Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus)

Jika Anda ingin menikmati liburan di sini, anda harus membawa makanan dari rumah. Karena di lokasi ini tidak ada warung yang memadai. Untuk mencapai Teluk Kilauan dari bagian barat kota Lampung, kami melewati pemandangan kota sosio ekonomi kota-kota tropis yang dikelilingi oleh hutan hujan.


12. Gisting & Batu Keramat (Kecamatan Kota Agung Timur, Tanggamus)

Masuki wilayah Kabupaten Kota Agung, di wilayah dataran tinggi Batu Kuil (± 300 m dpl.), Sebuah pintu gerbang menyambut turis yang tiba di ibukota kabupaten. Situasi alaminya mengingatkan wisatawan akan pemandangan pegunungan di Puncak Pas Jawa Barat dengan jalan beraspal yang jujur yang turun berkelok-kelok. Wisata ini ditawarkan selain pemandangan indah karpet Teluk Semaka yang terbawa arus.


13. Grand Elty Krakatoa Resort (Jalan Trans Sumatera KM. 45, Merak Belantung, Kalianda, Merak Belantung, Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung)

Di kawasan wisata ini, pihak manajemen menyediakan beberapa fasilitas seperti arena olah raga, Outbound, camping ground, off road, hotel, bungalow, diskotik, restoran outdoor, ruang pertemuan, mushola untuk sholat, penyewaan motor dan kolam renang. Untuk Sport Arena, ada lapangan voli pantai, sepak bola pantai, driving range dan lapangan golf. Olahraga yang bisa dilakukan di daerah ini adalah jet ski, perahu dayung, banana boat, snorkeling, menyelam, termasuk menyelam di pulau Sebuku, serta memancing dengan layang-layang, di sekitar Teluk Merak Belantung.


14. Pantai Harapan (Jalan Pendidikan, Negeri Kelumbayan, Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung)

Saat ini disekitar lokasi dikembangkan beberapa fasilitas pendukung, seperti fasilitas perdagangan berupa pasar dan pertokoan, sarana akomodasi berupa 2 hotel melati dan tiga restoran.


15. Batu Bedil (Jalan Air Bakoman, Dusun Batu Bedil, Desa Gunung Meraksa, Kecamatan Pulau Panggung, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung)

Pada situs ini terdapat sebuah menhir berukuran besar dan tinggi yang oleh masyarakat setempat dinamakan dengan “Batu Bedil”, dinamakan demikian dikarenakan dahulunya sering terdengar adanya bunyi letusan. Menhir Batu Bedil ini memiliki ukuran lebar ± 109 cm dan tinggi ± 220 cm, selain “Batu bedil” pada lokasi tersebut juga banyak ditemukan batu-batu tegak, lumpang batu, altar batu/dolmen, dan batu bergores.


16. Pantai Mutung (jl. Pematang Rinjing, Desa Sukajaya (Padang Cermin), Pesawaran, Lampung)

Pantai Mutung memiliki fasilitas yang bisa digunakan untuk pengunjung; Mereka adalah kabin, kapal sewaan, kano, perahu pisang, arena outbound dan camping ground di Pulau Tangkil. Pulau ini bisa ditempuh sekitar 15 menit dari pusat kota, dan memiliki sekitar 12 hektare dengan fasilitas seperti akomodasi, agrowisata, watersport, kendaraan ATV dan arena outbound.


17. Pulau Pahawang (Propinsi Lampung Sai Bumi Ruwa Jura)

Pahawang memiliki banyak potensi keindahan, dalam hal pemandangan, perbukitan pepohonan hijau, pantai berpasir putih dan air laut jernih yang akan menyegarkan pikiran Anda. Tempat ini juga cocok untuk mereka yang suka snorkeling. Berenang di pantai atau hanya bermain di sepanjang pantai berpasir putih.


18. Pantai Pasir Putih (Rangai Tri Tunggal, Katibung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung)

Pantai Pasir Putih menawarkan pemandangan laut yang berkilau dan pantai berpasir putih yang bersih dan apik. Di sekitar pantai ada tempat penampungan, toilet, kamar kecil dan motor sewaan yang difungsikan sebagai fasilitas bagi para pengunjung. Pantai selalu ramai berlibur dan menjadi salah satu tempat favorit untuk dikunjungi. Kita bisa merilekskan pikiran kita saat sedang berenang dan berperahu ke Pulau Condong.


19. Batu Pegadung (Pantai Gigi Hiu) (Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung)

Ada banyak wisatawan yang menyamakan keindahan Pegadung Rock dengan Pulau Phi Phi yang terkenal di Thailand. Sebagai soal fakta, beberapa orang mengatakan bahwa Batu Pegadung lebih indah dari Pulau Phi Phi. Namun sayangnya sayangnya infrastrukturnya belum terakomodasi dengan baik, sehingga perjalanan ke Batu Pegadung sangat menantang dan perlu ekstra hati-hati.


20. Desa Pekon Hujung (Kecamatan Belalau, Lampung Barat)

Kegiatan sehari-hari di masyarakat pedesaan ini sangat kental dan asli. Ada Rumah Tradisional di Lampung Barat yang sering dijadikan homestay bagi wisatawan, yang telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Kita juga bisa melakukan kegiatan pedesaan seperti bertani di ladang, mandi di sungai dan lain-lain.


21. Gunung Pesagi (Liwa, Lampung Barat)

Di Pekon Hujung wisatawan bisa mendaki ke puncak Gunung Pesagi dan menikmati keindahan alam Lampung Barat dari titik tertinggi. Di daerah ini, tersedia homestay tradisional dengan fasilitas yang memadai bagi pengunjung yang tertarik menginap di gunung.


22. Air Terjun Putri Malu (Hutan Register 24, Banjit, Kabupaten Way Kanan, Lampung)

Lokasi air terjun ini benar-benar indah dan bisa menjadi tujuan alternatif untuk berekreasi. Nuansa hijau yang rimbun dikombinasikan dengan hutan tropis basah yang masih perawan dan belum terjamah. Bagi yang datang ke tempat ini lebih baik makan dan minum sendiri karena tidak ada warung di sekitar air terjun.


23. Danau Ranau (Perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Provinsi Sumatera Selatan)

Ada air panas alami di kaki Gunung Semiung, yang berasal dari dasar danau. Sebuah air terjun, yaitu Subik, juga bisa dilihat di sekitar danau. Danau Ranau terletak di perbatasan Lampung Barat, Provinsi Lampung.


24. Pantai Sawmill (Jl. Raya Pekon Karang Anyar, Karang Anyar, Wonosobo, Kabupaten Tanggamus, Lampung)

Lokasi ini sangat tepat untuk pengembangan objek dan wisata yang dimaksud seperti wisata kelautan, air Sky, tempat rekreasi pantai, bisnis hotel, lapangan golf, sepak bola, voli pantai, dll.


25. Menara Siger (E Trans Sumatera Hwy, Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung)

Siger adalah menara yang juga merupakan titik nol di Sumatera bagian selatan. Hal tersebut diresmikan oleh Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P, sejak 30 April 2008. Peresmian itu ditandai dengan sirene, tulisan, dan pelepasan merpati beserta sejumlah duta besar. Menara Siger merupakan perpaduan antara marka darat dan lokasi wisata. Dikatakan bahwa Menara Siger ibarat seorang gadis cantik yang akan menarik semua orang untuk melamar. Menara ini akan membawa daya tarik wisata dan investasi bagi Lampung.


26. Air Terjun Jeram Semaka (Pekon Way Kerap Kecamatan Semaka)

Objek wisata ini cukup potensial untuk dikembangkan karena selain memiliki daya tarik tersendiri seperti keadaan alamnya yang indah, dan hutan lebat dengan suhu udara bergulir 20 ° -30 ° C, juga memiliki lokasi pembangunan yang mencapai ± 5 Hektar dengan potensi penghuni daerah ini sebagai penghasil lada dan kopi terbesar di provinsi Lampung apalagi merupakan salah satu daerah lumbung padi.


27. Teluk Kiluan (Kiluan Negeri, Kelumbayan, Tanggamus, Lampung)

Jika anda tidak bisa pergi ke Pulau Tangalooma Moreton di Australia untuk melihat lumba-lumba liar, pilihan terbaik lainnya adalah pergi ke Teluk Kiluan, Lampung, Indonesia. Sepanjang jalan, Anda akan melewati banyak lokasi pemandangan, mulai dari pantai Klara hingga bukit hijau dengan samudera yang indah hingga ke lokasi di Teluk Kiluan.


28. Pelabuhan Kota Agung (JL Samudera, No. 1, Kota Agung, Baros, Pringsewu, Kabupaten Tanggamus, Lampung)

Kondisi di Kotaagung yang berada di tepi laut, tepatnya di Teluk Semangka, membuat Kotaagung memiliki pelabuhan yang luas. Pelabuhan ini berfungsi tidak hanya untuk kapal nelayan yang berlabuh di pelabuhan, tapi juga untuk kapal penumpang, dan biasanya melayani perjalanan ke pulau Tabuhan dan sekitarnya.


29. Museum Lampung (Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung City, Lampung)

Di museum ini, ada keramik antik dari negara lain seperti China dan Siam yang menjadi salah satu koleksi khas. Berdasarkan inventarisasi dari tahun 2011, museum ini memiliki koleksi lebih dari 4.700 item. Ini terbagi menjadi 10 kelompok yang merupakan item yang berkaitan dengan geografi, biologi, etnografi, sejarah, numismatik, filologi, keramik, seni rupa dan teknologi.


30. Vihara Thay Hin Bio (Jalan Ikan Kakap, Kelurahan Pesawahan, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung)

Kuil ini merupakan kuil Cina terbesar di Lampung, yang tertua di Teluk Betung (atau Teluk Betung), dan ada pula yang mengatakan bahwa itu adalah kuil terindah di pulau ini. Tengara sejarah ini mudah dikenali dari jauh, karena warna mencolok dan ukurannya yang signifikan. Struktur antik yang paling banyak dicat dengan rona merah cerah, jelas menampilkan pengaruh warisan dan arsitektur China.

Artikel ini di tulis oleh Madeline Romanov kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang
Loading...

Artikel Terkait