close
30 Tempat Wisata Paling Populer Di Pontianak
Berbagai macam tempat wisata di Pontianak dapat anda jumpai dan kunjungi bersama sanak saudara atau teman anda, mulai dari outdoor dengan pemandangan alam yang sangat indah, sampai indoor seperti museum yang bisa menambah pengetahuan anda.

1. Danau Biru (Jl. Wonosari, Roban, Singkawang Tengah, Kota Singkawang)

Danau ini unik. Warna birunya terlihat kontras di tengah padang rumput dan padang pasir. Menetap di tengah lanskap gersang dengan warna pasir putih, anda bisa melihat batas hutan dan perkebunan kelapa sawit dalam radius 2-3 kilometer dari daerah ini.


2. Pantai Kijing (Sungai Kunyit Laut, Sungai Kunyit, Pontianak)

Sepanjang Pantai Kijing, mulai dari Selatan sampai Utara hanya terlihat pasir putih dan naungan pohon palem sebagai tempat berteduh. Atmosfer pantai tak terbantahkan memberikan keindahan tersendiri. Apalagi pada dini hari dan terbenamnya waktu matahari di cakrawala, memberi kepuasan kepada pengunjung.


3. Tugu Khatulistiwa (Jl. Khatulistiwa, Siantan, Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat)

Jika anda memiliki perjalanan ke Pontianak, tidak akan lengkap jika anda tidak mengunjungi monumen khatulistiwa. Karena monumen ini adalah ikon atau tengara utama Pontianak. Jika ingin mengunjungi monumen ini, anda bisa menemukannya di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara. Jaraknya sekitar 3 km dari pusat kota Pontianak.


4. Keraton Kesultanan Kadariah (Komplek Istana masuk dari Jl. Tritura Pontianak, Kalimantan Barat)

Istana Kadariah Pontianak adalah pusat pemerintahan masa lalu, bangunan struktur kuat yang terbuat dari kayu solid, didirikan oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie pada tahun 1771. Istana ini memberi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung dengan menyimpan banyak artefak atau benda bersejarah seperti perhiasan yang Digunakan dari generasi ke generasi sejak beberapa waktu lalu.


5. Rumah Betang (Jln. Letjen Sutoyo, Pontianak, Kalimantan Barat)

Betang House adalah rumah panjang tradisional suku Dayak di Kalimantan Barat yang dibangun oleh pemerintah kota mencapai panjang 310 m dan lebar 18 m, sekarang tinggal sekitar 34 kepala keluarga, yang masih memiliki hubungan keluarga. Bertempat di Saham Village, Kecamatan Sengah Temila tidak jauh dari jalan Internasional Pontianak - Kuching. Jadilah satu-satunya kelalaian rumah panjang orang Dayak di Kabupaten Pontianak.


6. Pantai Pasir Panjang (Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang)

Kegiatan lain yang bisa anda lakukan di pantai adalah, memancing, berenang, snorkeling dengan kapal, speedboat dan banyak lagi. Pantai ini terletak di kawasan Tujuh Belas dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, seperti hotel, losmen, toko souvenir, restoran dan berbagai fasilitas lainnya seperti tempat hiburan dan diskotik.


7. Sinka Island Park (Sedau, Singkawang Sel., Kota Singkawang)

Salah satu tujuan wisata baru di Singkawang terletak di daerah Coral Bay atau Teluk Ma'jantuh. Sinka Island Park berjarak sekitar 3 km dari Pontianak - Singkawang. Tempat itu sendiri merupakan tempat wisata yang menawarkan berbagai macam fasilitas menarik, seperti gerobak, dan kuda yang bisa disewa oleh semua pengunjung di Sinka Island Park. Ada juga kolam renang, kafetaria, dan fasilitas lainnya.


8. Bukit Rindu Alam (Kawasan Pasirpanjang -Tanjung Bajau,, Sedau, Singkawang Sel., Kota Singkawang)

Di Rindu Alam Singkawang, kita bisa menikmati keindahan alamnya dan kita juga bisa mendaki gunung dengan berjalan kaki sambil melihat patung hewan di sisi jalan. Di sini kita bisa terjun payung ke Pantai Teluk Makjantu. Kami tidak akan membiarkan terjun payung sendirian, ada beberapa pelatih yang akan menemani kita.


9. Taman Bunga Bukit Bougenvile (Desa Sijangkung, 6 km dari Kota Singkawang)

Meski didominasi Bougenville, pengunjung yang berkunjung ke sini masih bisa melihat berbagai macam bunga lainnya seperti, aglonema, antorium dan berbagai jenis anggrek. Tak hanya bunganya, 1,5 hektare taman ini juga memiliki koleksi tanaman buah-buahan, seperti belimbing madu, alpukat, rambutan dan durian. Tanaman buah merupakan jenis buah yang sering dijual oleh pedagang di Singkawang.


10. Makam Juang Mandor (Simpang Kasturi, Mandor, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat)

Dikatakan bahwa di lokasi makam ini telah membunuh 21037 orang Indonesia terbaik di Kalimantan Barat; Raja, intelektual, tokoh elit atau tokoh agung. Di sini ada 10 kuburan massal dan satu lokasi pembantaian di lapangan terbuka.


11. Air Terjun Melanggar (Dusun Perbuah, Desa Merayuh,kecamatan Air Besar, kabupaten Landak)

Keunikan Air Terjun Melanggar ada danau yang berada di bawah air terjun dengan luas sekitar 2 hektar yang bundar dan bisa digunakan untuk mandi, berenang dan memancing. Selanjutnya, di puncak gunung ada Pejapa dengan ketinggian 1.019 m mengelilingi Air Terjun Melanggar dan berisi hutan utuh dan terlindungi. Dan akhirnya, di seberang sungai ada gua Sanjan berisi air terjun kecil dan sungai kecil.


12. Taman Nasional Betung Kerihun (Jl. Piere Tendean, Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Indonesia)

Taman Nasional Betung Kerihun dengan keunikan dan keanekaragaman hayati yang tinggi memiliki beberapa tempat wisata dan tujuan wisata yang menantang. Inilah momen terbaik untuk menggali potensi keanekaragaman hayati atau di sekitar kawasan yang masih terbuka lebar.


13. Putussibau (Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat)

Sesampainya di Putussibau, jalan-jalan di sekitar tepi sungai Kapuas dan Embaloh River hulu. Tak hanya keindahan alam hijau yang bisa anda nikmati tapi juga anda bisa langsung mengetahui kehidupan masyarakat Dayak. Di tepian Sungai Kapuas, berdiri betang Sungai Kapuas (rumah panjang) yang merupakan pemukiman orang Dayak. Dinamakan rumah panjang, karena rumah ini benar-benar panjang dan panjangnya mencapai ratusan meter, terdiri dari banyak bilik atau ruangan.


14. Air Terjun Remabo (Sekendal, Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat)

Air terjun yang memiliki tujuh tingkat tersebut tinggal di Kabupaten Air Besar, yang bisa dilalui kendaraan roda empat. Antara level 1 dengan yang lain bisa lalui dengan berjalan kaki selama 15-30 menit.


15. Danau Sentarum National Park (Nanga Leboyan, Sentarum, Nanga Leboyan, Danau Sentarum, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat)

Sistem air danau air tawar dan hutan banjir membuat Danau Sentarum terlihat berbeda dari danau lainnya. Airnya terlihat hitam dan kemerahan karena mengandung tanin yang berasal dari gambut di hutan sekitar. Di musim hujan, kedalaman air danau bisa mencapai 6-8 meter dan menyebabkan banjir di sekitar hutan.


16. Pulau Temajo (Kabupaten Pontianak, Kalimantan Barat)

Pulau ini yang menghadap ke Laut Natuna memiliki pemandangan alam yang indah dan air laut yang jernih, hampir tidak cocok untuk menyelam atletik. Situasinya dekat dengan pantai Kijing, sekitar 1 jam dengan motor air dari desa Sungai Kunyit.


17. Gunung Poteng (Jl. Gn. Poteng, Pasiran, Singkawang Bar., Kota Singkawang, Kalimantan Barat)

Kawasan Gunung Poteng merupakan sumber air paling bersih di kota Singkawang sejak zaman Belanda beberapa tahun yang lalu. Tunggangan ini sering dikenal sebagai ibu jari karena bentuknya seperti ibu jari hanya membayangkan sebuah tanda seperti di facebook anda diputar searah jarum jam, terlihat seperti bentuk tangan dengan kuku jempol. Pemandangan ini bisa dilihat sebagai bentuk gunung Poteng, dan inilah asal mula nama gunung yang terkenal ini.


18. Makam Opu Daeng Manambon (Sebukit, Pasir, Mempawah, Pontianak, Kalimantan Barat)

Pendiri kuburan Kraton Mempawah terletak di bukit, desa Suap, kabupaten Mempawah Hilir. Ada juga kuburan Habib Husein (penyebar Islam pertama di Mempawah), yang terletak di Desa Sejegi, Kabupaten Mempawah Hilir.


19. Palm Beach (Singkawang, Kalimantan Barat)

Pantai ini menawarkan indahnya pasir putih sepanjang 2 km. Para pengunjung bisa melihat sekelompok pulau, disamping fasilitas di tempat ini sangat mendukung, seperti hotel, kolam renang, tempat bermain anak-anak, santai pondok tepi laut, kafe dan restoran, dll.


20. Istana Amantubillah (Desa Pulau Pedalaman, Kecamatan Mempawah Timur, Kalimantan Barat)

Di kompleks istana, pengunjung bisa melihat kolam renang mandi bekas sultan dan keluarganya. Sayangnya, pemandian renang tidak lagi berfungsi, karena pendangkalan dan penutupan saluran air yang menghubungkan kolam dengan anak sungai Mempawah. Selain itu, pengunjung masih bisa melihat bekas tempat peristirahatan dan tempat rekreasi (gazebo), sultan dan keluarganya. Di sekitar Istana Amantubillah ada fasilitas seperti masjid, tempat akomodasi, warung makan, kios dan warung.


21. Pantai Putri Serayi (Desa Jawai Laut, Kecamatan Jawai Selatan Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat)

Bukit Raya Putri Pantai Serai merupakan salah satu tujuan wisata yang terletak di Desa Jawai Laut Kecamatan Jawai paling tidak 2 kilometer dari ibu kota Kabupaten. Ini adalah tempat yang unik, yang berbeda dengan pantai lainnya adalah Kabupaten Sambas, karena memiliki legenda Putri Serai di sisi pantai adalah batu.


22. Pantai Camar Wulan (desa Sebubus Kec. Paloh)

Pantainya memiliki pasir putih dan kuning, ada juga ombak tenang di daerah pesisir. Jadi, jika Anda berada di Sambas, jangan lewatkan mengunjungi Pantai Camar Wulan dengan rangkaian pohon pinus menambah keindahan pantai.


23. Taman Alun-alun Kapuas (Jalan Rahadi Usman, Tengah, Pontianak Kota, Tengah,  Kota Pontianak, Kalimantan Barat)

Alun-alun Kapuas atau Kapuas Waterfront Park dibangun puluhan tahun yang lalu, namun mengalami renovasi besar pada tahun 1999 dan sejak saat itu menjadi salah satu tempat umum terpopuler di Pontianak.


24. Museum Kalimantan Barat (Jl. Jenderal Ahmad Yani, Parit Tokaya, Pontianak Sel, Kota Pontianak, Kalimantan Barat)

Museum ini terbagi menjadi tiga zona yang memiliki tiga koleksi berbeda. Mulai menemukan artefak di Kalimantan barat, koleksi benda-benda kerajaan, seni dan kerajinan budaya Dayak, sampai koleksi keramik China. Di luar gedung museum, ada taman kecil dengan jembatan kayu yang sering dijadikan lokasi foto oleh pengunjung.


25. Masjid Jami (Sungai Bundung Laut, Sungai Kunyit, Sungai Bundung Laut, Sungai Kunyit, Mempawah, Kalimantan Barat)

Tidak jauh dari Keraton Kadariyah, berdiri megah bangunan masjid yang menjadi pusat dakwah agama Islam. Masjid tersebut bernama Masjid Jami' Sultan Syarif Abdurrahman. Bangunan masjid ini menghadap ke Sungai Kapuas. Menurut sejarah, masjid yang dibangun aslinya beratap rumbia dan konstruksinya dari kayu.


26. Kura-kura Beach (Sedau, Singkawang Sel., Kota Singkawang)

Selain anda bisa menikmati keindahan pantainya, di sini juga ada dua cottage dan satu dungau, yang bangunannya terbuat dari kayu dan atapnya dari rumbia. Saat malam menjelma, tak ada cahaya listrik di pantai Kura Kura. Hanya mengandalkan sinar bulan dan cahaya bintang dilangit. Terasa indah ketika kita menikmati syahdunya alam pantai ketika malam hari.


27. Pantai Batu Burung (Sedau, Singkawang, 79163, Sedau, Singkawang Sel., Kota Singkawang, Kalimantan Barat)

Awalnya pantai ini digunakan sebagai tempat tambatan perahu, tapi sekarang menjadi tempat rekreasi pemancingan yang banyak didatangi para wisatawan. Sebenarnya Pantai batu Burung ini dulunya adalah sebongkah batu granit raksasa yang terletak agak jauh dari pantai.


28. Air Terjun Eria (Desa Nyarumkop, Kecamatan Singkawang Timur, Kota Singkawang)

Air Terjun Eria yang masih termasuk dalam Cagar Alam Gunung Raya Pasi ini belum dikelola baik oleh pemerintah sehingga banyak wisatawan yang belum mengenal kawasan ini. Di dekat area ini juga ada wisma yang menyediakan kamar untuk anda beristirahat.


29. Taman Burung Singkawang (Jl. Merdeka, Tengah, Singkawang, Kota Singkawang)

Taman ini banyak dikunjungi oleh muda-mudi dan banyak orang yang ingin bersantai menikmati situasi sekitar. Dan tempat yang satu ini juga pas untuk berfoto-foto ria.


30. Waterboom Gunung Poteng (Jalan Raya Pajintan, Pajintan, Singkawang Tim., Kota Singkawang)

Dengan dua belas wahana yang tersedia di sana, anda dan keluarga bisa dengan leluasa bermain sambil melihat keindahan pemandangan gunung poteng.

Loading...
Loading...
Artikel ini di tulis oleh Madeline Romanov kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Artikel Terkait