5 Wisata Alam Riau Yang Harus Dikunjungi - Vebma.com
5 Wisata Alam Riau Yang Harus Dikunjungi
Panorama Ulu Kasok yang mendapat julukan "Raja Ampat nya Riau".

5 Wisata Alam Riau Yang Harus Dikunjungi

Memasuki liburan akhir tahun 2017 ini, tentunya banyak diantara masyarakat perkotaan yang hendak berlibur untuk kembali merefresh atau sekedar menenangkan pikiran dari hingar bingar suasana perkotaan. Berlibur ketempat wisata alam, bisa menjadi pilihan alternatif untuk mengisi liburan kali ini.  Di Provinsi Riau, ada beberapa wisata alam yang dapat dikunjungi untuk berlibur bersama sanak keluarga. Meskipun Provinsi Riau tidaklah menyandang sebagai kota wisata, namun setidaknya ada beberapa tempat yang memiliki keindahan alam yang cukup indah. Berikut 5 wisata alam di Provinsi Riau yang harus kalian kunjungi ketika berlibur.

1. Panorama Alam Ulu Kasok, Kabupaten Kampar.

Sumber : Shopback.co.id

Di Kabupaten Kampar, tepatnya di Desa Pulau Godang, Kecamatan XIII Koto Kampar terdapat sebuah panorama alam bernama Ulu Kasok. Tak tanggung-tanggung, panorama Ulu Kasok tersebut mendapat julukan Raja Ampat nya Riau. Ini karena panorama alam yang disuguhkan memang menyerupai panorama alam yang ada di Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Para wisatawan tidak perlu bersusah payah untuk mencapai ketempat ini, karena letak panorama alam Ulu Kasok tepat berada di tepi jalan lintas Riau-Sumatera Barat. 

2. Air Terjun Pulo Simo, Kabupaten Kampar.

Sumber : Amskynews.com

Masih di Kabupaten Kampar, tepat nya di Desa Tanjung Alai Kecamatan XIII Koto Kampar terdapat sebuah air terjun. Warga sekitar menamakannya Air Terjun Pulo Simo. Lokasi air terjun ini tidak jauh dari lokasi Panorama Alam Ulu Kasok. Juga berada di tepi jalan lintas Riau-Sumatera Barat, para wisatawan hanya perlu sedikit berjalan menuju titik dimana Air Terjun Pulo Simo berada. Letak nya yang strategis, membuat para pengunjung turut membawa anggota keluarganya meski masih kecil. Air Terjun Pulo Simo bisa menjadi pilihan untuk berlibur bersama sanak keluarga. 

3. Bukit Suligi, Kabupaten Rokan Hulu.

Sumber : soksinews.com

Dari Kabupaten Kampar, kita menuju Kabupaten Rokan Hulu. Tepatnya didesa Aliantan, Kecamatan Kabun terdapat sebuah bukit bernama Bukit Suligi. Lokasinya berjarak 120 kilometer dari Ibukota Provinsi Riau, Pekanbaru. wisata alam Bukit Suligi ini dapat dikatakan sebagai wisata alam baru yang ada di Provinsi Riau. Dari puncak bukit, wisatawan dapat menikmati gumpalan awan serta samudera awan. Bukit Suligi merupakan deretan bukit yang ditetapkan pemerintah sebagai kawasan hutan lindung. Bukit Suligi memiliki ketinggian 812 mdpl. Untuk para traveler, Bukit Suligi bisa menjadi destinasi wisata alternatif. 

4. Pulau Jemur, Kabupaten Rokan Hilir.

Sumber : m.riaupos.co

Pulau Jemur merupakan pulau yang letaknya berada di selat malaka dan berbatasan langsung dengan negara Malaysia. Sekitar 72,4 kilometer dari Ibukota Rokan Hilir, Bagan Siapiapi. Pulau Jemur saat ini sedang digalakkan pembangunan infrastruktur nya oleh pemerintah setempat agar bisa menjadi destinasi wisata alam andalan di Provinsi Riau. Pulau ini terkenal dengan pantai pasir putih nya yang sangat mempesona serta disini wisatawan masih dapat menjumpai satwa langkah yaitu penyu hijau. Wisatawan yang hendak berkunjung ke Pulau Jemur harus menyebrang dengan menggunakan speed boat atau kapal nelayan. Walau letaknya yang cukup jauh, namun panorama alam yang disuguhkan oleh Pulau Jemur sunggung memukau. 

5. Pantai Tanjung Medang, Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis.

Sumber : pekanbaru.tribunnews.com

Kabupaten Bengkalis memiliki sebuah pulau yang memiliki keindahan alam pantainya yang sangat indah, ialah Pulau Rupat. Di Pulau Rupat, terdapat pantai yang bernama Pantai Tanjung Medang, tepatnya berada di Desa Tanjung Medang, Kecamatan Rupat Utara. Pantai Tanjung Medang memiliki garis pantai sepanjang 13 kilometer, dan bisa dilalui oleh kendaraan roda dua. Pantai Tanjung Medang bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata untuk mengisi liburan. 


Artikel ini ditulis oleh Panji Pratomo kamu juga bisa menulis karyamu di Vebma, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya. Daftar Sekarang!
Loading...