15 Alat Musik Kalimantan Barat Lengkap Dengan Gambar

List 1 month ago
15 Alat Musik Kalimantan Barat Lengkap Dengan Gambar

Alat Musik Kalimantan Barat terdiri dari berbagai macam instrumen, mulai dari instrumen musik tiup, hingga instrumen musik pukul. Alat musik di kalimantan barat kerap dimainkan oleh suku dayak dalam keseharian mereka, mulai dari pengiring tari tradisional hingga dilibatkan dalam pelaksanaan upacara adat.

Alat Musik Kalimantan Barat yang terkenal adalah keledik, alat musik ini merupakan salah satu alat musik khas yang kerap digunakan oleh suku dayak dalam berbagai upacara adat dan juga sebagai pengiring tarian tradisional atau nyanyian tradisional.

Kalimantan Barat sendiri adalah sebuah provinsi Indonesia yang memiliki Ibukota provinsi bernama pontianak. Povinsi berjuluk seribu sungai ini memiliki luas wilayah 146.807 km² atau setara dengan 7,53% dari luas Indonesia. Luas tersebut menempatkan provinsi ini sebagai provinsi terluas keempat di indonesia. Julukan Provinsi seribu sungai pun merujuk kondisi geografis Kalimantan barat yang dilalui ratusan sungai besar dan sungai kecil. Kalimantan barat memiliki iklam basah dengan curah hujan yang merata sepanjang tahunnya, puncak turun hujan adalah pada bulan januari dan oktober.

Yuk Simak alat musik apa saja yang dimiliki oleh Kalimantan Barat.

1) Agukng

Alat musik tradisional asal kalimantan ini merupakan instrumen perkusi yang dibuat dari bahan logam perunggu. Agukng dimainkan dengan cara ditabuh menggunakan tongkat kayu dengan ujung diselimuti karet. Suara yang dihasilkan oleh instrumen tradisional ini adalah nada sol rendah. Selain sebagai alat musik, Agukng juga digunakan sebagai mas kawin dan alat bayar hukum adat di wilayah kalimantan barat.

2) Kurating

Alat musik kurarting merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik yang berasal dari kapuas hulu, dan sering dimainkan oleh masyarakat suku Dayak Ibanik, Dayak Banuaka.

3) Entebong

Entebong merupakan instrumen musik tabuh khas Dayak Mualang yang berdomisili dikabupaten Sekadu. Entebong dimainkan dengan cara ditabuh menggunakan tangan layaknya kendang. Entebong dibuat dari kayu bertekstur kuat dan kulit hewan.

4) Keledik

Keledik merupakan instrumen musik tiup tradisional khas kalimantan, dimainkan dengan cara ditiup dan dihisap. Keledik dibuat dari bilahan bambu dan labu. Keledik dapat ditemukan di sekitar daerah kapuas hulu. Buah labu yang digunakan sebagai bahan keledik harus berusia tua, atau sekitar 5 sampai 6 bulan. Setelah dikeluarkan isinya, kemudian labu tersebut direndam selama kurang lebih 1 bulan, setelah melewati masa perendaman, labu tersebut kemudian di keringkan.

Setelah dikeringkan bahan bahan tersebut kemduian dirangkai dan disatukan menjadi sebuah instrumen musik. Meskipun dibuat dari bahan yang tak biasa, namun Keledik mampu menghasilkan nada pentatonik, Keledi biasa dimainkan sebagai musik pengiring tarian tradisional dan upacara adat suku dayak.

5) Kollatung

Kollatung adalah instrumen musik pukul tradisional khas kalimantan yang dibuat dari logam kuningan. Kollatung dimainkan sebagai musik pengiring dari tarian tradisional dan upacara adat di kalimantan barat.

6) Tuma

Tuma merupakan nama dari alat musik pukul tradisional yang berbentuk seperti gendang, namun berbentuk panjang. Tuma dimainkan dengan cara ditabuh memakai bagian dalam telapak tangan. Tuma dimainkan sebagai pengiring tarian tradisional dan juga dimainkan dalam upacara adat tertentu.

7) Konyahpik

Kohnyapik merupakan instrumen musik tradisional dari daerah kalimantan barat yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini sangat terkenal dikalangan suku dayak Mendalam yang bermukim di wilayah kapuas hulu. Tiap petikan yang dimainkan mampu menghasilkan suara yang dinamis dan meninggalkan kesan menenangkan.

Loading...

Baca Juga : 15 Makanan Ikan Mas Yang Dapat Meningkatkan Bobot Ikan

8) Sollokanong

15 Alat Musik Kalimantan Barat Lengkap Dengan Gambar
Sollokanong

Sollokanong merupakan instrumen musik berbentuk kecil yang terbuat dari campuran logam kuningan,dimainkan dengan cara di tabuh menggunakan tongkat pemukul dengan bagian ujung tongkat berlapis karet.

9) Kangkuang

15 Alat Musik Kalimantan Barat Lengkap Dengan Gambar
Kangkuang

Kangkuang adalah instrumen musik pukul tradisional, dibuat dari kayu berukir. Kangkuang sering digunakan oleh masyarakat Dayak Banuaka yang tinggal di kapuas Hulu dalam berbagai upacara adat.

10) Terah Umat

15 Alat Musik Kalimantan Barat Lengkap Dengan Gambar
Terah Umat

Terah Umat merupakan instrumen musik khas Dayak yang dibuat dari logam besi dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tongkat yang bagian ujungnya sudah dilapisi oleh kain atau karet. Terah Umat memiliki kesamaan bentuk seperti instrumen gamelan yang ada di jawa.

11) Tawaq

15 Alat Musik Kalimantan Barat Lengkap Dengan Gambar
Tawaq

Tawaq merupakan instrumen musik khas kalimantan barat yang memiliki kemiripan bentuk dengan Kempul Jawa. Instrumen tradisional ini dimainkan dengan dipukul memakai tongkat kayu. Tawaq dimainkan sebagai musik pengiring dari sejumlah tarian tradisional Kalimantan.

12) Kohotong

Kohotong merupakan instrumen yang dibuat dari tumbuhan dan dimainkan dengan ditiup. Bahan utama pembuatan Kohotong adalah dahan Pohon Enau. Sulitnya mendapatkan bahan pembuatan Kohotong membuat instrumen musik tradisional Kalimantan Barat ini mulai jarang ditemui, hal ini wajar mengingat tidak mudah mendapatkan dahan pohon enau, Pohon enau sendiri memiliki tinggi rata rata 25 meter dan diameter batang mencapai 70 cm.

13) Kedire

Kadire adalah instrumen dari bambu yang dimainkan dengan cara ditiup. Kedire mampu menghasilkan nada pentatonik. Kedire sering dimainkan untuk mengiringi tarian tradisional dan beberapoa upacara adat suku dayak.

14) Korondek

15 Alat Musik Kalimantan Barat Lengkap Dengan Gambar
Korondek

Korondek merupakan alat musik mulut khas suku dayak yang bermukim di kapuas hulu. Alat musik ini dimainkan dengan cara dihisap dan ditiup menggunakan mulut.

15) Kelontak

Kelontak adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tongkat. Bahan utama pembuatan kelontak adalah bambu. Kelontak sering dimainkan masyarakat dayak untuk menyambut masa panen.

Demikian ulasan mengenai 15 alat musik kalimantan Barat. Semoga bermanfaat.

Tags: Alat Musik, Budaya, Kalimantan Barat

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com