17 Tarian Adat Aceh Lengkap Beserta Gambar

List 1 month ago
17 Tarian Adat Aceh Lengkap Beserta Gambar

Tarian Adat Aceh adalah tarian adat yang berkembang dan berasal dari wilayah Aceh. Tarian tarian tersebut bertahan melewati jaman dan tetap dipertahankan masyarakat Aceh sebagai bagian dari melindungi dan melestarikan warisan budaya masa silam.

Tarian Adat Aceh merupakan salah satu budaya Indonesia yang khas dengan corak budaya Islam. Hampir dalam setiap syair yang digunakan untuk mengiringi tarian tradisional aceh terselip petuah petuah bijak.

Simak ulasan tarian dari wilayah Aceh berikut ini.

1) Tari Rapai Daboh

Tari Rapai Didoh merupakan tari tradisional Aceh yang menggabungkan unsur musik dengan kekuatan tubuh. Saat rapai atau rebana di tabuh , beberapa penari akan beratraksi dengan senjata tajam seperti menikam tubuh. Saat ditikam penari tidak merasakan sakit, tubuh juga tidak terlukan, bahkan terkadang rencong yang diguakan untuk menikam malam menjadi bengkok. Tarian tradisional ini mirip dengan atraksi Debus di daerah Jawa.

2) Tari Ula - Ula Lembing

Tari Tradisional Aceh ini merupakan tarian energik dan dinamis yang umumnya ditarikan hanya oleh penari wanita. Penari wanita menggunakan penutup kepala seperti kerudung. Seperti tarian aceh pada umumnya, gerakan tari Ula Ula Lembing didominasi oleh dinamika perubahan gerakan dari lambat ke cepat.

3) Tari Didong

Tari Didong merupaan salah satu tarian tradisional Aceh yang tidak menggunakan alat musik sebagai musik latar. Musik latar dihasilkan dari mulut para penari yang mengeluarkan suara tertentu pada gerakan tertentu.. Sebagian besar gerakan tari Didong dilakukan dalam posisi duduk.

4) Tari Seudati

Tari Seudati merupakan tari tradisional aceh yang awalnya digunakan untuk menyambut kedatangan masa panen. Seiring berkembangnya jaman, Tari Seudati kini digunakan sebagai media hiburan. Lilitan kain songket di pinggang, ikat kepala merah serta rencong yang tersemat dipinggang merupakan properti yang selalu digunakan saat pementasan.

5) Tari Saman Meuseukat

Tari saman meuseukat berasal dari Aceh Selatan, ditarikan oleh 10 hingga 12 penari dengan didampingi oleh 2 penyanyi.. Gerakan tari Saman Meuseukat berakar dari gerakan Tari Saman,dimulai dari gerakan lambat lalu perlahan lahan berubah menjadi gerakan dinamis yang cepat.

6) Tari Saman

Tari saman merupakan produk budaya suku Gayo yang merupakan suku tertua di Aceh. Pada awal perkembangannya tarian ini digunakan sebagai perantara persebaran Islam. Pencipta gerakan tari Saman adalah seorang syeh bernama Saman dan dikenal dengan sebutan Syeh Saman, salah satu tokoh Islam di Aceh. Gerakan khas Tari saman adalah tepukan Dada dan tepukan di lutut.

7) Tari Meusago

Tari Meusago merupakan tarian tradisional Aceh yang melambangkan gotong royong. Persatuan dan persaudaraan. Nilai nilai kehidupan gotong royong dapat terlihat dari gerakan tari yang ditarikan oleh penari secara kompak.

Baca Juga : Intip Gaya Belajar Anak Milenial Dengan 5 Aplikasi Belajar Kekinian

8) Tari Cangklak

Tari Cangklak merupakan tarian tradisional yang menghadirkan gerakan tari yang energik, lembut namun genit. Tarian ini umumnya ditarikan oleh penari perempuan lengkap dengan aksesoris yang berkaitan dengan femiimisme seperti sapu tangan, kipas atau payung.

Loading...

9) Tari Ratoh Duek Aceh

Tari ratoh Duek ditarikan oleh 10 penari wanita atau lebih disertai 2 orang penyanyi. Tarian ini juga dikenal dengan nama Tari Ratoeh jaroe. Tari ini menggambarkan nilai nilai positif yang diambil dari kehidupan sehari hari seperti ketegasan, optimisme serta kekompakan.

10) Tari Tarek Pukat

Tari takek pukat terinspirasi dari para nelayan yang selalu menangkap ikan dengan bergotong royong dan membuat jala bersama sama bahu membahu. Kerja sama menjadi inti pokok dari tarian tradisional ini. Gerakan tarian tarek pukat ini penegrgik dan penuh semangat layaknya nelayan yang tengah melaut

11) Tari Ranub Lampuan

Tari Ranub Lampuan biasanya dipentaskan sebagai cara menyambut tamu terhormat serta pejabat yang sedang berkunjung ke wilayah Aceh. Tarian Ranub Lumpuan ditarikan oleh 7 penari perempuan dengan iringan musik tradisional Seurunee Kalee. Tangan penari memegang Cerana yang berisi ranub ( sirih), sirih ini kemudian akan dibagikan ke tamu undangan sebagai tanda penghormatan.

12) Tari Likok Pulo

Tarian Likok Pulo merupakan tarian yang juga berfungsi sebagai media dakwah Islam di era sultan Aceh. Tarian ini diciptakan oleh Ulama dari Arab yang telah menetap di daerah desa Ulee Paya. Tarian ini dibawakan oleh dua belas penari pria yang duduk rapat berlutut dengan posisi yang sejajar.

13) Tari Laweut

Tari Laweut merupakan tarian yang ditarikan oleh 8 penari wanita. Laweut merupakan potongan kata dari Saulaweut atau shalawat. Dalam pementasan tari Laweut biasanya didampingi seorang penyanyi. Syair yang dinyanyikan merupakan petuah petuah bijak. Yang unik pada tarian Laweut adalah tarian ini tidak menggunakan musik pengiring.

14) Tari Bines

Tari Bines merupakan tarian khas Gayo Lues yang umumnya ditarikan hanya oleh perempuan. Jumlah penari diharuskan genap, mulai dari 6, 8, 10, hingga 12 penari. Ketika dipentaskan, pada awal mula tarian , penari akan menari dengan gerakan lambat dan lambat laun bergerak cepat.

15) Tari Rapai Geleng

Tari Rapai Geleng berasal dari wilayah manggeng, Aceh Selatan. Tari Rapai Geleng umumnya dipentaskan oleh penari pria dengan iringan syair sarat norma dan nilai keagamaan. Tarian Rapai Geleng ini ditarikan oleh 11 atau 12 orang penari dengan masing masing penari membawa rapai (tamborin). Kata geleng pada tari ini merujuk pada gerakan kepala mengeleng ke kanan dan kekiri yang mendominasi gerakan tarian.

16) Tari Pho

Tari Pho merupakan tari simbol kesedihan yang berasal dari aceh. Tarian ini ditarikan oleh penari perempuan. Gerakan tari pho menunjukkan ekspresi kesedihan dan rasa duka cita. Pada jaman dahulu, orang yang memiliki kesedihan mendalam akan mengekspresikan kesedikannya tersebut dalam bentuk tarian.

17) Tari Guel

Tari Guel berasal dari wilayah kabupaten Gayo. Guel sendiri memiliki arti membunyikan. Tari Guel diiringi oleh musik tetabuhan dari alat musik gong, canang, memong dan gegedem. Tarian ini disajikan oleh dua kelompok penari, yakni kelompok penari pria dan kelompok penari wanita.

Demikianlah ulasan 17 tarian adat aceh. Semoga bermanfaat.

Tags: Seni, Tarian

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com