Loading...

20 Tips Membentuk Konsep Vintage pada Rumah Tinggal

List · 1 year ago
20 Tips Membentuk Konsep Vintage pada Rumah Tinggal

Ada beberapa orang yang suka akan barang-barang klasik yang berkesan vintage. Barang-barang antik tersebut kadang juga mempengaruhi seseorang untuk menginginkan rumah yang bergaya vintage juga. Biasanya, orang-orang tersebut akan menyulap rumah agar menjadi seperti museum vintage yang bisa mereka nikmati kapan saja. Lalu, bagaimana caranya untuk membentuk konsep vintage pada sebuah rumah tinggal? Berikut adalah beberapa tipsnya.

1. Gunakan material kayu

Material kayu memang mengesankan kesan yang klasik. Pilihlah material kayu untuk beberapa unsur di dalam rumah seperti kusen, lantai, atau lis plafond. Kayu tidak hanya akan memberikan kesan antik pada rumah, melainkan juga kesan seni yang tinggi.

2. Pilih warna cat dari spektrum cokelat

Agar kesan vintage lebih mudah masuk ke dalam pandangan visual, warna cat yang berasal dari spektrum warna cokelat sangat cocok digunakan. Anda bisa menggunakan warna putih, krem, cokelat muda, hingga cokelat tua untuk menonjolkan kesan vintage.

3. Gunakan perabot semi klasik

Perabot yang digunakan juga harus berkesan vintage. Pilih perabot-perabot yang mencirikan klasik, kuno, unik, dan masuk ke dalam jajaran perabot vintage. Perabot yang digunakan bisa berupa kasur, sofa, meja, kursi, bahkan sampai telepon di rumah.

4. Lebih banyak motif akan lebih vintage

Motif pada interior, baik itu yang berada dii plafond atau yang berada di dinding akan membuat ruangan lebih klasik dari pada ruang yang polos atau tidak bermotif. Maka, pemilihan motif juga harus disesuaikan dengan konsep ruangan.

5. Pilih tanaman yang bertajuk dan berdaun lebar

Daun lebar dan tajuk yang banyak memberikan kesan motif dari sebuah tanaman. Bunga warna-warni juga bisa dipilih. Pilih jenis tanaman yang mampu memberikan kesan klasik, seperti bunga-bungaan, tanaman sirih, atau tanaman rambar lainnya.

6. Gunakan vas bunga antik / klasik

Jika tanamannya sudah klasik, maka vas bunganya juga harus klasik. Pilih vas bunga antik yang sesuai bentuk dan modelnya untuk dijadikan unsur interior di dalam ruangan yang memiliki konsep vintage.

Baca juga: 10 Konsep Kenyamanan Arsitektur Nusantara untuk Ide Desain Rumah Modern

7. Motif lengkung pada jendela tidak menjadi masalah

Jendela yang memiliki kantilevel lengkung akan menunjukkan sifat klasik. Tidak masalah jika ada lengkungan pada jendela atau pada kantilevel jendela. Namun bentuknya tetap harus disesuaikan dengan desain rumah yang ada.

8. Gunakan daun pintu yang mengesankan vintage

Pilihan daun pintu vintage bisa berasal dari motif pada daun pintu. Bisa juga berasal dari handle pintu. Pilih saja handle pintu yang berkesan klasik. Juga, lengkapi dengan bentuk kunci pintu yang juga klasik.

9. Pasang benda pajangan yang vintage

Benda pajangan vintage bukan hanya mengesankan ruangan memiliki konsep klasik yang kuat, melainkan juga membuat ruangan menjadi unik karena benda pajangan vintage sering kali menarik perhatian tamu yang masuk ke dalam rumah.

Loading...

10. Gunakan pigura yang bermotif

Pigura yang bermotif adalah salah satu cara untuk memperkuat gaya klasik pada sebuah ruangan. Pilih pigura dengan motif tertentu yang sekiranya cocok dengan penataan interior yang Anda butuhkan. Pilih jug aukuran pigura yang pas.

11. Pilih jenis lukisan klasik

Luksian klasik, baik itu yang berbentuk lukisan nyata atau lukisan abstrak sangat cocok untuk dipajang di ruangan vintage. Ada banyak pilihan lukisan yang bisa dipajang. Bisa berupa lukisan mobil-mobil kuno, atau lukisan pedesaan dengan warga desa yang mengenakan baju klasik.

12. Gunakan jam dinding kuno

Jam dinding kuno sangat banyak bentuknya. Ada yang berbentuk telepon umum jadul, ada yang beupa jam dinding kayu yang memiliki dentang lonceng dan burung yang bisa muncul dari dalamnya. Pilihlah mana yang Anda suka.

13. Letakkan buku-buku kuno di tempat yang mudah dilihat

Koleksi buku-buku kuno dengan warna kertas yang sudah menguning justru akan memberikan kesan unik dan menarik dari ruangan Anda. Pajang koleksi buku tersebut sebagai bagian dari penataan interior rumah Anda.

14. Pilih sarung bantal sofa yang unik dan klasik

Sarung bantal klasik bisa diperoleh dari banyak hal. Bisa diperoleh dari gambar atau motifnya, atau bisa juga dari aksesoris tambahannya seperti adanya benang yang menjulur-julur (rumbai-rumbai) di tepi sarung bantal tersebut.

15. Gunakan lantai bermotif klasik

Lantai bermotif klasik seperti rumah-rumah retro era 80-an cocok untuk digunakan sebagai konsep penataan ruangan klasik. Selain motifnya yang banyak, warnanya pun juga beragam, sehingga akan ada lebih banyak pilihan keramik yang bisa digunakan.

16. Gunakan lampu gantung vintage

Lampu gantung vintage bukan hanya akan menjadikan ruangan memiliki kesan unik dan klasik, namun juga akan memberikan kesan mewah pada ruangan. Karena harga lampu gantung semacam ini juga tidak murah.

17. Pasang kipas angin kuno

Kipas angin kuno yang biasanya dipasang di langit-langit rumah kuno akan memperkuat tampilan vintage pada ruangan berkonsep klasik ini. Selain itu, kipas angin vintage akan memberikan kesejukan untuk penghuni rumah.

18. Gunakan jendela jalusi

Jendela jalusi seperti jendela-jendela dari rumah-rumah pada masa kolonial belanda akan memberikan kesan vintage. Selain itu jenis jendela jalusi juga akan mampu memberikan penghawaan alami pada ruangan karena lubang-lubang yang dimilikinya.

19. Pilih desain tangga klasik

Desain tangga juga bisa dipilih berdasarkan tangga dengan karakter klasik. Bisa dipilih dari bentuknya, warnanya, atau materialnya. Bisa juga ditambahkan aksen kayu-kayu untuk menambah kesan unik dan klasik pada tangga.

20. Gunakan railing balkon yang bermotif

Railing balkon yang bermotif bunga, sulur tumbuhan, atau motif lain akan memberikan kesan kalsik dan vintage yang sesuai dengan kebutuhan konsep vintage. Bisa juga dipilih dari warna yang bernuansa cokelat.

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Elsa F. Bena
Elsa F. Bena
0
Followers