close
Inilah 17 Kriteria Calon Suami Idaman, Apakah Kamu Sesuai Kriteria Tersebut??
Memiliki suami idaman adalah impian setiap wanita. Dimana suami idaman adalah teman perjalanan mengarungi bahtera rumah tangga bersama dalam suka dan duka. Sosoknya yang ideal akan membuat istri merasa nyaman, bahkan anak-anak pun akan merasakan sosok ayah yang teladan. Jadi tak ada salahnya sebelum menikah, para wanita sebaiknya melihat beberapa kriteria pada calon suaminya dan tentu juga diimbangi dengan menjadi wanita yang baik dan memantaskan diri untuk bersanding dengan lelaki ideal.

Memiliki suami idaman adalah impian setiap wanita. Dimana suami idaman adalah teman perjalanan mengarungi bahtera rumah tangga bersama dalam suka dan duka. Sosoknya yang ideal akan membuat istri merasa nyaman, bahkan anak-anak pun akan merasakan sosok ayah yang teladan. Jadi tak ada salahnya sebelum menikah, para wanita sebaiknya melihat beberapa kriteria pada calon suaminya dan tentu juga diimbangi dengan menjadi wanita yang baik dan memantaskan diri untuk bersanding dengan lelaki ideal.

 

Memiliki suami idaman berarti memiliki sosok pemimpin keluarga yang baik, pengertian dan perhatian, serta selalu menjaga kebersihan hatinya sehingga rumah tangga akan terasa tentram dan nyaman. Berikut 17 kriteria calon suami idaman :

 

1. Taat Beragama

17 Kriteria Calon Suami Idaman
Sumber : www.umi-online.com

Suami yang taat dalam menjalankan perintah agamanya, dan menjauhi segala larangan agama, akan tahu mana yang boleh dan tidak dalam ajaran agama. Sikapnya dan pemikirannya berdasarkan ajaran agama yang dianutnya. Bukan hanya menuruti hawa nafsu manusia yang tak terkendali. Sehingga suami yang taat beragama dan memiliki pemahaman ilmu agama yang baik akan terlihat dari akhlaknya yang juga. Dalam islam pun seorang wanita harus menikah dengan yang seiman, karena imamnya adalah lelaki soleh yang memimpinnya dalam rumahtangga yang sakinah mawaddah warohmah.

 

2. Bertanggung Jawab

Lelaki yang bertanggung jawab akan terlihat dari cara berpikir dan tutur katanya. Tidak mudah membuat janji, apalagi hanya rayuan yang tak berujung. Bertanggung jawab tak hanya untuk keluarganya, untuk dirinya dan masa depannya.

 

3. Romantis

17 kriteria calon suami idaman
Sumber : www.gelut.com

Sebelum menikah, sikap romantis ini tidak bisa dilihat. Karena bermesraan ketika pacaran bukanlah hal yang dibenarkan. Namun, bukan berarti seorang wanita tidak bisa menilai calon suaminya romantic atau tidak sebelum menikah. Semua bisa terlihat ketika lelaki tersebut lebih menjaga pandangan, dan juga gerakan kepada lawan jenisnya. Menjaga dirinya dan menjaga calon istrinya dengan tidak melakukan hal-hal yang dilarang agama.

 

4. Peduli dan perhatian

Sikap peduli ini adalah peduli terhadap kesehatan dirinya, tidak merokok dan menjalani gaya hidup yang sehat. Jadi, sebelum menikah seorang wanita bisa menilai calon suaminya apakah peduli terhadap dirinya atau tidak. Hal inilah yang menjadi penilaian kemudian ia akan perhatian juga pada pasangannya atau istrinya. Jika ia memahami hidup sehat, ia akan memberikan perhatian kepada istrinya untuk hidup sehat juga. Ketika memiliki anak pun ia menjadi ayah yang memahami kesehatan dan tumbuh kembang anaknya.

 

5. Pandai berkomunikasi

Pandai berkomunikasi disini bukan arti pndai bersilat lidah. Namun mampu menyesuaikan diri ketika berkomunikasi dengan teman, keluarga apalagi dihadapan orangtua.

 

6. Rajin dan Disiplin

Lelaki yang memiliki semangat yang tinggi akan masa depan memiliki pribadi yang rajin. Rajin beribadah, rajin bekerja dan juga menjalin silaturahmi. Disiplin juga akan waktu yang ada, tidak berlebihan dalam menjalankan aktivitas atau pekerjaan. Sehingga balance antara kerja dan keluarga nantinya.

 

7. Sopan dan Ramah

Sikap sopan saat ini begitu penting. Dimana etika dalam bertutur dan bersikap menjadi hal utama. Ramah dan mudah berbaur membuat lelaki seperti ini bisa beradaptasi dengan baik dimanapun berada.

 

8. Cerdas

Haus akan ilmu membuat lelaki tak pernah malas belajar. Ilmu kehidupan yang cukup luas dan perlu pemikiran yang bijak serta landasan yang kuat. Maka lelaki cerdas menjadi idaman ketika memimpin rumahtangga.

 

9. Memuliakan Wanita

Lelaki yang menghormati wanita, dan tahu memperlakukan wanita dengan penuh perasaan adalah lelaki yang baik. Tidak mempermainkan wanita dengan gombalan cinta apalagi memberikan harapan palsu untuk sebuah pernikahan yang tak kunjung datang. Lelaki yang memuliakan wanita adalah lelaki yang berani melamar ke orangtuanya, menikahi dengan cara yang baik dan memulai hidup rumahtangga dengan cara yang baik-baik.

 

10. Mandiri

Sikap mandiri sangat diperlukan oleh laki-laki. Sebagai pemimpin bukan hanya memberi perintah namun juga mampu melayani semua yang berada dibawah pimpinannya. Pemimpin sejati bukanlah yang banyak pelayannya. Lelaki yang mandiri, maka tidak akan tergantung pada istrinya kelak. Apa-apa bertanya pada istrinya, lupa menaruh benda-benda apalagi sampai semua kebutuhannya harus istrinya yang menyiapkannya.

 

11. Berasal Dari Keluarga yang Baik

Latar belakang keluarga memang sangat penting. Dimana interaksi dan dukungan keluarga dalam hal kebaikan akan membuat jalan berumahtangga menjadi lebih bahagia.

 

12. Sabar dan Pemaaf

Pandai mengelola emosi bagi seorang lelaki tak kalah pentingnya. Lelaki yang tidak mudah meluapkan amarah dan dapat menahan perkataan kasar ketika marah akan lebih bijak. Apalagi tidak cepat berbuat kasar. Selain memiliki sifat sabar yaitu memiliki sifat pemaaf karena pasangan bukan makhluk yang sempurna. Tetapi dengan menikah menyatukan dua orang yang memiliki kelebihan dan kekurangan dan saling melengkapi dan menyempurnakan.

 

13. Memberi Solusi dari setiap Perasalahan

Rumahtangga tak selalu berjalan datar. Terkadang ada badai, dan cobaan yang menerpa. Lelaki yang memiliki sifat meminpin dengan baik maka mampu memberi solusi dari setiap permasalahan.

 

14. Pantang Menyerah

Lelaki yang memiliki semangat pantang menyerah tidak membuat dirinya cepat putus asa dalam kegagalan. Baik masalah pekerjaan maupun kehidupan yang menimpanya. Semangat terus untuk berikhtiar yang terbaik. Mampu mendukung pasangannya ketika sedang berduka.

 

15. Memiliki Finansial yang sehat

Memiliki banyak harta dan asset tidak menjamin financial yang dimiliki sehat. Sehat disini ketika keadaan ekonomi calon pasangan bisa tersusun rapi antara income pribadi dan bisnis. Hingga ketika usaha terjadi kendala tidak kembali pada titik nol dan mengalami kebangkrutan yang membuat keluarga menjadi korban.

 

16. Humoris

Sikap humor ini akan membuat pasangan merasa nyaman. Tak merasakan kekakuan pada calon suaminya. Rumahtangga akan terasa hangat dan penuh senyum kebahagiaan.

 

17. Memiliki Visi Masa Depan Yang Baik

Lelaki yang memiliki visi masa depan yang baik tidak menyia-nyiakan masa mudanya hanya sekedar menghabiskan waktu di sembarang tempat. Kumpul dengan kawan yang tak mengenal waktu dan tak mau menyusun masa depan, hanya santai-santai dan nongkrong di pinggir jalan. Tetapi lelaki yang telah memiliki visi masa depan yang baik maka usia mudanya digunakan dengan penuh manfaat dan prestasi.

 

Itulah 17 kriteria calon suami idaman. Semoga para wanita dapat menemukan 17 kriteria yang didapatkan dari pasangannya kelak, yaitu suami ideal yang membangun rumahtangga penuh kebahagiaan.

Loading...
Artikel ini di tulis oleh Winda Sat kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Artikel Terkait