close
Mau Usaha Kuliner? 5 Peluang Usaha Kuliner Ini Bisa Jadi Pilihan
Usaha kuliner adalah usaha yang mempunyai prospek jelas dan menguntungkan. Sebab semua individu di manapun pasti membutuhkan makanan dan minuman setiap hari. Tidak heran jika semakin hari semakin banyak saja pengusaha-pengusaha yang memilih membuka usaha kuliner dibanding usaha lainnya.

Menjalankan usaha di bidang kuliner relatif gampang. Hanya dibutuhkan keterampilan dalam mengolah makanan atau minuman yang enak sudah menjadi awal yang sangat baik untuk memulai usaha satu ini. Dengan modal awal yang cukup kecil, tergantung jenis konsep usaha yang akan dijalankan, semestinya sudah mampu membuat Anda mendapat keuntungan yang lebih. Jika Anda pengusaha pemula, coba mulailah dengan usaha kecil sebelum memperluasnya.

Apalagi di tambah dengan lokasi yang menguntungkan; seperti dekat dengan tempat wisata misalnya, yang pastinya menargetkan para wisatawan yang berkunjung untuk datang ke tempat kuliner kita. Selain itu, tempat-tempat lain yang sangat berpotensi besar seperti dekat perkantoran atau dekat sekolah juga bisa menjadi pilihan yang menggiurkan.

Tetapi bagi Anda yang masih bingung ingin memulai usaha kuliner ini dari mana, coba simak dulu 5 Peluang Usaha Kuliner Yang Bisa Jadi Pilihan di bawah ini.

1. Usaha Membuat Makanan Snack Atau Cemilan Ringan

Semua orang menyukai snack. Baik anak kecil maupun orang dewasa menikmati makanan ringan ini untuk menemani waktu santai, menonton tv atau hanya sekedar duduk-duduk saja. Usaha snack ini bisa jadi pilihan yang perlu di coba, terlebih bagi Anda yang pada dasarnya sangat menyukai snack. Karena salah satu kunci sukses adalah menyukai apa yang dikerjakan.

Dan sebagai langkah awal, Anda bisa mencoba dengan makanan kecil seperti keripik kentang, kue kering atau makanan ringan lainnya. Akan lebih baik jika Anda sendiri memiliki keterampilan untuk membuat sendiri produk tersebut sehingga profit yang diperoleh akan lebih besar. Manfaatkan momen lebaran atau natal untuk meningkatkan omset dengan mempromosikan kue kering khas hari raya buatan Anda sendiri. Jika anda ada kemampuan dibidang ini jangan pernah disia-siakan.

2. Usaha Minuman Segar Atau Jus

Minuman segar atau jus pun bisa menjadi peluang usaha kuliner yang menjanjikan. Usaha ini sangat mudah untuk dijalankan. Anda bisa membidik pasar di kalangan remaja dan mahasiswa dengan membuat inovasi minuman atau beraneka jus dengan berbagai wadah yang unik, rasa yang unik dan nama yang membangkitkan rasa ingin tahu.

Selain itu, Anda juga bisa mempopulerkan kembali minuman-minuman tradisional seperti sari jahe, bajigur, atau bandrek dengan tampilan yang lebih modern. Dalam menjalankan usaha ini Anda harus pintar-pintar mencari tempat yang bagus, tempat yang mudah untuk dijangkau orang banyak, terutama kalangan pelajar & mahasiswa.

3. Menjual Aneka Gorengan

Kuliner satu ini bisa dibilang digemari oleh semua kalangan masyarakat dari berbagai usia. Apalagi gorengan terkenal dengan harganya yang murah, dan sangat cocok dinikmati dengan minuman hangat di sore hari.

Agar tidak terkesan monoton, buatlah gorengan dengan bentuk yang berbeda misalnya singkong goreng keju, pisang goreng berbulu, cireng beraneka bentuk, tahu isi pedas, dan sebagainya. Keunikan ini tentu akan mampu menarik perhatian para penyuka wisata kuliner.

4. Usaha Katering Rumahan

Usaha katering memang takkan pernah mati, seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat. Tingkat ekonomi masyarakat Indonesia kini juga mulai membaik serta budaya serba instan yang kini menjalar di masyarakat, terutama pekerja kantor dan mahasiswa. Sehingga membuat usaha kuliner katering semakin berkembang pesat.

Duhulu masyarakat kita jarang menggunakan jasa katering ketika mengadakan acara, tetapi berbeda dengan sekarang dimana masyarakat lebih memilih jasa ketering. Usaha ketering ini mempunyai prospek yang bagus, mengingat hampir semua masyarakat membutuhkan jasa ketering dengan alasan untuk mencari kemudahan, instan dan siap saji.

Anda tidak harus memulai bisnis rumahan katering ini dengan modal besar. Anda bisa memulainya dengan modal seadanya dan dengan alat – alat seadanya yang ada di dapur anda. Untuk biaya bahan baku anda bisa meminta DP atau uang tanda jadi atas pesanan makanan yang akan anda buat sehingga anda dapat menekan biaya modal pembuatan makanan tersebut.

Jika usaha katering anda semakin berkembang, tentu tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan usaha dengan skala yang lebih besar serta menyediakan juga alat -alat prasmanan, tarub dan lain lain.

5. Bisnis Warung Tenda Harga Mahasiswa & Karyawan

Anda pernah makan di warung tenda? Tempat yang sangat sederhana namun dengan menu masakan cukup variatif dan harga cukup bervariasi. Anda juga bisa mencoba bisnis kuliner ini.

Pada dasarnya, untuk menjalankan usaha ini cukup mudah, Anda cukup mencari tempat yang bagus, dekat dengan market konsumen dan mempunyai kemampuan dalam mengolah aneka makanan yang banyak diminati.

Nah, itulah 5 Peluang Usaha Kuliner Yang Bisa Jadi Pilihan. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang masih bingung memilih usaha ya...

Artikel ini di tulis oleh Akurokyu kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang
Loading...

Artikel Terkait