Tidak Terasa, Hal-Hal Ini Akan Memasuki Usia 20 Tahun di 2018
Jadi sedih kalau ingat kejadian yang terjadi di Indonesia

Tidak terasa kita sudah memasuki tahun 2018. Jika melihat ke belakang, sudah banyak peristiwa-peristiwa yang terjadi dan mempengaruhi hidup kita sehingga kita menjadi diri kita yang sekarang ini. Dari peristiwa penting, lagu dan film yang hits, serta orang-orang berpengaruh, banyak hal yang akan memasuki usia millenial di tahun 2018 ini. Penasaran kan dengan hal-hal yang terjadi 20 tahun lalu? Berikut ini daftarnya.

1. Kerusuhan Mei 1998


Credit: twitter @Nobodycorp

Kerusuhan yang terjadi di beberapa kota di Indonesia, terutama di Jakarta, ini masih meninggalkan luka yang mendalam bagi keluarga korban dan juga orang-orang yang mengalami secara langsung kejadian ini. Peristiwa ini diawali dengan tewasnya 4 orang mahasiswa Trisakti ketika sedang melakukan unjuk rasa tentang  kondisi ekonomi Indonesia yang saat itu sedang memburuk. Esoknya, mulai terjadi teror yang berujung penjarahan, penculikan, pembunuhan, dan kekerasan di beberapa kota di Indonesia yang mengakibatkan banyak korban berjatuhan. Tercatat lebih dari 450 orang meninggal akibat kejadian ini serta korban luka-luka yang tidak terhitung jumlahnya. Beberapa orang bahkan masih dilkabarkan hilang sampai sekarang. Peristiwa ini sekaligus mengakhiri masa orde baru di Indonesia yang ditandai dengan mundurnya Presiden Soeharto dari jabatannya.

2. Google


Credit: google.com

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1998, tepatnya ketika mereka menjadi mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Pada kuartal ke-3 tahun 2017, Google berhasil mendapatkan sekitar 370 miliar rupiah yang kebanyakan didapat hanya dari iklan saja. Memasuki bulan September 2018 nanti, Google yang selama ini menemani hari-hari kita akan memasuki usia 20 tahun.

3. Lagu “Baby One More Time”, Britney Spears


Credit: instyle.com

Generasi kelahiran tahun 80-an atau 90-an pasti familier dengan lagu Britney Spears ini. 20 tahun yang lalu, lagu ini begitu populer hingga diputar dan dinyanyikan berulangkali. “Baby One More Time” merupakan lagu debut Britney Spears yang waktu itu baru berusia 16 tahun. Selain lagu ini, beberapa lagu yang populer 20 tahun lalu antara lain I Don’t Wanna Miss a Thing (Aerosmith), La Copa de la Vida (Ricky Martin) yang merupakan lagu resmi Piala Dunia 1998, serta Iris (Goo Goo Dolls).

4. Film ”Armageddon”

Credit: amazon.com


Film yang dibintangi Bruce Willis serta Ben Aflleck ini sangat hits di tahun 1998. Menceritakan tentang bumi yang terancam akan bertabrakan dengan sebuah asteroid, film ini berhasil menjadi salah satu film dengan pendapatan terbesar di tahun 1998. Selain Armageddon, film lain yang berhasil menjadi hits antara lain Saving Private Ryan, There’s Something About Mary, dan Godzilla.

5. Natasha Wilona


Credit: waktuku.com

Aktris cantik ini baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-19 Desember tahun lalu. Desember 2018 ini, Natasha Wilona akan merayakan ulang tahunnya yang ke-20. Bukan hanya Natasha Wliona, ada aktris/aktor lain yang juga merayakan ulang tahunnya yang ke-20 tahun ini antara lain Aurel Hermansyah, Jaden Smith, serta Shawn Mendes.

6. Kereta Api Argo Wilis

Credit: bandung.merdeka.com


Kereta api rute Bandung-Surabaya PP ini akan memasuki usia 20 tahun pada November tahun ini sejak diresmikan pada tahun 1998. Tidak hanya KA Argo Willis, KA Argo Dwipangga rute Solo-Jakarta PP juga akan memasuki usia 20 di tahun ini, tepatnya pada bulan April.

7. Indonesia Corruption Watch (ICW)

Credit: neliti.com

Organisasi non-pemerintah yang dibentuk di tengah-tengah gerakan reformasi ini mempunyai misi untuk mengawasi serta melaporkan tindakan-tindakan korupsi yang terjadi di Indonesia. Saat ini, organisasi tersebut dikoordinasi oleh Adnan Topan Husodo, Ade Irawan, dan Agus Sunaryanto. Juni tahun ini, ICW akan memasuki usia 20 tahun.

8. iMac


Credit: 512pixels.net

iMac adalah komputer keluaran Apple yang pertama kali diluncurkan pada Agustus 1998. Sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, iMac sudah mengalami berbagai perubahan dari segi bentuk, prosessor, memori, dan juga sistem operasinya.

9. Harry Potter and The Chamber of Secrets

Credit: hp-lexicon.org

Tidak terasa, sudah 21 tahun berlalu sejak buku Harry Potter pertama kali diluncurkan di Inggris, tepatnya pada tahun 1997. Seri ke-2 nya yaitu Harry Potter and The Chamber of Secrets diterbitkan 1 tahun kemudian, yaitu pada bulan Juli 1998. Memasuki tahun 2018, novel ini akan berusia 20 tahun.

10. Dawson’s Creek


Credit: nepascene.com

Dawson’s Creek adalah serial TV yang hits dari tahun 1998 sampai 2003. Serial yang meceritakan tentang persahabatan para remaja ini berhasil melambungkan nama Katie Holmes sebagai salah satu pemeran utamanya. Dan tidak terasa tahun ini Dawson’s Creek akan memasuki usia 20 tahun.

Baca juga :


Artikel ini di tulis oleh Farah Naja kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang
Loading...
loading...

Artikel Terkait

close