6 Manfaat Luar Biasa dari Kurma Muda

Manfaat 1 month ago
6 Manfaat Luar Biasa dari Kurma Muda

Buah yang memiliki nama latin Phoenix dactylifera ini memang identik sebagai hidangan berbuka puasa. Teksturnya yang kenyal, manis dan mudah dicerna membuat siapa saja menyukainya. Tak heran jika saat bulan puasa tiba, banyak yang kemudian menjajakan kurma. Meski didatangkan jauh dari negeri Arab, buah ini tetap segar dan nikmat jadi santapan. Selain dikonsumsi langsung, banyak juga yang mengolahnya jadi penganan seperti kue ataupun minuman.

Tak hanya nikmat, buah kurma juga diketahui memiliki kandungan gizi tinggi. Sejumlah zat protein, vitamin dan mineral terkandung dalam buah kurma. Menariknya, tak hanya buah kurma mengkal yang memiliki khasiat, buahnya yang masih muda pun ternyata memiliki banyak manfaat. Meski masih jarang diketahui orang, rupanya sudah banyak juga pedagang yang menjajakan buah kurma muda ini. Beberapa produsen bahkan mengolahnya menjadi obat herbal agar lebih mudah dikonsumsi.

Buah kurma muda teksturnya tidak seperti kurma yang sudah mengkal. Jika kurma mengkal sifatnya basah dan lengket, kurma muda lebih krenyes, rasa sepat dan pahit mendominasi. Daging buahnya pun masih putih dan keras seperti buah salak. Kulit kurma muda umumnya berwarna hijau ataupun kuning. Ada pula kurma setengah mengkal  yang teksturnya lebih lembek seperti sawo. Kurma setengah mengkal ini kulitnya berwarna merah. Berbeda dari kurma hijau dan kuning, kurma merah ini rasanya sudah lumayan manis.

Tidaklah sulit mendapatkan buah kurma muda, walaupun ketahanannya tidak seperti kurma mengkal yang sudah dikeringkan. Harganya pun cukup terjangkau. Anda bisa menikmati segarnya kurma muda lewat titipan kerabat yang hendak pulang dari umroh. Sudah banyak pula yang menjualnya secara online atau jika Anda ingin yang lebih praktis kini sudah ada kemasan ekstrak kurma muda yang menyerupai obat. Namun tentu saja sensasi menyantapnya akan jauh berbeda dibanding buah kurma yang masih segar.

Kerap diburu sebagai oleh- oleh umroh dan haji, apa saja sebenarnya manfaat kurma muda? 

1. Mencegah Resiko Perdarahan pada Ibu hamil

Selain memiliki kandungan vitamin dan mineral, buah kurma muda ternyata juga mengandung  hormon yang sangat baik untuk kesehatan janin dan ibu hamil. Hormon ini dikenal dengan nama “biostin”, dimana fungsinya dapat menjadi penggerak dari peristaltic di dalam jaringan darah dan rahim. Ibu hamil yang rutin mengkonsumsi buah kurma muda akan mengurangi resiko perdarahan pada saat persalinan.

2. Untuk Kesuburan

Buah kurma muda sangat dianjurkan dikonsumsi bagi pasangan yang belum memiliki keturunan. Buah ini rupanya mengandung sejumlah zat yang dikenal ampuh meningkatkan kesuburan dan vitalitas pasangan suami istri. Bagi pria, dapat mengkonsumsi buah kurma muda yang kulitnya berwarna hijau. Sedangkan bagi wanita dapat memilih kurma berkulit merah yang kaya akan mineral, kalsium, dan zat besi untuk kesuburan. Kandungan zat besi juga sangat baik bagi ibu pasca melahirkan. Buah kurma berkulit merah ini bermanfaat untuk mengembalikan energi di masa nifas.

3. Meningkatkan Produksi ASI

Konon anak bisa tumbuh sehat berawal dari pemberian ASI yang cukup. Tak heran jika banyak yang menganjurkan agar seorang Ibu memberi ASI hingga 2 tahun. Ajaibnya, ASI eksklusif dapat menjadi bahan makanan satu- satunya bagi bayi hingga usia 6 bulan pertamanya. Banyak ibu yang berusaha sekuat tenaga agar sang anak mendapat ASI eksklusif sebaik mungkin. Sayangnya tidak semua ibu dapat memperoleh ASI yang cukup selama masa menyusui.

Loading...

Faktor makanan dan lingkungan kerap mempengaruhi produksi ASI. Namun tidak semua makanan baik bagi ibu menyusui, bahkan beberapa makanan pantang bagi mereka. Selama ini banyak yang memilih daun katuk sebagai ASI booster. Namun tak hanya daun katuk, ternyata buah kurma muda juga memiliki manfaat luar biasa bagi ibu menyusui. Oksitosin yang terkandung pada buah ini dikenal ampuh sebagai zat yang dapat meningkatkan produksi ASI.  

4. Mencegah Penyakit Mematikan

Penyakit seperti kanker, jantung, strok kerap dianggap sebagai penyakit mematikan. Pengidapnya bahkan banyak yang berputus asa akan diambang kematian lantaran sulitnya penyembuhan dan biaya pengobatan yang sangat mahal. Untuk itu, sangat dianjurkan melakukan pencegahan sedini mungkin agar tidak terkena sejumlah penyakit tersebut.

Setiap orang bisa menghindari penyakit strok, jantung, ataupun kanker dengan menerapkan pola hidup sehat sedini mungkin. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sehat. Buah kurma pun bisa jadi alternatif untuk mencegah penyakit- penyakit ini.

Kurma muda dikenal ampuh mengusir penyakit dan menangkal racun. Salah satunya, kurma hijau dan kuning jenis ruhtob dapat membunuh kuman dan bakteri yang kerap menjadi pemicu kanker mulut. Rutin mengkonsumsi buah kurma muda pun dapat menyehatkan dan menyegarkan mulut. Buah kurma muda juga mengandung kalsium tinggi dan zat besi yang sangat baik untuk kinerja organ vital tubuh seperti jantung dan pembuluh darah.

5. Untuk Kecantikan 

Memiliki kandungan antioksidan tinggi dan sejumlah vitamin membuat buah yang satu ini dapat menjadi alternatif untuk kecantikan kulit. Antioksidan juga dikenal dapat mencegah penuaan dini. Kurma pun mengandung serat tinggi yang bagus untuk kesehatan organ pencernaan. Jadi, sangat cocok dikonsumsi bagi yang sedang menjalani program diet.

6. Untuk Kesehatan Mata

Buah kurma muda juga ternyata memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk daya penglihatan. Bagi yang ingin tetap sehat, terlihat cantik dan bugar bisa menjadikan buah kurma muda sebagai makan sehari- hari. Jika Anda kurang suka dengan rasanya yang agak pahit dan sepat, bisa diolah menjadi minuman atau dicampur dengan makanan lain yang lebih lezat.

Tags: Manfaat Kurma, Kurma Muda

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com