Membangun Bangkawan Alias Tradisi ‘Rumah Tengkorak’ Suku Dayak Di Kalimantan Utara

26-09-2016 (2 months ago)

Ada daerah utara pulau jawa yakni kalimantan daerah yang cukup terkenal dengan panasnya. Tradisi unik yang cukup menyeramkan dengan melakukan pembangunan rumah tengkorak.

Di indonesia ini memang terdiri dari banyak suku dan di dalam suku tersebut tentunya banyak tradisi di dalamnya. Keunikan dan ciri khas masing-masing setiap daerah. Salah satunya suku yang ada di daerah kalimantan adalah suku dayak, dayak juga memiliki keunikan diantaranya mulai dari gaya hidup, kebiasaan berperang hingga berburu kepala manusia, upacara adat dan kebiasaan-kebiasaan lainnya.

Dari beberapa suku dayak yang tersebar di seluruh indonesia ada salah kelompok dayak yang memiliki keunikan berbeda diantara lainnya. Suku dayak yang satu ini dikenal dengan memiliki kebiasaan membangun bangkawan atau dikenal dengan rumah tengkorak. Dalam artian bangkawan merupakan pada suku ini tengkorak manusia yang sudah meninggal seluruhnya akan disimpan selama berahun-tahun sebagai simbol keberuntungan bagi orang sana.

Dimana sebenarnya Letak Bangkawan?

sebenarnya Letak Bangkawan

Letak bangkawan sesungguhnya dimiliki oleh dayak dusun. Yang dimana mereka berada di kalimantan utara. Setiap suku dayak dusun mempunyai rumah-rumah kecil dan tak luput didalamnya terdapat beberapa tengkorak manusia entah itu tengkorak bagian keluarganya dan penduduk setempat. Konon katanya tengkorak-tengorak yang dikumpulkan ini memiliki banyak fungsi, sering menyebutnya dengan ragas, kinodou, dan kinoring.

Bangkawan merupakan salah satu simbol kehebatan dan kekuatan yang dimiliki desa yang mempercayai keyakinan tersebut. Semakin banyak jumlah tengkorak pada desa tesebut dieprcaya semakin kuat juga kekuatan dan kehebatan desa dalam mengalahkan musuh.

Asal Tengkorak mengapa di simpan dan membangun bangkawan

Asal Tengkorak mengapa di simpan dan membangun bangkawan

Mengapa tengkorak ini di simpan? Jawabannya adalah dimana melalui kebiasaan atau salah satu kegiatan suku dayak dalam berperang. Bahwa melakukan pemenggalan kepala kepada musuh yang dikalahkan merupakan sebagai bukti kemenangan peperangan tersebut. Dan kemenangan tersebut layak dirayakan dengan acara yang sangat meriah.

Pada saat para pahlawan yang telah mengalahkan musuh ini datang bersamaan dengan membawa penggalan kepala musuh. Biasanya para gadis desa akan menyambut kedatangan mereka dengan gembira dan raut muka yang senang. Kemudian, para pahlawan ini akan disambut oleh kepala suku mereka. Setelah itu akan diadakannya upacara pembersihan kesialan desa. Hal ini bertujuan untuk mengusir arwah dan makhluk-makhluk jahat yang ada saat berperang sehingga pahlawan yang masuk ke dalam desa dalam keadaan suci.

Sebagai lambang Keberkahan dan Keselamatan desa

Sebagai lambang Keberkahan dan Keselamatan desa

Pembangunan bangkawan berfungsi sebagai keberkahan dan keselamatan desa. Maka dilabangkan dengan bangkawan tengkorak-tengorak. Tengkorak ini diyakini memiliki kekuatan yang sangat besar. Kekuatan dari bangkawan ini membuat desa selalu aman da nyaman dari gangguan musuh dari luar. Anehnya lagi jika ada musuh mendekati desa, para tengkorak-tengkorak akan memberikan sebuah pertahanan bagi desa yakni dengan mengeluarkan suara-suara seram.

Selain keselamatan bagi desa, bangkawan juga memberikan keberkahan. Penduduk dalam desa akan merasa tentram, banyak rezeki, dan hasil pertanian yang melimpah.jika Bangkawan trsebut tidak ada, panen akan berkemungkinan gagal dan bencana besar akan terjadi.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel