close
Misteri Hantu Sumiati Khas Makassar Jangan Baca Kalau Tidak Berani
Kuntilanak, pocong, genderuwo tuyul dan kolong wewe sudah sering kita dengar, bisa dibilang mainstreamlah. Tapi sebelum membaca kontent ini secara keseluruhan siapkanlah mentalmu, siapa tahu kamu nanti nggak bisa tidur.

Hampir disetiap daerah di Indonesia memiliki urban legendnya masing-masing, mulai dari mitos, tahayul dan berupa legenda selalu saja di kisah tuturkan dari generasi ke generasi. Seperti halnya kota Makassar di daerah Sulawesi Selatan, orang-orang disana mengenal betul seorang wanita bernama Sumiati. Nama perempuan khas Jawa ini dikenal sebagai sosok hantu wanita sejak tahun 1990 hingga sekarang dan menjadi legenda hantu yang tidak akan pernah padam. Kamu udah pernah kenalan belum sama dia, jika belum yuk kenalan.

Hantu Sumiati Konon Kabarnya Menghantui Hampir Seluruh Penjuru Kota. Yang Tinggal di Makassar Siap-siap Aja Dia Bertamu ke Rumahmu


Dulu  di era tahun 1990-an ketika daerah Makassar masih bernama Ujungpadang, orang-orang disana seringkali menceritakan penampakan demi penampakan sesosok hantu perempuan ini. Awalnya nama Sumiati muncul pertamakali di sebuah daerah bernama Karaenta. saat itu ada seorang siswa kerasukan makhluk halus. Di tengah-tengah kesurupannya dia mencoba menunjukkan sebuah tempat, orang-orang yang menyaksikannya menuruti bocah yang tengah kesurupan itu dan menuju kesebuah hutan lindung di Karaenta dimana di hutan itu terdapat pohon beringin tua yang besar. Sejak itulah Sumiati kerap menampakkan diri di bawah pohon tersebut.

Namun faktanya beberapa orang di Makassar juga mengaku pernah melihat penampakkan hantu Sumiati di taman pusat kota Makassar. Ada juga kesaksian lain yang melihatnya di pinggir jalan saat lewat tengah malam dan diberbagai tempat di kota Makassar lainnya. Sudah mulai terasa belum merindingnya?.

Ada yang Bilang Sosok Sumiati Tidak Berbahaya Bilan dia Menampakkan Dirinya Mengenakan Pakaian Serba Putih. Sebaliknya, Bila dia Muncul Mengenakan Busana Serba Merah Berhati-hatilah


Ini hanyalah mitos atau legenda dimana kamu boleh mempercayainya boleh tidak itu hak perogratif masing-masing individu. Kabar yang beredar di masyarakat Makassar bila hantu Sumiati tidak akan berbahaya bila dirinya menampakkan diri berbusana serba putih, karena dia hanya ingin memberitahukan keberadaanya di tengah-tengah masyarakat. Dengan katalain dia minta perhatian gitu deh.  Sedangkan mitos lain mengatakan hantu Sumiati bisa jadi sangat berbahaya apabila dia berubah mengenakan pakaian serba merah, hal ini menandakan bahwa ada korban yang sedang dia incar. Manusia yang melihat sosoknya mengenakan pakaian berwarn merah akan mendapat musibah seperti : Kecelakaan, Kematian atau hal buruk lainya. Sekali lagi ini mitos atau legenda dimana kamu berhak percaya berhak tidak.

Mitos Populer Lainya Mengatakan Sesungguhnya Sumiati Hanya Meneror Orang-orang yang Pekerjaanya Sebagai Tukang Bejak dan Sopir Angkot. Kenapa ya?


Sejarah singkat hantu ini muncul tidak lepas dari kisah hidup Sumiati yang kelam, sehingga dia dendam pada orang-orang semacam itu. Kisah mistis Sumiati berawal ketika dia ingin mengubah nasib dirinya dan keluarganya dengan tinggal di kota Makassar, tidak ada yang tahu betul darimana asal Sumiati sebenarnya. Saat tengah berkenala di malam hari tanpa pengawalan, nasib sial mulai menghampiri dirinya. Suamiati berjalan di malam hari lalu disekap oleh sekelompok pemuda yang kebetulan bertemu dengannya dijalan, meski sudah berteriak minta tolong tapi apa daya tidak ada seorangpun yang mendengar teriakan sedih Sumiati.

Malam itu kehormatan Sumiati telah direnggut kehormatannya oleh sekawanan pemuda tidak bermoral, setelah diperkosa para pemuda menyeret Sumiati kedalam mobil dan bergegas membawa Sumiati ke sebuah tempat untuk dibuang. Dalam perjalanan Sumiati masih sadar dan tahu kalau pemuda tak bermoral itu merupakan tukang becak dan sopir angkot di Makassar.

Namun Tidak Disangka Sumiati Menemui Ajal di Dalam Perjalanan. Karena Kematian Tragis Inilah Hantu Sumiati Menjadi Tidak Tenang dan Menjadi Hatu Perempuan Paling Menakutkan


Pada poin sebelumnya sempat kami ceritakan kalau dia masih hidup di dalam perjalanannya, karena Suamiati tahu kalau dia akan dibuang Sumiati mencoba melawan sekapan dari para pemuda higga akhirnya salah satu dari pemudah tidak sengaja membunuh Sumiati. Menemui ajal tak wajar dan tidak dimakamkan secara layak mungkin Sumiati tidak terima. Arwahnya menjadi tidak tenang dan terus berkeliaran di kota Makassar mencari pemuda-pemuda yang pernah menghancurkan mimpi-mimpi masa mudanya itu. Oleh karena itu Sumiati sering mengincar pemuda-pemuda yang bekerja sebagai tukang becak dan sopir angkot yang memiliki persamaan dengan kawanan pelaku pembunuhnya.

Mitos terakhir, Sumiati lebih banyak meneror lelaki berbaju merah. Sebab, salah satu pelaku pemerkosa kala itu ada yang mengenakan baju merah dan dendamnya makin memuncak ketika polisi kala itu tidak berhasil mengungkap siapa saja pelaku pemerkosa Sumiati. Sejak saat itulah kot Makassar menjadi gempar.

Artikel ini di tulis oleh Gilang Ramadhan kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang
Loading...

Artikel Terkait