10 Hal Yang Sulit Dipelajari Tapi Memberikan Manfaat Besar Buat Hidupmu

16-09-2016 (2 months ago)

Belajar adalah hal yang terpenting dalam hidup kita, dan 10 hal ini sangat sulit untuk dipelajari dan dijadikankebiasaan sehari-hari. Jika kita bisa mempelajarinya maka manfaatnya sangat luar biasa bagi hidup kita.

Banyak orang yang mengatakan bahwa hal terbaik dalam hidup adalah kebebasan, tapi itu tidak berarti akan memakan banyak waktu, dedikasi, dan komitmen. Kita harus banyak belajar dalam hidup ini seperti halnya keterampilan yang mungkin kita akan kesusahan untuk mempelajarinya secara konsisten.

Berikut ini keterampilan yang susah dipelajari tapi sangat penting karena akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi hidup kita. Dan juga sebagai salah satu investasi terbaik yang pernah kita lakukan.

Manajemen waktu

Ada 24 jam sehari, dan tidak pedula bagaimana kamu mengaturnya dalam seharian. Bila kamu belajar manjemen waktu, kamu akan bisa mengendalikan waktu yang kamu miliki yang akan meningkatkan kemampuan kamu untuk lebih fokus. Ketika fokus kamu semakin meningkat, dan efisiensi juga semakin meningkat maka kamu tidak akan kehilangan momentum.

Kamu akan cepat bergerak dan menyelesaikan apa yang sudah menjadi pekerjaan kamu dengan cepat. Jika kamu bisa menguasai waktu yang kamu miliki kamu tidak akan merasakan kecemasan karena pekerjaan kamu tidak terselesaikan dalam waktu sehari.

Dan ketika kamu sudah menguasai manajemen waktu dengan baik, kamu akan merasa lebih tenang, santai, dan bisa mengendalikan hidup kamu. Dan ketika kamu harus membuat sebuah keputusan penting dalam hidup kamu, maka kamu akan sangat berhati-hati sehingga kamu dapat membuat sebuah keputusan yang terbaik.

Empati

Empati yang berarti kemampuan untuk memahami dan berbagi perasaan dengan orang lain. Terkadang orang bingung dengan yang namanya empati dan simpati, dan keduanya sangat berbeda. Empati adalah kunci keberhasilan, dan memiliki kekuatan untuk mengubah cara berpikir seseorang.

Sebagai contoh ketika ada seorang yang kehilangan pekerjaannya dan dia merasa sedih. Yang harus kamu lakukan adalah mengajak dia bertanya dan mengajukan pertanyaan yang tidak menyinggungnya serta benar-benar berusaha merasakan apa yang dia rasakan ketika kehilangan pekerjaan yang benar-benar berarti buat hidupnya.

Meminta bantuan

Ini adalah sala satu yang terpenting yang harus kamu pelajari. Terkadang kita merasa hal ini adalah tanda kelemahan ketika kita harus meminta bantuan, jadi kita lebih suka untuk mencoba melakukan segala hal dengan diri kita sendiri. Sejujurnya, meminta bantuan adalah sebagai tanda kekuatan. Berikut ini asumsi bahwa meminta bantuan adalah sebagai tanda kekuatan.

Asumsi 1 ; meminta bantuan adalah tanda kelemahan. Jika saya tidak bisa melakukannya sendiri, saya tidak harus tahu bagaiamana melakukannya, atau saya tidak memiliki keterampilan atau sumber daya untuk melakukannya.

Asumsi 2 ; membiarkan orang lain untuk membantu saya berarti kehilangan kendalai atas situasi.

Asumsi 3 ; jika saya menerima bantuan itu berarti saya harus membalasnya. Bagaimana jika saya tidak bisa membalasnya? Bagaimana jika saya tidak ingin membalas budi?

Asumsi 4 ; jika saya meminta dukungan dari orang lain, saya membebani mereka. Mereka sibuk seperti saya, jadi bagaiamana mungkin mereka punya waktu untuk membantu?

Asumsi 5 ; saya satu-satunya orang yang bisa melakukannya dengan cara saya. Lebih mudah dan lebih cepat bagi saya untuk melakukannya daripada mencari orang lain untuk membantu saya.

Ketika kamumeminta bantuan, maka kamu akan memberikan kesempatan bagi orang lain untuk menunjukkan talenta mereka, kapasitasnya mereka. Dan kamu akan lebih mudah untuk mempelajari hal baru.

Memberdayakan orang lain untuk lebih bersinar dengan kemampuannya dan kemudian kamu bisa belajar dari mereka. Dan ketika kamu meminta bantuan, itu akan menunjukkan bahwa kamu tidak sempurna. Dan akan lebih bisa menghargai kapasitas orang lain.

Konsistensi

Yang sering dialami adalah orang sudah menetapkan tujuan untuk diri mereka sendiri, tapi terkadang menjadi lupa akan tujuannya awal dan menjadi tidak konsisten. Atau bisa juga kita sudah menetapkan tujuan dan tujuan tersebut tercapai, pada akhirnya kita lupa bahwa kita harus tetap konsisten. Konsistensi sangat penting untuk menjaga segala kesuksesan yang sudak dicapai.

Mendengarkan

Mendengarkan sangat penting karena mencegah adanya miskomunikasi. Hal ini akan membuat apa yang disampaikan atau pesan yang disampaikan lebih jelas dipahami dan lebih menghargai orang yang sedang berbicara.

Mendengarkan adalah keterampilan yang diperlukan untuk segala jenis komunikasi. Mendengarkan adalah hal penting dalam kehidupan pribadi kamu, kegiatan sehari-hari, karir, dan juga lingkungan. Karena dengan memiliki kemampuan mendengarkan kamu tidak hanya menghargai orang yang sedang berbicara saja, tapi orang lain juga akan menghargai kamu sebagai pendengar yang baik.

Memikirkan urusan kita sendiri

Salah satu keterampilan yang harus kamu benar-benar pelajari karena ini sangat sulit untuk kamu kuasai. Sangat sulit terkadang bagi orang yang tidak mencampuri urusan orang lain. Dan kebanyak sangatingin tahu urusan orang lain, dan mengesampingkan kepentingan diri sendiri.

Ketika kamu sering mencapuri urusan orang lain, maka secara tidak langsung kamu sudah mempersilahkan orang lain untuk mencampuri segala urusan dalam hidup kamu. Dan terkadang kita merasa lebih mampu atau lebih baik ketika kita masuk dalan urusan orang lain.

Sangat baik buat kehidupan kamu jika kamu tidak mencampuri urusan orang lain. Dan kamu akan lebih merasakan damai dan hanya peduli dengan urusan kamu sendiri.

Jauhi Bergosip

Hal ini sangat sulit apalagi jika sudah menjadi kebiasaan, akan tetapi sangat penting untuk menahan keinginan untuk bergosip dan juga mendengarkan gosip. Banyak hal yang tidak bisa dipercaya yang berasal dari bergosip yang terkadang banyak cerita yang dipenuhi oleh drama.

Mungkin kita semua pernah dalam situasi dimana kita bergunjing tentang orang-orang di belakangnnya mereka. Dan sebagian dari kita melakukannya tanpa berpikir. Dengan bergosip tentang orang lain di belakang mereka, ini membuktikan bahwa kita tidak bisa dipercaya.

Jadi alangkah lebih baiknya, ketika kamu mendengar seseorang bergosip tentang seseorang sama kamu, sebisa mungkin kamu dengan hormat untuk meminta mereka berbicara tentang sesuatu yang lain.

Saat ini adalah yang terpenting

Terkadang kita melihat masa lalu dan ingin merubahnya atau ada penyesalan yang seharusnya kita tidak melakukannya ketika itu atau tidak mengatakannya ketika itu. Atau mungkin kita berpikir tentang masa depan terlalu sering hingga pada akhirnya kita melupakan masa sekarang.

Ketika kamu menghabiskan waktu untuk memikirkan masa lalu dan masa depan yang bahkan belum terjadi, akan merusak kemampuan kamu untuk dapat menikmati masa sekarang ini, atau masa saat ini.

Pengalaman adalah guru terbaik

Sangat penting bagi kita untuk tetap bertanggung jawab atas pikiran kita. Kita adalah produk dari pengalaman masa lalu kita dan itu bukan berarti bahwa masa lalu kita akan mencerminkan masa depan kita.

Mulailah setiap hari dengan hal yang baik, dan memahami bahwa setiap hari akan berlalu. Dan kita akan tumbuh menjadi seseorang yang kita inginkan.

Kemampuan berbicara

Salah satu hal yang mungkin menjadi bagian tersulit adalah kemampuan untuk berbicara di depan orang lain. Baik itu antar individu atau berada dalam forum. Beberapa ketakutan yang mungkin dialami oleh beberapa orang adalah takut berbicara karena ketidakpercayaan diri dan lain-lain, dan hal ini salah satu jenis fobia sosial.

Namun alasan yang paling mendasari ketika orang takut berbicaralah adalah adanya ketakutan dihakimi oleh orang-orang yang melihat dan juga mendengarkan. Dengan belajar berbicara di depan orang lain akan memberikan kamu dorongan kepercayaan diri yang lebih besar. Dan akan membuat kamu merasakan kenyamanan ketika berada di sekitar orang lain.

Jika kamu ingin menjadi seorang pemimpin baik di dalam runga lingkup yang kecil maupun besar, kamu harus belajar bagaimana berkomunikasi.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel