Merasa Tidak Bahagia? Ikuti Tips Berikut Untuk Merubah Kamu Menjadi Lebih Bahagia
“Kebahagiaan bukanlah sesuatu yang siap pakai. Kebahagiaan itu berasal dari tindakan kamu sendiri.” – Dalai Lama, so bahagia itu berarti harus kita upayakan.

Kamu tidak bisa membuat sebuah kebahagiaan menjadi sesuatu yang serba kebetulan atau tanpa kamu sengaja. Kebahagiaan membutuhkan sebuah komitmen dan kebahagiaan juga butuh upaya dari diri kamu sendiri.

Dan ketika kamu tidak begitu merasa bahagia, kebanyakan akan kamu penuhi dengan banyaknya keluhan. Bisa keluhan untuk dri kamu sendiri atau untuk orang lain. Dan menurut kamu sendiri apakah penting cukup untuk mengeluh saja? so daripada mengeluh tentang sesuatu hal, mendingan kamu ikuti saja tips berikut ini.

“Kebahagiaan bukanlah sesuatu yang siap pakai. Kebahagiaan itu berasal dari tindakan kamu sendiri.” – Dalai Lama

Memahami apa itu kebahagiaan

“Kebahagiaan itu bukan apa yang kamu miliki, atau siapa kamu, atau dimana kamu berada, atau apa yang kamu lakukan yang membuat kamu bahagia atau tidak bahagia. Kebahagiaan itu adalah apa yang kamu pikirkan.”  - Dale Carnegie

Kamu tidak bisa menganggap diri kamu bahagia jika kamu tidak mengerti apa itu arti kebahagiaan. Banyak orang yang tidak bisa melihat adanya garis perbedaan yang membedakan antara kebahagiaan dan ketidakbahagiaan. Mereka akan lebih cenderung menyalahkan keadaan mereka yang biasanya seperti hubungan tidak sehat, dendam  terhadap  seseorang, dan pengalaman yang tidak menyenangkan.

Tidak ada seorang pun yang tidak ingin bahagia, dan ini sebuah pilihan. Dan pilihan ini adalah pilihan yang bisa kamu buat. Dan semuanya bisa kamu mulai dengan membuat pilihan ketika ada hal-hal baik atau hal buruk yang terjadi pada hidup kamu.

Buang hal negatif dalam hidup kamu

Apa yang membuat kamu tidak bahagia? Belajar untuk menentukan apa yang membuat kamu bahagia. Mungkin saat ini kamu bekerja di sebuah pekerjaan dengan pekerjaan yang sama sekali tidak kamu sukai atau kamu tidak mencintai pekerjaan kamu. Atau bisa juga kamu dikelilingi oleh orang-orang yang kamu sendiri tidak menyukai mereka.

Apakah ketidakbahagiaan kamu itu karena hubungan yang tidak sehat, melakukan pekerjaan yang tidak kamu suka, atau dikelilingi oleh orang-orang negatif. Jadi carilah faktor yang menyebabkan kamu merasa tidak bahagia dan coba lah untuk membuang semua hal yang menjadi penyebab kamu tidak merasa bahagia.

Mencari hal-hal positif dalam hidup kamu

“Itu adalah awal yang luar biasa, mampu mengenali apa yang membuat kamu bahagia”. – Lucille Ball

Setelah membuang hal-hal negatif yang membuat kamu tidak merasa bahagia, sekarang cobalah untuk mencari hal-hal positif dalam hidup kamu. Mungkin saja itu tidak pasti atau tidak jelas, tetapi kebahagiaan itu ada.

Mungkin kamu bisa mencoba untuk menghabiskan waktu untuk menyendiri, mencoba untuk memiliki tubuh yang sehat atau memiliki partner pendukung. Selalu ada sesuatu yang positif yanbg layak jadi perhatian kamu. Tidak peduli apakah itu akan terlihat buruk, selalu lihat sisi positifnya saja dari semua yang telah kamu lakukan untuk menemukan kebahagiaan.

Menghargai masa kini

Sering kali menghabiskan energi positif dan juga kebahagiaan kita ketika terlalu khawatir dengan masa depan. Ini hal yang wajar dan mudah untuk dipahami karena kita hidup dimana kita tidak mungkin untuk tidak memikirkan masa depan dan melihat kembali masa lalu.

Tetapi semua itu bergantung pada perspektif kita. Akan lebih baik jika kita lebih memfokuskan diri pada saat ini atau masa kini. Karena masa kini menawarkan banyak keajaiban dalam hidup kita. Lalu kenapa kita memikirkan hal yang kita sendiri terkadang tidak bisa mengendalikannya.

Membuat rencana untuk bahagia

"Kebahagiaan adalah ketika apa yang kamu pikirkan, apa yang kamu katakan, dan apa yang kamu lakukan berada dalam harmoni." – Mahatma Gandhi

Ketika kamu telah mulai mengambil langkah-langkah kecil untuk mencari arah demi mencapai kebahagiaan, kamu harus tetap berpegang pada rencana yang telah kamu buat dan yang terbaik buat kamu untuk membuat kamu menjadi bahagia.

Dan kamu tidak boleh mencarai alasan ataupun ragu dengan semua rencana yang telah kamu buat sebelumnya. Dan apapun rencana kamu untuk membuat diri kamu bahagia, apapun yang kamu lakukan. Dan yang paling penting pastikan bahwa kamu memahami apa yang kamu lakukan untuk menggapai tujuan akhir kamu. Pemahaman ini akan tetap menjaga semangat kamu demi tujuan akhir.

Aktif dalam kegiatan positif

Banyak orang yang menunda-nunda atau hanya ada di angan-angan saja dan juga tidak melakukan sesuatu. Namun memiliki rencana dan mimpi saja itu masih tidak cukup. Kamu harus aktif dan mengejar apa yang sudah menjadi keinginan kamu.

Kegiatan positif cukup banyak yang bisa kamu lakukan. Mungkin bisa kamu mulai hal positif yang paling kamu sukai. Misal berolahraga, dan lakukan hal tersebut secara rutin karena dengan berolahraga saja bisa membuat kamu merasa bahagia. Atau mungkin bisa dengan hal-hal positif lainnya seperti hang out bersama teman-teman, dan lain-lain.

 

Artikel Terkait