Saat Tuhan Hanya Menitipkan Bukannya Memberikan
Segala sesuatu hakikatnya adalah milik Tuhan dan kita hanya diijinkan untuk merawatnya karena Tuhan hanya menitipkan sementara di dunia ini. Dan pada akhirnya kita semua akan tahu siapa sang pemilik sejati, apa yang ada sekarang akan kembali padanya sekalipun kita sangat ingin untuk memiliki.

Dalam melewati perjalanan hidup yang sementara di dunia ini kita akan disibukkan dengan menghadapi seribu satu pilihan yang akan menentukan arah perjalanan hidup kita selanjutnya. Manusia sekalipun tidak akan pernah tahu perjalanan hidup yang selanjutnya yang harus ia tempuh. Tuhan telah menuliskan perjalanan hidup kita hingga kisahnya berakhir dengan kita sendiri yang akan menentukan akhirnya akan berakhir bahagia ataukah malah berakhir sebaliknya.

Di sisi lain manusia harus terus berusaha untu mendapatkan hasil terbaik itu. Ingatlah bahwa kebahagiaan dan kesuksesan yang diraih tidak lepas dari sebuah perjuangan panjang dengan mengorbankan berbagai hal dalam hidup kita. Rasa lelah pada raga, mengorbankan perasaan, dan pemikiran adalah seragkaian perjuangan yang memang harus terlewati untuk memperoleh hal yang kita inginkan untuk diwujudkan dalam kehidupan kita. Tetapi kembali lagi bahwa kesuksesan, kebahagiaan, kegagalan, dan keterpurukan yang dialami seseorang merupakan hak prerogative Tuhan untuk dapat menentukan segala sesuatunya.

Tiada seorang manusia pun yang dapat mengingkari kehendaknya. Dari poin ini kita dapat menerapkan kepada pribadi kita masing-masing bahwa segala sesuatu hakikatnya adalah milik Tuhan dan kita hanya diijinkan untuk merawatnya karena Tuhan hanya menitipkan sementara di dunia ini.

Sejatinya sebagai manusia biasa kita juga hanyalah mahluk Tuhan yang tak memiliki suatu apapun dan juga tidak memiliki kuasa daya apapun tanpa ijin dan pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa. Namun kesalahan dari manusia adalah terkadang mereka melupakan hakikat diri mereka sendiri itu siapa. Mereka terkadan tidak sadar dan merasa superior bahwa mereka mampu melakukan segala sesuatu dengan daya dan kemampuan mereka sendiri.

Manusia terkadang keras kepala dengan apa yang telah menjadi milik mereka, merasa bahwa apa yang sekarang melekat pada kehidupannya adalah hal yang pantas untuk mereka milki padahal semuanya adalah fana titipan Tuhan yang sifatnya sementara. Inilah yang menjadikan manusia lupa diri dan bahkan lupa akan mengingat kepada sang Penciptanya. Jangan sampai kita terbuai akan dunia yang sementara hingga kita menyesal dengan kisah hidup kita yang berakhir sengsara, kita akan menutup kisah perjalanan hidup kita dengan akhir cerita yang mengecewakan.

Baca Juga: Untukmu yang ditinggalkan ibu untuk selamanya

Bukankah kita semua tak ingin itu semua terjadi? Disinilah peran logika dan akal pemikiran yang Tuhan berikan agar kita selalu tersadar akan siapa yang sebenarnya memiliki kuasa. Terjebak dalam permainan palsu yang sebenarnya hanyalah sandiwara dunia adalah hal yang menyakitkan bukan?

Namun dari semuanya tidak bisa dipungkiri bahwa manusia hanyalah mahluk biasa yang terkadang terlalu mengedepankan rasa tanpa menilik dari logika. Jika kita sudah terlanjur dititipkan sesuatu oleh Tuhan kita akan merasa bahwa semua itu adalah pemberian Tuhan yang akan menjadi milik kita selamanya. Ketika tiba saatnya Tuhan mengambil kembali yang dititipkan kita akan merasa kehilangan yang amat sangat dari kehidupan kita.

Inilah manusia, sakit yang dirasakan terkadang membuat kita menyalahkan siapapun yang ada namun kita sendiri yang tidak tersadar bahwa yang ada selama ini adalah hanya sebuah titipan Tuhan, bukannya milik kita. Bahkan semua yang ada di dalam diri kita sendiri hakikatnya adalah milik Tuhan dan akan kembali kepada Nya kelak suatu saat pada waktu yang telah ditentukan. Pada akhirnya kita semua akan tahu siapa sang pemilik sejati dan apa yang ada sekarang akan kembali padanya sekalipun kita sangat ingin untuk memiliki.

Artikel ini di tulis oleh Andri Maulana kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Artikel Terkait