Dua Faktor Sukses Dalam Islam

Motivasi 10 months ago
Dua Faktor Sukses Dalam Islam

Dua hal yang akan mengantar kita kepada tujuan, kepada cita-cita, kepada kesuksesan, yaitu usaha maksimal dan kehendak Allah. Hasil-hasil terbaik hanya dapat dicapai dengan usaha terbaik, dengan kinerja terbaik. Mintalah melalui doa agar Allah memperkenankannya.

Dalam kajian ilmu kalam, kajian theologi Islam, ada beberapa pandangan mengenai nasib, tiga diantaranya adalah pandangan kelompok Qodariyah, Jabbariyah dan Ahlussunah wal jamaah.

Dalam pandangan Qodariyah, nasib manusia ditentukan hanya oleh usaha manusia semata. Dalam pandangan Jabbariyah, nasib manusia semata-mata hanya ditentukan oleh Allah saja. Diantara dua yang ekstrim ini ada pandangan Ahlussunah wal jamaah, bahwa nasib manusia ditentukan oleh dua hal, dan saya sering menyebutnya dengan “two success factor in Islam”, dua faktor sukses dalam Islam, yaitu usaha manusia dan kehendak Allah, bertemunya dua faktor inilah yang menjadi nasib manusia.

Apa yang kita yakini, akan berpengaruh terhadap cara kita berfikir, berpengaruh terhadap cara kita bersikap dan berpengaruh terhadap cara kita bertindak, yang pada akhirnya akan menentukan hasil apa yang akan kita peroleh.

Loading...

Meyakini hanya usaha kita yang menentukan nasib kita, akan menjadikan kita sangat bersemangat, namun melupakan Allah yang memberikan hasil akhir dari setiap usaha kita, karenanya kita akan mudah kecewa, mudah berputus asa dan mudah frustasi apabila hasil yang kita inginkan tidak tercapai.

Meyakini hanya kehendak Allah yang menentukan nasib kita, akan mendorong kita untuk lebih bersemangat dalam beribadah dan berdoa memohon kepada-Nya, namun akan menurunkan semangat kita untuk berusaha maksimal, karenanya kita akan mudah untuk menyalahkan takdir, menyalahkan Allah apabila tujuan kita tidak tercapai.

Meyakini adanya faktor usaha kita dan faktor kehendak Allah dalam nasib kita, akan mendorong kita untuk senantiasa berusaha maksimal, melakukan usaha terbaik dan disisi lain akan membuat kita semakin dekat dengan Allah dan selalu berdoa kepada-Nya. Sehingga apabila tujuan kita belum tercapai, kita tidak mudah bersedih hati, tidak mudah kecewa, karena yakin Allah akan menjawab semua usaha dan doa kita pada waktu yang tepat menurut-Nya dan bila tujuan tercapai, kita akan senantiasa bersyukur dan mengagungkan nama-Nya.

Tags: #sukses, Motivasi, Motivasi Diri, Islam, Motivasi Islami, Semangat, Bahagia, Sedih, Galau

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com