Yang Kamu Lakukan Ketika Patah Hati

Motivasi 1 year ago
Yang Kamu Lakukan Ketika Patah Hati

Siapa yang tak pernah patah hati? Barangkali semua orang di dunia pernah merasakan namanya patah hati. Ini manusiawi, patah hati kerap kali menjadi titik di mana kita melihat dunia secara berbeda. Di sana akan muncul sebuah rasa pedih, amarah, kebencian terhadap seseorang. Atau bahkan terhadap keadaan. Patah hati bisa mengubah pribadi seseorang, dan tak sedikit teruntuk mereka yang patah hati, tahu apa yang harus dilakukan.

Di sini, saya akan memberi saran. Bukan berarti saran ini benar dan pantas diikuti, namun, saya hanya ingin berbagi pengalaman. Saya pernah patah hati, pernah merasa dunia ini seolah sudah berubah dan terbalik 180 derajat. Siapa yang bisa disalahkan atas kejadian ini? Apakah waktu? Apakah orang lain? Apakah diri sendiri? Patah hati selalu bisa menemukan korban untuk dapat disalahkan. I know you were agree right now

Jika kamu sedang patah hati, cobalah untuk menerimanya. Terima rasa sedihmu itu, percayalah bahwa semua akan membaik seiring berjalannya waktu. Saya tahu, kamu merasa ini tidak adil. Saya tahu, kamu merasa benar dan tidak berhak merasa patah hati. Namun memang terkadang, hidup selalu begitu. Ia selalu bisa menempatkan kita pada sebuah tragedi yang akan kita kecam dan tak bisa kita lupakan sampai bertahun kemudian.

Maka itu, biarkanlah dirimu menerima semua rasa sedih itu. Saya tahu, rasanya pasti tak enak. Dan kamu merasa diinjak-injak oleh cinta. Kamu merasa bahwa tak ada lagi yang tersisa, yang kamu harapkan berhenti, yang kamu inginkan tak terpenuhi. Kamu menderita sementara orang yang kamu cinta, ia sedang merajut kisah bahagia. Saya tahu, hatimu terluka. Saya tahu bahwa ada lubang kosong yang kamu harap bisa tertutup atau terisi dengan orang yang baru pada esok hari. Saya tahu bahwa kamu sendiri sadar bahwa itu tidak mungkin, lantas kamu harus tertidur sepulas-pulasnya, membiarkan tubuh dan pikiranmu beristirahat sejenak. Barangkali itu adalah cara paling sehat untuk menyembuhkan luka.

Ingat, semua ini harus terlewati.

Saat bangun lantas menjalani hari, kamu tahu ada yang berbeda. Beberapa hari kemudian kamu barangkali akan menangis, lantas mencari pelampiasan lain. Yang perempuan barangkali terus-menerus mengurung diri di dalam kamar dan tidak nafsu makan, yang laki-laki mencari alkohol atau rokok sebagai pengalihan. Ini normal. Kamu bisa memilih caramu sendiri. Bebaskan kamu untuk melakukan apa saja yang bisa membuatmu puas. Melamun barangkali adalah salah satu cara yang sering dilakukan, dan tentunya, hal itu menimbulkan kerinduan. Lantas kemudian di titik inilah kamu sadar, bahwa kamu ternyata kesepian. Kamu sendirian.

Saya tahu, bahwa rindu dan kesepian adalah sebuah hal yang tidak mengenakkan. Ia kombinasi yang cukup mematikan untuk membuat luka di hatimu semakin menganga.

Setelahnya barangkali kamu akan melakukan hal yang tidak seharusnya dilakukan untuk orang yang patah hati. Adalah mencari tahu. Saya juga tahu bahwa di titik ini kamu akan mulai untuk mencari tahu. Kamu akan membuka sosial medianya, lantas mencari tahu bagaimana kabarnya, dia sedang dekat dengan siapa, apakah dia merindukanmu juga. Saya tahu kamu pastinya akan melakukan hal ini. Dan kamu tidak salah, ingat, ini normal. Kamu memang patah hati, tapi itu bukan berarti kamu harus terdiam merenungi semuanya dan tak berbuat apa-apa. Kamu berhak untuk mencari tahu, meski pada akhirnya semakin membuat dirimu terluka. Semua ini memang harus terlewati.

Kemudian kamu akan tahu bahwa hal ini tak bisa kamu hadapi sendiri. Kamu akan coba untuk bercerita pada teman-teman dekatmu, mencari pembelaan atas tragedi yang menimpamu. Saya tahu, bahwa kamu mengharap temanmu mendukungmu. Saya tahu bahwa di titik ini kamu akan merasa rendah sebagai manusia. Kamu merasa benar, namun malah mendapat perlakuan tidak adil. Kamu merasa baik-baik saja, but in the inside, you hurt like a piece of shits.

Selanjutnya adalah kamu akan merenung panjang. Kamu akan pergi ke tempat-tempat tertentu untuk menyendiri. Barangkali kamu akan pergi ke stasiun, bandara, coffee shop atau datang ke tempat di mana ada memori indahmu bersama dia. Kamu akan mengenang, kamu akan berpikir lebih dalam dan tenang dalam menghadapi patah hati ini. Kamu akan mulai menyalahkan. Saat ini, barangkali kamu akan menyalahkan dia. Setelah puas menyalahkannya, kamu akan mulai menyalahkan waktu dan keadaan. Bahkan kamu pun merasa Tuhan tidak memberimu keadilan. Setelah itu kamu akan mulai menyalahkan diri sendiri.

“Oh, mungkin ini salah saya.”

Loading...

“Oh, mungkin ini yang terbaik untuk kami berdua.”

Lantas kamu akan memendam pedih di hatimu. Kamu akan membenci dirimu sendiri atas apa yang telah kamu lakukan. Ternyata patah hati ini terjadi karena ulahmu. Ternyata kamu sendiri yang memilih untuk terluka. Kamu tidak salah, ini normal. Semua memang harus terlewati.

Kamu akan pulang ke rumah setelahnya, merenungi semua kesalahan-kesalahan. Saya tahu, di sini pasti akan jeda panjang untuk dirimu menyembukan diri. Butuh waktu berapa lama untuk kamu menyendiri, saya tidak tahu. Tapi yang jelas, kamu memang sedang ingin sendiri. Kamu berusaha untuk memaafkan semuanya, jeda ini kamu pergunakan untuk memperbaiki apa yang telah menjadi kesalahanmu. Bisa juga kamu tidak melakukan apa-apa. Ada yang sembuh hanya dalam kurun waktu satu bulan, ada pula yang bertahun lamanya. Semua memiliki cara sendiri dalam menghadapi patah hati. Ingat, ini normal.

Kemudian kamu akan berusaha untuk ikhlas. Kamu akan mulai mencari rutinitas-rutinitas baru, mencari teman-teman baru, atau bahkan mencari ruang lingkup baru. Kamu akan berusaha agar dia jauh dari duniamu. Kamu akan membutuhkan dukungan, dan saat inilah saat di mana kamu memiliki teman. Ia akan menguatkanmu, mendengarkanmu, menemanimu, bahkan menghujat dirimu dengan kata-kata kasar seandainya kamu berbuat hal yang melukaimu lagi. Ini normal. Teman adalah kunci mengapa kita bisa cepat pindah ke lain hati.

Setelah kamu merasa menemukan duniamu yang baru, kamu akan mulai lagi belajar tersenyum secara tulus. Kamu akan ikhlas menerima semuanya lantas tak sabar diri ingin melupakannya. Ini normal, dan kamu memang harus begitu. Barangkali kamu akan mulai lagi terbuka kepada orang-orang baru, mau mengenal mereka dengan harapan lubang di hatimu bisa terisi lagi. Dan kamu pun akan sadar bahwa hidup akan terasa percuma bila menangisi sosok yang sama. Hidup akan terasa hambar jika kita sedih karena merasa sendirian selamanya.

Kamu akan tersenyum lebih banyak dari biasanya, menerima orang baru tersebut untuk masuk ke dalam hidupmu yang kemudian menjadikan ia rumah untuk pulang. Bukan hanya singgah.

Saat inilah kamu sudah pindah ke rumah yang baru. Ingat, jika kamu pindah, jangan membawa kesalahan yang kamu lakukan di rumah yang lama. Rumah ini baru, ia masih mudah tergores. Sementara waktu, lebih baik kamu simpan masa lalu untuk dirimu sendiri. Nikmatilah tiap-tiap kebersamaan yang terjadi.

Barangkali kamu akan bahagia. Barangkali luka di hatimu akan disembuhkan olehnya. Carilah orang lain. Pengganti adalah cara paling mudah untuk pindah hati. Yang terpenting, kamu tidak boleh terlalu lama sendirian.

Seperti saya.

Tags: Cinta Dan Patah Hati, Sendirian, Kesepian, Terluka, Kecewa

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com