MotoGP Inggris 2016 : Menilik Peluang Rossi, Marquez, Dan Lorenzo Di Sirkuit Silverstone

01-09-2016 (3 months ago)

Di Dunia MotoGP lagi hebohnya di kalangan masyarakat, mengingat tragedi musim lalu antara Valentino Rossi dan Marc Marquez, Sekarang banyak yang menantikan aksi-aksi para jagoan tersebut...

Valentino Rossi berada di peringkat dua klasemen sementara MotoGP 2016 dengan selisih 6 poin dibandingkan Lorenzo yang terdorong ke posisi tiga. Sementara itu, jarak yang lebar terpaut antara pemegang puncak klasemen, Marc Marquez, dan Rossi, yakni 53 poin. Dengan demikian, pertandingan di sirkuit Silverstone dalam MotoGP Inggris 2016 kali ini dapat dianggap menjadi perebutan sengit peringkat dua antara Rossi dan Lorenzo.

Jika ramalan cuaca di area sirkuit Silverstone untuk akhir pekan ini tepat, maka diharapkan hujan tidak akan mengganggu jalannya MotoGP Inggris 2016, mulai dari sesi latihan bebas hingga final race. Seperti diketahui, faktor cuaca memegang peranan penting dalam rentetan kejuaraan MotoGP musim ini.

Untuk menilik peluang Marquez, Rossi, dan Lorenzo, ada baiknya menyimak performa ketiga pembalap ini di sirkuit Silverstone.

Jorge Lorenzo



Pembalap kelahiran Spanyol ini tak diragukan merupakan salah satu penakluk sirkuit Silverstone. Lorenzo membuat lintasan di sirkuit ini bagaikan ‘Tanah Lorenzo’ dalam tiga peristiwa dan meskipun dia tidak meraih rekor waktu lap tercepat atau pole position, dia telah mengukuhkan rekor di sirkuit ini sejak kemenangan gemilangnya di tahun 2010. Pada tahun 2010, yang merupakan tahun pertama diadakannya MotoGP di Silverstone, Lorenzo meraih pole position, lap tercepat, dan menjadi juara dengan selisih waktu lebih dari 6 detik.

Satu tahun setelahnya, juara bertahan ini terlibat crash akibat lintasan yang basah dan merelakan posisi juaranya kepada casey Stoner, sebelum akhirnya pada tahun 2012 pembalap yang dijuluki X-Fuera ini kembali menempati posisi puncak. kemudian pada tahun 2013, terjadi duel ketat antara Lorenzo dan Marquez di sirkuit Silverstone yang berakhir dengan kemenangan Lorenzo. Sementara di tahun 2014, duel serupa terjadi namun kali ini dimenangkan Marquez.

Namun di tahun 2015, Lorenzo harus puas menduduki posisi ke-4 dalam lintasan basah di sirkuit Silverstone. Kali ini Rossi sukses memboyong gelar juara MotoGP Inggris 2015, sementara Marquez mengalami crash.

Marc Marquez



Hingga MotoGP Brno Ceko 2016, Marquez tetap memperlihatkan hasil yang stabil dan berhasil menempatkan diri di puncak klasemen sementara MotoGP 2016. Meskipun rekor Lorenzo di sirkuit Silverstone membuat pembalap Movistar Yamaha tersebut menjadi favorit, namun rekor Marquez di sirkuit tersebut pun harus diperhitungkan.

Marquez menjadi pemegang rekor lap tercepat dengan catatan waktu 2 menit 00,234 detik. Selain itu, pembalap yang dijuluki baby Alien ini juga mengukuhkan diri sebagai peraih pole position terbanyak, yakni sebanyak 3 kali di Silverstone. Marquez juga menjadi pembalap satu-satunya yang dapat menaklukkan Lorenzo di sirkuit Silverstone dalam kondisi lintasan yang kering.

Valentino Rossi



The Doctor sukses merebut posisi kedua klasemen sementara MotoGP 2016 dari tangan Lorenzo melalui MotoGP Brno Ceko 2016. Rossi juga merupakan juara pertama di MotoGP Silverstone Inggris 2015 dalam kondisi lintasan yang basah. Namun, sang VR46 ini terlihat mengalami kesulitan di lintasan ini di beberapa musim MotoGP sebelumnya.

Pada tahun 2015, Rossi meraih kemenangan pertama di sirkuit Silverstone. Dalam kondisi lintasan yang basah, Marquez mengalami crash dan Lorenzo terlempar ke posisi 4. Jika kali ini hujan tidak membasahi sirkuit Silverstone, maka diprediksi rossi harus berjuang lebih keras untuk menaklukan 20 lap di babak final MotoGP Inggris 2016 yang akan berlangsung di sirkuit silverstone pada hari Minggu, 4 September 2016.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel