Fakta Tentang Black Friday yang Perlu Kamu Ketahui

News 4 months ago
Fakta Tentang Black Friday yang Perlu Kamu Ketahui


Black Friday mungkin masih terdengar asing bagi beberapa masyarakat di Indonesia, karena gelaran ini hanya terjadi di Amerika Serikat. Namun Black Friday sama halnya dengan Harbolnas. Jika di Indonesia ada Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional), maka di luar negeri ada Black Friday. Kedua momen belanja ini sama-sama memberi diskon yang besar-besaran, tetapu tanggalnya berbeda.

Harbolnas jatuh pada tanggal 12 Desember. Sementara itu Black Friday jatuh padah minggu keempat bulan November tepatnya satu hari setelah Thanksgiving. Thanksgiving tersebut dirayakan pada hari Kamis.

Berikut beberapa fakta tentang Black Friday :

1. Digunakan Untuk Menyebut Kondisi Pasar Saham yang Hancur

Saat ini, Black Friday memang dikenal sebagai event belanja terbesar yang ada di Amerika Serikat. Namun, sebelumnya istilah ini sudah pernah digunakan pada 24 September 1869. Pada saat itu, istilah Black Friday dipakai untuk menggambar kondisi pasar saham yang berantakan.

2. Berganti Nama Menjadi BIg Friday

Philadelphia adalah salah satu kota di Amerika Serikat yang mempopulerkan istilah Black Friday. Istilah Black Friday ini digunakan oleh kepolisian setempat untuk menggambarkan keruwetan yang terjadi saat orang-orang berbelanja. Namun pada tahun 1961, para penjual tidak menyetujui istilah tersebut, sehingga istilah itu berganti nama menjadi Big Friday. Nyatanya, nama Big Friday tidak bertahan lama dan Black Friday lebih dikenal hingga saat ini.

3. Belum Menjadi Istilah yang Umum di Amerika Serikat Sebelum Tahun 1990-an

Banyak yang mengira bahwa istilah Black Friday sudah lama digunakan di Amerika Serikat, tapi kenyataannya istilah itu merupakan istilah lokal yang dipakai oleh warga kota Philadelphia di Amerika Serikat. Lambat laun barulah istilah ini mulai dikenal dan dipakai oleh kota-kota sekitarnya, seperti New Jersey pada tahun 1980, bahkan meurut Benjamin Zimmer, istilah ini baru dipakai secara umum pada tahun 1980-an.

Loading...

4. Diakui Sebagai Event Belanja Terbesar pada Tahun 2001

Meski istilah Black Friday ini sudah ada sejak tahun 1960-an di Amerika Serikat, namun istilah ini sebenarnya baru mendapat pengakuan di awal tahun 2000-an. Sehingga event Black Friday ini menjadi event kalender tahunan bagi masyarakat Amerika Serikat untuk berbelanja besar-besaran jelang perayaan hari Natal.

5. Sudah Mendunia dan Menjadi Acara Internasional

Saat ini event Black Friday tidak hanya dikenal oleh masyarakat Amerika Serikat saja. Event ini pun mulai dilakukan di beberapa negara dan tentunya dengan isitlah yang berbeda, seperti El Buen Fin di Meksiko, Black Friday di Kanada dan Singles Day di Tiongkok.

Event ini juga diadopsi oleh platform  e-Commerence terbesar seperti Amazon dan Alibaba untuk Singles Day



Tags: Fakta, Fakta Unik, Berita Terkini, Berita Populer, Aff, Indonesia, Edy Rahmayadi, Black Friday, Harbolnas, Belanja Online, News, Berita Baru, Berita Hot, Berita Hoax, Politik, Jokowi, Prabowo

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com