Gawat, 252 Miliar Ton Es Antartika Telah Mencair

News 1 month ago
Gawat, 252 Miliar Ton Es Antartika Telah Mencair

"Ketika lapisan es di Antartika terus mencair, kami memperkirakan permukaan air laut akan meningkat di masa mendatang," kata Rignot, ketua ilmu sistem Bumi di University of California. Hal apa yang anda tangkap dari kutipan pernyataan diatas? Tentu saja sebuah anomali serta fenomena yang tidak biasa telah terjadi diakibatkan adanya seuatu keadaan yang berubah pada permukaan laut dimuka bumi.

Apakah suatu bencana, bisa jadi mengingat lebih dari 70 persen permukaan bumi diselimuti oleh air laut. Bukanlah suatu yang bisa kita anggap remeh segala keanehan dan perubahan yang telah melibatkan air laut. Bisa kita bayangkan apabila permukaan air laut terus meningkat, mungkin satu persatu daratan yang kita tinggali akan hilang tenggelam. Bertambahnya debit air permukaan laut telah menjadi perhatian serius beberapa tahun terakhir.

Ini diakibatkan adanya anomaly perubahan di permukaan bumi sebagai salah satu impilkasi nyata dari pemanasan global. Nah salah satu faktor yang paling mempengaruhinya adalah mencairnya es di daerah kutub. Sudah menjadi fakta ilmiah yang tak terbantahkan apabila es dipanaskan akan mencair, dan itulah yang tengah terjadi di dua kutub bumi ini.

Peneliti mengungkapkan bahwasannya es di antartika telah mencair lebih cepat dari dugaan dalam kurun waktu 40 tahun terakhir. Sejak tahun 1979 hingga 2017 saja, peneliti mengungkapkan bahwasannya permukaan air laut diseluruh dunia meningkat 1,4 cm. Dalam kurun waktu tahun 2009 hingga 2017, pencairan es di antartika enam kali lebih cepat dari dugaan.

Bahkan ditemukan sebuah fakta yang mengkhawatirkan yakni Antartika bagian timur yang selama ini dianggap sebagai lokasi yang paling stabil, kini justru banyak sekali es yang telah mencair. "Di sekitar Wilkes, Antartika Timur secara keseluruhan selalu menjadi area penting terkait lapisan es yang mencair, bahkan sejak tahun 1980-an, seperti yang ditemukan pada riset kami," tambah Rignot.

Apabila dikalkulasi maka total 252 miliar ton es telah mencair, sebuah angka yang cukup mengkhawatirkan. Peneliti juga memperingatkan dampak buruk yang terjadi di masa mendatang apabila volume air laut terus meningkat, salah satu yang terasa sekarang adalah meningkatnya suhu air laut. Kemudian bahaya lain yang akan mengintai adalah potensi banjir di wilayah pesisir akibat kenaikan air laut hingga 1,8 meter pada tahun 2100 mendatang.

Loading...

Perkiraan tersebut didasari dengan perhitungan serta penentuan massa es terpanjang di 18 wilayah geografis Antartika.

Kini apa yang harus kita lakukan? Tentu sudah menjadi keharusan untuk mencegah fenomena ini terus berlanjut. Mungkin kita tidak akan bisa membekukan kembali 252 Miliar ton es yang telah mencair. Tapi kita jangan membiarkan bermiliaran ton es lainnya terus mengalami hal serupa. Tetapi tetap saja terkadang kesadaran dari dalam diri kita terhalang dengan desakan akan kebutuhan hidup kita di era industrialisasi saat ini.

Bukan berarti pesimis, namun kami berpikir bahwa untuk mencegah 1 gram es mencair saja sudah sangat sulit. Sangat sulit..!!


Tags: Pemanasaglobal

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com