Isak Tangis Warnai 14 Tahun Peringatan Tsunami Aceh

News 3 months ago
Isak Tangis Warnai 14 Tahun Peringatan Tsunami Aceh

Sederet masyarakat di pesisir Lhokseumawe, Aceh memperingati 14 tahun tsunami. Mereka memperingatinya dengan cara berzikir serta memanjatkan doa kepada para korban yang telah meninggal dunia di dalam peristiwa yang maha dahsyat tersebut.

Menurut pantauan di lokasi, masyarakat mulai memadati tempat di TPI Pusong Lama, Kecamatan Banda Sakti sejak pagi hari tadi. Dipimpin oleh seorang ustaz, lantunan zikir, salawat dan doa pun dipanjatkan. Terlihat para kaum wanita yang hadir dibalut dengan mukenah yang diikuti dengan isak tangis.

"Tujuan kita untuk memperingati 14 tahun tsunami Aceh. Kita berzikir serta berdoa. Ini merupakan agenda tahunan kita juga. Apalagi sudah di qanun (perda) kan jika setiap 26 Desember libur," ucap Kepala Desa Pusong Lama, Kaharuddin.

Kahar mengatakan bahwa di daerahnya tak terlalu banyak korban yang meninggal dunia, tetapi imbas lainnya seperti infrastruktus cukup parah rusaknya.

"Tempat kita di sini tidak terlalu banyak yang meninggal dunia. Kalau lainnya lumayan terdampak," ungkap Kaharuddin.

Di dalam kesempatan tersebut Kaharuddin mengatakan bila nelayan di pesisir juga diliburkan untuk melaut. Mereka dalam satu hari ini tak diperbolehkan untuk mencari ikan. Kalau melanggar, tentunya akan ada sanksi adat yang harus diterima oleh mereka.

Loading...

Sedangkan di daerah Aceh Utara, setiap Kecamatan yang ada di daerah pesisir juga ikut memperingati 14 tahun tsunami.

"Setiap kecamatan di wilayah pesisir juga peringati tsunami dengan berbagai kegiatan keagamaan," ucap Sekretaris Panglima Laot Aceh Utara, Asnawi.

Asnawi menceritakan bahwa dengan adanya momentum ini, Ia meminta doa untuk memanjatkan syukur serta meminta Allah agar dijauhkan dari bahaya.

"Dengan adanya peringatan ini. Semoga kita terus lebih baik dan memberikan kehangatan dalam bermasyarakat. Tentunya kita meminta dijauhakan oleh Allah dari segala musibah," tutup Asnawi.

Tags: Tsunami, Aceh

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com