Rekor Memalukan, Klub Ini Tak Pernah Menang Main Tandang Selama 17 Bulan 

17-10-2016 (1 month ago)

Sevilla sebenarnya bukanlah klub gurem di La Liga Spanyol. Prestasinya lumayan kinclong. Tapi klub ini pernah punya rekor memalukan.

Dalam kompetisi sepakbola, menang kalah adalah hal yang biasa. Namun memang, klub-klub besar bertabur bintang, adalah klub yang kerap menang dalam liga yang diikutinya. Walau, mereka pun acapkali harus menelan pil pahit kekalahan. Bahkan dari tim gurem. 
 
Tapi kalah menang adalah siklus biasa dalam liga sepakbola. Apalagi liga-liga di tanah Eropa yang terkenal persaingannya  ketat dan 'keras'. Namun ada cerita menarik dari liga Spanyol, salah satu liga terbaik di dunia. Cerita menarik itu, tentang sebuah klub yang harus puasa kemenangan dari pertandingan tandangnya dengan waktu begitu lama. 
 
Klub itu adalah klub Sevilla. Sevilla sebenarnya bukan klub gurem-gurem amat. Diego Armando Maradona, legenda hidup lapangan hijau dari Argentina pernah merumput di Sevilla setelah hengkang dari Napoli, klub di liga Italia. 
 
Sayang di Sevilla, Maradona tak menunjukan performa terbaiknya. Tercatat dari 26 pertandingan yang diikutinya, Maradona hanya berhasil menciptakan 5 gol. Sungguh prestasi buruk bagi pemain sekelas Maradona. Dan si megabintang lapangan hijau itu hanya bertahan satu musim di Sevilla. 
 
Prestasi Sevilla di kancang persepakbolaan Eropa juga tak buruk-buruk amat. Pada tahun 2014, Sevilla tampil di partai puncak Piala Liga Eropa melawan Benfica, klub dari Portugal. Di partai puncak itu, Sevilla sukses menekuk Benfica. Kesuksesan Sevilla berlanjut di tahun 2015, saat klub tersebut kembali melaju ke babak final Piala Liga Eropa, sebuah ajang kompetisi antar klub di Eropa yang dulu bernama Piala Winner. Di Final, Sevilla berhasil membekap Dnipro Dnipropetrovsk dengan skor 3-2. Tahun 2016, sebenarnya Sevilla bisa melengkapi kesuksesannya di ajang Piala Liga Eropa. Saat itu, Sevilla kembali berhasil menembus babak final. Sayang, kemudian Sevilla gagal karena dikalahkan Liverpool, klub asal Inggris. 

Namun dibalik prestasinya yang lumayan mengkilap itu, Sevilla ternyata punya catatan yang bisa dikatakan 'memalukan'. Klub yang sekarang dihuni olah Samir Nasri, bintang bola yang pernah membela Arsenal, tak pernah menang selama 17 bulan di partai tandang. Jadi, selama 17 bulan, Sevilla tak pernah menang di kandang lawan yang disambanginya. Bila tak draw, Sevilla kalah. 
 
Catatan 'memalukan' itu dialami Sevilla dari bulan Mei 2015. Terakhir Sevilla menang di kandang lawan, adalah ketika klub tersebut bertandang ke markas Malaga, salah satu klub di La Liga Spanyol. Ketika itu Sevilla menang dengan skor 3-2. Tapi setelah itu, Sevilla tak pernah menang lagi di kandang lawan. Setidaknya ada 22 laga tandang yang dijalani Sevilla selama 17 bulan tanpa kemenangan. Di musim lalu, ada 19 laga tandang yang dijalani Sevilla. Dari 19 laga tandang itu, tak satu pun kemenangan diraih. Sevilla hanya mampu meraih 9 hasil imbang. Sisanya menelan 10 kekalahan. Dan, pada musim ini, sudah tiga landang yang dijalani Sevilla. Lagi-lagi tanpa tempik sorai kemenangan. 
 
Sevilla hanya mampu main imbang  0-0 di kandang Villarreal. Kemudian menahan Eibar di kandangnya denga skor  1-1. Terakhir kalah di markas  Athletic Bilbao dengan skor  1-3. Sampai akhirnya, bisul memalukan itu pecah pada Sabtu, 15 Oktober 2016. 
 
Saat itu, Sevilla di jamu klub Leganes di markasnya. Di babak pertama, Sevilla tersenyum setelah dua pemainnya, yakni Franco Vazquez, dan Samir Nasri sukses merobek gawang Leganes. Skor dua nol untuk Sevilla. 

 
Tapi kemudian, tuan ramah balik membalasnya dengan melesakan dua gol yang dicetak dua pemainnya, David Timor dan Alexander Szymanowski. Akhirnya, gol yang dicipta Pablo Sarabia membuat Sevilla mengakhiri 'puasa kemenangan' di kandang lawan. Sevilla pulang dengan membusung dada, meraih poin penuh, setelah menekuk Leganes dengan skor 3-2. 

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel