Sejarah Lengkap Sepak Bola di Dunia dan Indonesia

Olahraga 1 month ago
Sejarah Lengkap Sepak Bola di Dunia dan Indonesia

Nama Resminya adalah Football, Soccer, Salah satu cabang olahraga yang terdiri dari dua tim, masing-masing tim memiliki 11 pemain. Dari kesebelas pemain tersebut hanya penjaga gawang yang berhak menyentuh bola. Tujuan utamanya adalah memasukan bola ke gawang lawan agar bisa menang. Permainan ini di pandu oleh 1 wasit utama dan 2 hakim garis. Hukuman yang diberikan bagi pelanggar tata tertib adalah kartu kuning sebagai peringatan pertama, dan kartu merah untuk pelanggaran berat. Pemain yang mendapatkan kartu kuning masih boleh bermain namun untuk kartu merah pemain akan diusir dari lapangan.

Sejarah Lahirnya Sepak Bola


Cikal bakal adanya olaharaga sepak bola dimulai pada abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi di Dinasti Han, Tiongkok. Pada saat itu masyarakat melakukan permainan menggiring bola yang terbuat dari kulit hewan dan menendangnya ke jaring kecil. Permainan ini berkembang pesat keseluruh negeri setelah prajurit dinasti Han memainkannya di negara jajahan. Italia merupakan negara pertama di Eropa yang mengenal sepak bola. Dari Italia, permainan ini berkembang ke Inggris dan Skotlandia.

Pada abad ke-13 permainan ini sangat digemari di Inggris, bahkan masyarakatnya pada saat itu mencoba untuk menyusun beberapa peraturan dasar agar sepak bola menjadi lebih seru. Setelah terbentuknya peraturan yang sudah disepakati, kemudian munculah beberapa kompetisi kecil antar lingkungan warga (rt/rw). Semakin banyak kompetisi digelar intrik dan pertengkaranpun mulai terlihat, pada tahun 1365 Raja Edward III (Inggris) melarang olaharaga ini setelah diketahui banyak terjadi kekerasan dibeberapa kompetisi. Tidak sampai disitu Raja Skotlandia, Raja James I pada tahun 1815 juga melarang sepak bola di mainkah oleh rakyatnya.

Pada Tahun 1815 sepak bola mengalami perkembangan luar biasa di lingkungan pendidikan (universitas dan sekolah bawah), hal ini membuat 11 sekolah dan klub olaharaga sejenis pada tahun 1863 berkumpul di Freemasons Tavern merumuskan aturan baku yang sampai kepada kita saat ini. Perkumpulan ini juga disebut-sebut sebagai cikal bakal sejarah sepak bola modern. Sebab perumusannya sudah sangat detil sehingga rugby dan sepak bola menjadi terpisah.

Sejarah Sepak Bola Modern

Sejarah Sepak Bola Modern
Sejarah Sepak Bola Modern

Setelah Terbentuknya Peraturan Baku dan Raja Inggris kembali melegalkan pertandingan ini, maka para masyarakatnya membawa sepak bolah ke penjuru dunia. Khususnya oleh tentara Inggris yang saat itu menjadi negara yang paling banyak menjajah. Jika diperhatikan negara bekas jajahan Inggris sampai saat ini mereka memiliki prestasi yang cemerlang dan senantiasa ikut menjadi wakil di piala dunia yang di gelar 4 tahun sekali itu.

Pada awal tahun 1904 asosiasi sepak bola tertinggi terbentuk dengan nama FIFA. Federasi sepak bola ini kemudian melakukan sosialisasi dengan gencar ke berbagai negara termasuk usahanya memasukan menjadi cabang olahraga di ajang olimpiade. Usahanya membuahkan hasil, pada tahun 1990 sepak bola resmi menjadi cabang olahraga di olimpiade dunia. Sejak saat itu sepak bola mulai di adakan diberbagai kompetisi di banyak negara.

Pada tahun 1916 kompetisi resmi pertama di dunia dimulai dengan nama ‘Copa America’, pada saat itu setiap dua tahun sekali masing-masing negara dari Amerika Selatan mengirimkan tim terbaiknya untuk bertanding dengan tim yang lain. Pada saat itu tim yang mengikutinya berjumlah 10 negara, dari kompetisi ini terbentuklah ‘Conmebol’ The South American Football Confederations. Kompetisi ini menginspirasi banyak wilayah di belahan benua lain sehingga terciptalah ‘Piala Dunia’

Loading...

Sejarah Piala Dunia

Sejarah Piala Dunia

Sejarah Piala Dunia

Pada tahun 1930 seorang pengacara yang sekaligus pengusaha besar asal Perancis, Jules Rimet mencetuskan ide untuk mempertemukan tim-tim kuat dari berbagai dunia untuk merebutkan suatu piala bergengsi. Maka terciptalah ‘PIALA DUNIA’ yang diselenggarakan oleh FIFA setiap empat tahun sekali. Pertama kali diadakannya kejuaraan empat tahun sekali ini di Uruguay tahun 1930.

Di Kawasan Benua Asia kompetisi sepak bola pertamakali diadakan pada tahun 1956 di Hongkong di bawah Asosiai tertinggi bernama ‘AFC’. Dan kompetisi regional pertama kali terbentuk di Eropa dengan nama ‘UEFA’ setelah diadakannya piala dunia beberapa kali, olahraga sepak bola sudah mendunia dan tercatat ada 200 negara di bawah naungan FIFA.

Sejarah Sepak Bola di Indonesia

Sejarah Sepak Bola di Indonesia
Sejarah Sepak Bola di Indonesia

Di Indonesia sendiri sepak bola bukan merupakan hal yang asing, terutama sejak dijajah Belanda dan Inggris pada saat itu sepak bola menjadi olahraga yang banyak digemari masyarakat. Pada tahun 1914 NIVB Perserikatan Tertinggi di Belanda mengadakan kompetisi di Indonesia dengan nama: Kejuaraan Antar Kota Hindia Belanda. NIVB berhasil mengkontrol 7 kejuaraan di Pulau Jawa, diantaranya: Bandoeng 9 tim, Malang 8 tim, Soekabumi 7 tim, Batavia 14 tim, Soerabaja 12 tim, Semarang 15 tim dan Djokjakarta 10 tim. Selain puluhan tim tadi, warga keturunan asing juga memiliki dua Tim sepak bola diantaranya adalah HWa dan FA, dan basisnya berada di semarang.

Pada 19 April 1930, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berdiri di Yogyakarta dengan ketua pertama Soeratin Sosrosoegondo. Nama PSSI pernah berubah menjadi PSBSI, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia. dan kini namanya berubah kembali menjadi PSSI. Setelah berdirinya PSSI maka olahraga ini gencar di sosialisasikan, puncaknya ketika diadakan ‘PERSERIKATAN’ yaitu suatu kompetisi antar kota. Diantara tim yang saat itu tampil adalah PSIM Yogyakarta, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persis Solo, PSM Makasar PPSM Magelang dan Persebaya Surabaya. Persija Jakarta yang saat itu bernama VIJ Jakarta merupakan club pertama yang merasakan Juara Pertama di Kompetisi tertinggi PSSI.

Ada beberapa pemain Legendaris Indonesia yang berhasil masuk ke kancah sepak bola dunia, diantaranya adalah Ronny Pattinasarani, Sucipto Suntoro dan Ramang. Saat ini PSSI sudah memperluas sayap juangnya, hingga berhasil menyelenggarakan pertandingan seperti LSI, bahkan sampai saat ini sudah berhasil mengembangkan sepak bola wanita.

Tags: Sejarah Sepakbola, Sepakbola

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com