Abidal, dari Lapangan ke Petinggi Klub

Olahraga 8 months ago
Abidal, dari Lapangan ke Petinggi Klub

Barcelona - Apa kabar Eric Abidal? Namanya telah lama menghilang. Pria 38 tahun ini pernah menghiasi sendi belakang Barcelona. Kini, dia akan menggantikan Robert Fernandez sebagai direktur olahraga Barcelona mulai musim panas ini.Abidal datang ke Barcelona pada 2007 dari Lyon. Dia tampil hampir 200 kali bersama jawara La Liga itu selama enam tahun di Camp Nou.  Dia memenangkan empat titel liga, dua Copa del Rey, dua Liga Champions, empat Piala Super Spanyol, dua Piala Super Eropa dan dua Piala Dunia antarklub.

Eric Abidal


Di tengah perjalanan kariernya bersama klub Catalan, ia didiagnosa mengidap kanker dan harus menjalani operasi transplantasi hati pada 2012 sebelum pergi ke Monaco setahun kemudian. Tumor yang berujung kanker di hatinya membuat pemain kelahiran 11 September 1979 ini beristirahat selama beberapa bulan di tahun 2011. Tekadnya untuk sembuh benar-benar bulat, sehingga ketika dokter memberinya ‘medical green light’, tak ada yang bisa menghentikan Abidal untuk tampil di final kejuaraan yang dilewatkannya akibat akumulasi kartu di tahun 2009 tersebut.

Loading...

PILIHAN EDITOR'S :


Enam bulan setelah operasi tumor di liver, Abidal sempat aktif kembali. Pelatih Barca kala itu, Pep Guardiola, memercayainya mengisi lini belakang. Gol penentu kemenangan atas Real Madrid di Copa del Rey 2011/2012 menjadi jawaban performa apiknya.Sayangnya, nasib berkata lain. Tragedi kembali menimpanya di bulan Maret 2012, lewat kabar mengejutkan yang datang tanpa permisi. Abi harus kembali menjalani pengobatan akibat komplikasi yang belum terselesaikan dari operasi pertama setahun sebelumnya.

 Lebih mengkhawatirkan lagi, kali ini ia harus menjalani operasi transplantasi liver dan tidak bisa diprediksi kapan bermain kembali. Setelah gabung Monaco, ia mengkritik petinggi Barca, khususnya Sandro Rosell, yang dinilai kurang menghormati keberadaannya hingga akhirnya hengkang.Abidal terlibat dalam kampanye pemilihan presiden untuk kubu Juan Laporta dua tahun lalu dan diyakini akan ditunjuk sebagai direktur olahraga andai kampanye tersebut berhasil.

Tapi kini, eks pemain internasional Prancis tersebut akan mengambil alih posisi Fernandez akhir bulan ini.“FC Barcelona mengumumkan Robert Fernandez tidak akan memperpanjang kontraknya sebagai sekretaris teknik tim utama yang habis pada 30 Juni tahun ini,” demikian pernyataan klub. “Klub ingin berterima kasih kepada Robert Fernandez atas komitmen dan dedikasinya kepada FC Barcelona dalam beberapa tahun terakhir dan mendoakan ia sukses di masa yang akan datang. “FC Barcelona juga mengumumkan, Eric Abidal akan mengambil alih peran sebagai sekretaris teknik tim utama. Presentasi resminya akan digelar pada Senin, 18 Juli.

Tags: Barcelona, Tokoh, Bola

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com