Kenapa Indonesia Belum Bisa Jadi Negara Maju? Padahal Kaya Sumber Daya
Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan alam, tapi kenapa masih belum bisa menjadi negara maju?

Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus tahun 1945 atau 71 tahun yang lalu. Dalam waktu 71 tahun Indonesia masih belum bisa menjadi negara yang maju dan sejahtera. Di daerah-daerah terpencil masih belum mendapatkan kehidupan yang layak, banyak anak-anak yang harus berjuang saat ingin bersekolah, misalnya saja harus menyebrangi jembatan yang hanya terbuat dari seutas tali, terbuat dari bambu yang rapuh dan masih banyak masalah lainya yang harus dialami oleh masyarakat Indonesia di daerah terpencil.

Kenapa Indonesia masih belum bisa maju? Mungkin itu yang ada di benak banyak orang. Ada berbagai faktor kenapa Indonesia masih belum bisa maju. Di bawah ini adalah beberapa penjelasan yang coba saya utarakan tentang penyebab kenapa Indonesia masih belum bisa maju.

Masih Banyak Pemalas

Salah satu faktor kenapa Indonesia masih belum bisa maju adalah karena banyak dari masyarakatnya yang memiliki sifat pemalas. Malas yang membuat Indonesia hancur dan belum bisa maju. Bisa kita lihat dari lingkungan terdekat saja, misalnya lingkungan sekolah pasti kebanyakan dari siswa yang ada di sekolah adalah siswa yang pemalas. Malas mengerjakan tugas, malas melaksanakan regu piket dan malas yang lainya.

Masyarakat Indonesia bukan hanya malas untuk bekerja, tetapi juga kita malas untuk berfikir. Contohnya adalah masyarakat selalu menuntut pemerintah untuk selalu menyediakan kebutuhan masyarakat dengan cara berdemo, padahal berdemo hanya membuang-buang waktu saja.

Masyarakat Ingin Hal Yang Instan

Penyebab kenapa Indonesia susah maju adalah karena masyarakatnya yang selalu menuntut semua serba instan. Perbaikan jalan secara instan. Tidak mau bekerja keras, tapi ingin memiliki banyak uang, tidak mau berusaha tetapi ingin merasakan hasilnya. Contoh kecil yang bisa kita lihat adalah pada saat ujian sekolah, pastinya kita bisa mendapati teman kita yang mencontek, ini menjadi bukti jika penerus bangsa Indonesia suka hal yang instan, mereka memilih mencontek dibandingkan belajar.

Masyarakat Banyak Yang Tidak Disiplin

Sifat disiplin adalah kunci dalam kesuksesan, begitu pula dalam negara. Jika masyarakatnya banyak yang tidak disiplin dan mematuhi aturan yang ada maka sudah bisa dipastikan negaranya akan hancur dan tidak bisa maju. Ini yang terjadi di Indonesia, banyak masyarakatnya yang tidak bisa disiplin. contohnya adalah saat berkendara, saat berkendara sepeda motor kita diwajibkan memakai helm untuk kemanana, tapi apa yang terjadi? banyak masyarakat yang tidak mematuhi aturan tersebut. Banyak yang tidak memakai helm dengan alasan Rumah dekat dan lain-lain.

Kehidupan Masyarakat Yang Kebanyakan Boros

Walaupun kehidupan masyarakat Indonesia masih dibilang pas-pasan tetapi gaya hidup dari masyarakat Indonesia malah kebanyakan boros. Mereka membeli barang yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan. Jika tidak punya uang mereka akan mengandalkan kartu kredit. Karena kredit tersebut membuat penghasilan yang dihasilkan harus habis digunakan untuk membayar angsuran barang yang dibeli.

Kurangnya Pendidikan Untuk Generasi Penerus Bangsa

Penerus bangsa seharunya adalah manusia-manusia pintar, manusia yang mengenyam pendidikan setinggi-tingginya. Tapi yang terjadi di negeri ini justru malah sebaliknya, banyak anak-anak yang masih belum bisa bersekolah dan mendapatkan pendidikan yang layak. Banyak anak-anak yang ingin bersekolah tetapi tidak ada biaya untuk sekolah, sementara yang bersekolah malah asyik berpacaran, tidak memikirkan sekolah. Inilah ironi yang terjadi di Negeri Ini.

Terlalu Baik Dan Pendiam

Sama seperti yang terjadi di film dan sinetron, dimana orang yang baik selalu diinjak-injak harga dirinya, sering dianiaya tetapi apa yang ia lakukan? ia hanya diam menghadapinya. Sama seperti yang terjadi di Indonesia, Indonesia memiliki tambang emas yang cukup besar, tetapi kekayaan dari tambang emas tersebut malah diambil dan dikeruk oleh negara lain, kita hanya mendapatkan sebagian dari hasil kekayaan negara kita tersebut.

Sulit Menemukan Orang Yang Jujur

Di Indonesia untuk bisa menemukan orang yang jujur sangatlah sulit, sementara untuk menemukan orang yang tidak jujur sangat mudah untuk dilakukan. Contoh orang yang tidak jujur adalah koruptor, mereka memperkaya diri sendiri dengan cara menggelapkan uang masyarakat yang bukan hak nya.

Indonesia tidak butuh orang yang pintar, yang dibutuhkan oleh Indonesia adalah orang yang jujur. Percuma pintar tetapi tidak jujur, malah akan membuat Indonesia menjadi semakin hancur.

Mudah Terpecah Belah

Penyebab selanjutnya kenapa negara Indonesia masih belum bisa menjadi negara maju adalah karena masyarakatnya yang masih mudah dipecah belah. Contoh kecilnya adalah banyaknya tawuran yang terjadi di Indonesia, dan hal itu dilakukan oleh para pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa. Jika penerus bangsa sudah begitu bagaimana mungkin Indonesia bisa maju?

Pada dasarnya kita harus bisa memperbaiki diri kita sendiri supaya Negara juga bisa maju. Jangan asal menyalahkan pemerintah, jangan asal mengkritik pemerintah jika kita sendiri yang menyebabkan Indonesia masih belum bisa maju.

Artikel ini di tulis oleh Anton Wahyu kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya, Daftar Sekarang

Artikel Terkait