Beberapa Kesamaan Antara Negara India Dan Indonesia Yang Belum Banyak Kamu Ketahui

31-10-2016 (1 month ago)

Tanpa kita sadari, negara yang banyak disukai oleh orang Indonesia ini memiliki beberapa kesamaan dengan negara kita yang tak semua orang tahu. Apa itu kesamaannya?, berikut ini akan aku jelaskan.

Negara Indonesia begitu sangat mempesona. Terdiri dari banyak pulau dengan panoramanya yang begitu indah. Berbagai macam suku bangsa dan bahasa terdapat dalam negara tercinta ini. Keragaman budaya dan adat istiadat menambah eloknya negara Indonesia. Oleh karena itu negara Indonesia dijuluki sebagai negara yang unik dan menarik. Tapi tahukah kamu, ada salah satu negara tetangga kita yang mempunyai keunikan yang sama dengan negara Indonesia. Nama negara itu adalah India.

India adalah sebuah negara yang memiliki penduduk terbanyak kedua di dunia, dengan lebih dari satu miliar jiwa. Negara berbentuk Republik ini mayoritas penduduknya adalah Hindu. Dengan kain saree sebagai lambang kebudayaannya. Masyarakat Indonesia juga sangat menyukai kebudayaan negara ini. Terbukti dengan banyaknya film yang diputar di bioskop-bioskop dan juga TV. Apalagi dengan lagu-lagunya yang syahdu dan enak didengar, membuat banyak masyarakat Indonesia yang semakin ingin mengenal lebih jauh negara India.

Banyak orang Indonesia yang meniru dengan memakai baju yang mirip saree, menyanyi ala-ala India, serta perpenampilan bak artis india.  Dan tanpa kita sadari, negara yang banyak disukai oleh orang Indonesia ini memiliki beberapa kesamaan dengan negara kita yang tak semua orang tahu. Apa itu kesamaannya?, berikut ini akan aku jelaskan.

Budaya

Budaya pada sebuah negara adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki oleh sebuah kelompok orang secara bersama dan di wariskan dari generasi ke generasi. Budaya terdiri dari banyak unsur termasuk salah satunya yaitu adat istiadat. Nah adat istiadat inilah yang mencerminkan kepribadian sebuah bangsa. Dan uniknya, beberapa adat istiadat yang ada di negara India ini terdapat pula di negara Indonesia.

Kamu pasti tahu kah bahwa ketika akan diadakannya pesta perkawinan, upacara penamaan anak, serta upacara-upacara lainnya. Maka masyarakat India akan menentukan hari baiknya terlebih dahulu kepada para sesepuh. Sama halnya dengan negara Indonesia yang mempunyai kebiasaan demikian, khususnya pada masyarakat Jawa.

Suku Bangsa Dan Bahasa

Kita tahu sendiri bahwa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa dan bahasa sebagai ciri khas negara kita. Ada suku Jawa, Madura, Batak, Dayak, dan lain sebagainya. Nah di negara India, ada banyak sekali suku dan bahasa yang tak semua orang ketahui. Berbeda dengan negara lain yang hanya memiliki satu atau dua bahasa saja. Dan ini adalah beberapa contoh suku bangsa yang ada di negara India.

  • Suku Bengali
  • Suku Chakma

  • Suku Khasi

  • Suku Punjab

  • Suku Tamil

  • Suku Tanchangya


Serta beberapa contoh bahasa yang ada di India.

  • Bengali
  • Gujarat

  • Hindi

  • Kashmir

  • Punjabi

  • Tamil

  • Urdu

Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mata Uang

Mata uang adalah alat pembayaran sah pada sebuah negara yang digunakan untuk bertransaksi oleh sebuah masyarakat pada negara yang bersangkutan. Dan tentunya mata uang untuk masing-masing negara itu berbeda-beda. Mata uang ditujukan untuk mengganti sistem lama yang rumit yaitu barter, dimana masyarakat akan menggunakan barang untuk saling bertransaksi. Nama mata uang Indonesia adalah “Rupiah”.  Dan nama mata uang kita itu hampir sama dengan nama mata uang negara India yaitu “Rupee”.

Dan itulah beberapa kesamaan antara negara India dan Indonesia yang tak semua orang mengetahuinya. Menarik bukan?, mempelajari budaya dan adat istiadat negara lain itu sangat menyenangkan. Tapi bukan berarti tidak cinta tanah air ya.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel