Ternyata Hidup Susah Akan Menjadikan Kita Lebih Dewasa

Opini 2 years ago
Ternyata Hidup Susah Akan Menjadikan Kita Lebih Dewasa

Kita memang tidak bisa memilih ketika ingin lahir di dunia ini. Menjadi siapa, anak siapa, dan bagaimana kondisi kita. Karena itu semua adalah ketetapan dari Tuhan yang memang sudah tidak dapat di rubah lagi. Itulah takdir kita, mengenai siapa kita sekarang, siapa orang tua kita, serta kondisi di saat kita lahir dan juga keluarga. Yang kesemuanya itu sebenarnya adalah sebuah nikmat yang harus kita syukuri, meskipun tidak sesuai seperti keadaan yang kita inginkan ketika sudah dewasa. Tapi percayalah bahwa ada makna di balik rencana Tuhan yang tidak akan pernah kita ketahui pada awalnya.

Bagi sebagian orang, hidup susah itu tidak mengenakkan. Apa-apa serba kekurangan, baik itu sandang, pangan, papan. Mereka yang berpikir demikian cenderung akan menganggap bahwa mereka telah memiliki takdir serta nasib buruk. Itu semua karena mereka punya pikiran yang sempit, dengan menganggap bahwa Tuhan tidak adil dengan menjadikannya lahir dalam lingkungan keluarga miskin. Dan mau enak sendiri dengan berangan-angan “coba aku lahir jadi anak orang kaya, pasti hidupku tak akan menderita seperti ini”.

Ketetapan Tuhan memang tidak bisa kita rubah, tapi berbeda dengan nasib. Dan nasib bagi mereka yang di lahirkan dalam keluarga miskin itu sebenarnya masih bisa di rubah kalau orang tersebut memang benar-benar mau berusaha dengan bersungguh-sungguh. Jangan hanya mengandalkan apa yang di dapatnya sekarang dengan menyalahkan Tuhan atas semua yang terjadi. Tapi berbeda dengan mereka yang selalu mau berpikir, dengan menganggap semua yang telah Tuhan berikan untuknya sebagai sebuah anugerah yang patut di syukuri.

Itu semua karena mereka punya pikiran yang luas. Dengan tidak begitu saja menyerah pada nasib, karena mereka mau berpikir bahwa semua itu bisa di rubah jika memang pribadi tersebut mau berusaha.

Tak semua orang kaya lahir dalam keadaan kaya

Mereka orang miskin yang selalu berpikir dangkal pasti akan menganggap orang-orang yang kaya itu enak karena sudah di berikan keberuntungan oleh Tuhan. Dengan mengira dan berkata dalam hati “enak betul mereka jadi orang kaya, hidup serba ada, mau apa saja pasti bisa di turuti”. Dan tanpa mau berpikir sedikitpun soal perjuangan, karena pada kenyataannya tak semua orang kaya itu lahir dalam keadaan kaya. Ada juga di antara mereka yang tanpa kenal lelah mau berjuang melawan kemiskinan, hingga pada akhirnya mereka memperoleh kesuksesan dengan yang di dapatnya sekarang.

Loading...

Memang tak selamanya sukses itu harus menjadi orang kaya. Tapi dengan membuktikan bahwa yang awalnya miskin dan berjuang hingga akhirnya bisa menjadi orang kaya itu sudah membuktikan bahwa orang tersebut telah sukses. Tak selamanya orang kaya itu hanya menikmati harta orang tua, karena ada di antara mereka yang hidup miskin dulu baru kemudian bisa kaya.

Ternyata hidup susah akan menjadikan kita lebih dewasa

Dan hidup susahpun sebenarnya bisa menjadikan kita lebih dewasa. Berbeda dengan mereka yang lahir dalam keluarga kaya dan hanya bisa menikmati harta orang tua. Apa-apa sudah tersedia, dan terbiasa untuk hidup manja. Tapi dengan hidup susah maka akan menjadikan kita lebih dewasa lagi. Karena ketika kita menginginkan sesuatu, kita harus berjuang dulu untuk memperolehnya. Yang kesemua itu butuh usaha dari diri kita sendiri, yang tanpa kita sadari akan mengajarkan sebuah pengalaman yang tak terkira yakni mengerti akan betapa pentingnya usaha dalam kehidupan sehingga kita akan terbiasa menjadi pribadi yang dewasa tanpa harus mengandalkan orang lain.

Baca Juga: 4 Hal Yang Membuat Anak Rantau Kangen Rumah

Bagi sebagian orang hidup susah itu merupakan suatu musibah, tapi jika kita mau berpikir anggaplah hal itu sebagai suatu anugrah karena dengan demikian maka kita bisa menjadi pribadi yang dewasa.

Tags: Hidup Susah Akan Menjadikan Kita Lebih Dewasa, Tidak Semua Orang Kaya Lahir Dalam Keadaan Kaya

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com