Benarkah Indonesia Tenggelam di Tahun 2030?

Opini 8 months ago
Benarkah Indonesia Tenggelam di Tahun 2030?

Indonesia dikenal sebagai negara maritim yang terdiri dari 17.504 pulau dan menjadi negara kepulauan terbesar di dunia. Sebesar 62% dari wilayah teritorial nusantara berupa lautan. Sebagai negara yang besar, Indonesia sangat menjunjung tinggi budaya ketimuran yang erat kaitannya dengan nilai-nilai kesopanan. Masyarakat di tanah air terkenal ramah dan selalu bersikap sopan terhadap sesama. Namun di era milenial ini, berbagai perilaku kurang pantas banyak dilakukan generasi muda yang mencerminkan bahwa negara Indonesia tengah dilanda krisis moral.

Belakangan viral beberapa fenomena sosial yang mencuat ke publik. Mulai dari video berisi hujatan dan ancaman kepada presiden hingga kasus artis yang meminta divonis bebas karena kasus penyalahgunaan narkotika. Jika ditelisik, permasalahan-permasalahan tersebut membawa dampak sosial yang cukup serius. Perilaku-perilaku yang kurang sesuai tidak dapat dibiarkan begitu saja karena akan berdampak pada pola pikir masyarakat yang menganggap sepele permasalahan sosial, dimana pola pikir menjadi senjata paling ampuh bagi hancurnya suatu bangsa. Ulah remaja kerap kali meresahkan dan menunjukkan terjadinya penurunan moral secara berkelanjutan, sedangkan nilai moral ini merupakan hal yang mendasari terbentuknya etika. Peristiwa yang dinilai kurang mengenakkan sebenarnya tidak perlu mendapat reaksi berlebih dan menjadi pembicaraan hangat di media sosial setiap harinya. Seharusnya masyarakat Indonesia lebih berfokus terhadap perbaikan etika yang berlandaskan pada butir-butir pancasila yang berkaitan langsung dengan budaya bangsa.

Sikap generasi muda, terutama kalangan remaja telah memberikan kesan negatif terhadap pendidikan moral di Indonesia. Generasi muda dinilai kurang memiliki rasa tanggung jawab sebagai individu dan empati terhadap orang lain. Kondisi ini tentunya kurang menguntungkan karena Indonesia diprediksi akan mengalami bonus demografi, dimana negara akan didominasi oleh penduduk usia produktif. Fenomena transisi demografi terindikasi dari hasil sensus penduduk tahun 2000 dan Indonesia diperkirakan mencapai puncak bonus demografi pada 2017 sampai 2019 untuk gelombang pertama dan 2020 sampai 2030 untuk gelombang bonus demografi kedua. Dengan begitu, sebenarnya saat ini Indonesia tengah mengalami puncak bonus demografi.

Loading...

Berdasarkan hasil prediksi, dimungkinkan budaya ketimuran masyarakat Indonesia akan terkikis dengan begitu mudah saat bonus demografi berlangsung. Kesempatan ini bisa terealisasikan karena adanya dominasi generasi muda terutama kalangan remaja dengan karakter yang menyimpang. Tidak dapat dipungkiri bahwa peran pemuda sangat dibutuhkan demi keberlangsungan pembangunan menuju arah yang lebih baik karena pemuda akan bertindak sebagai kendali utama pada berbagai sektor. Maka dari itu, proses penurunan moral dan hancurnya etika generasi bangsa menjadi perkara sulit yang harus segera diselesaikan. Apabila permasalahan ini tak segera diselesaikan, tidak menutup kemungkinan tahun 2030 etika pancasila akan tenggelam dan menghambat pertumbuhan berbagai sektor pembangunan negara. Indikasi tenggelamnya budaya ketimuran Indonesia yang selama ini memberikan pengaruh baik terhadap karakter bangsa harus ditepis dengan tegas melalui pembenahan perilaku secara bertahap, dimulai dari kehidupan sehari-hari.

Tags: #IndonesiaHebat, #anakmuda, #Generasi

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com