Loading...

Mengenal Media Sampai Akar Terdalam

Opini 1 week ago
Mengenal Media Sampai Akar Terdalam

Media saat-saat ini memiliki banyak sekali ragam. Ada televisi, koran, portal berita online, dll. Semua media pasti memiliki idealistis dan kepentingannya masing-masing.

Sebagai masyarakat, sudah seharusnya kita menjadi lebih pintar dalam memahami media. Jangan sampai kita terjebak dalam "perangkap-perangkap" yang sadar atau tidak dibuat oleh media.

Media Sangat Subyektif.

Bagi media, tidak ada yang namanya kejujuran ataupun kebohongan sejati. Semua tergantung dari sudut pandang apa yang ingin ditampilkan oleh media. Hal yang baik, bisa saja jadi buruk jika media tidak mau hal tersebut memiliki citra baik.

Media adalah Bisnis yang Punya Kepentingan.

Satu hal yang harus selalu kita ingat, yaitu media bagaimanapun merupakan lembaga bisnis yang diciptakan untuk menghasilkan uang. Oleh karena itu, media pasti akan terus-menerus menampilkan hal yang memiliki rating tinggi. Tidak jarang media membuat drama hanya demi mendapar rating tinggi dan mendulang banyak viewer.

Media Dapat Membuat Realitas Baru.

Dengan pengaruh yang besar di masyarakat, media dapat dengan mudah menciptakan suatu kenyataan yang baru. Hal yang salah bisa jadi benar, begitu pula sebaliknya. Contoh penonjolan etnisitas yang dibuat oleh media. Seringkali media menggambarkan orang Ambon sebagai sosok yang kasar, jahat, beringas, dan preman. Label tersebut menjadikan orang-orang Ambon seringkali ditakuti oleh masyarakat.

Bagi media untuk membuat suatu kenyataan baru sangatlah mudah. Jadi kita harus berhati-hati lebih lagi.
Media Punya Pengaruh yang Kuat di Masyarakat.

Loading...

Media adalah sarana terbaik bagi para influencer untuk mempengaruhi banyak orang. Apalagi media massa yang memiliki basis penikmat yang besar. Di satu sisi ini adalah hal yang baik. Karena media punya kekuatan yang besar untuk mengubah hidup seseorang.

Sayangnya di Indonesia seringkali media hanya mengejar rating dan iklan saja. Acara yang disajikan mayoritas tidak mendidik. Ya sungguh suatu hal yang sangat disayangkan.
Pentingnya Literasi Media.

Secara sederhana, literasi media dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam melek media. Jadi apa yang dibahas sebelum ini sebenarnya adalah bagian dari literasi media yaitu memahami tentang cara kerja media.

Lebih dalam lagi, literasi media berarti kita mengetahui cara media terbentuk, konstruksi konten media, dan sudut pandang yang diambil media. Dengan literasi media, kita jadi bisa memilah hal apa saja yang perlu kita terima, apa yang benar, serta apa yang  berguna.

Tidak hanya itu, dengan mengerti tentang konstruksi media, itu akan membantu kita untuk tidak terjebak dalam sudut pandang satu sisi dari media. Sehingga kita bisa melihat secara utuh suatu hal yang terjadi.


Yang pasti, kita perlu sekali untuk terus berusaha mengerti konstruksi media. Sehingga kita menjadi masyarakat Indonesia yang cerdas dan tidak mudah termakan hoaks.

Tags: Media Sosial

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.