( Opini ) Orang Cerdas tangkis Hoax

Opini 3 months ago
( Opini ) Orang Cerdas tangkis Hoax

Manusia adalah makhluk paling sempurna yang diciptakan oleh Tuhan, karena kita dikaruniai akal pikiran sebagai modal yang sangat luar biasa untuk menjalani bisnis kehidupan ini, karena memang hewan, jin, tumbuhan bahkan makhluk paling patuh seperti malaikat pun tidak memiliki modal ini. Dan memang sebagian orang masih tidak sadar akan modal ini mereka mengikuti arus kehidupan ini secara yaa stagnan, bahkan dalam bisnis kehidupan cenderung merugi tidak banyak keuntungnya. 

Seseorang yang sadar kalau dia manusia pasti saya yakin dia akan senantiasa menggunakan akalnya untuk berpikir. Akan tetapi, sekarang kondisi budaya masyarakat atau bahkan kita adalah tentang cara pola pikir atau bagaimana cara berpikir dengan benar ?, kebanyakan masyarakat masih terpaku pada tradisi yang begitu mengakar kuat (berpikiran tradisional), ada juga yang berpikir secara sederhana tanpa memikirkan bagaimana dampak yang diakibatkan setelahnya jika dia melakukan apa yang dipikirkannya tersebut apakah akan berdampak negatif atau positif bagi dirinya dan masyarakat, selanjutnya adalah berpikir yang memperkaya diri, jadi dia berpikir tentang bagaimana saya bisa meraih apa yang saya inginkan walaupun itu harus mengorbankan orang lain sekalipun atau bisa kita sebut (menghalalkan segala cara), dan yang terakhir adalah orang yang memang malas berpikir cenderung pasrah dengan arus waktu dan cenderung nyaman di suatu tempat yang itu memang menjadi zona nyamannya orang seperti inilah orang yang banyak merugi karena memang dari segi kualitas mereka beda dengan orang yang senantiasa upgrade kualitas hidupnya, sebagai contoh : Orang yang senantiasa menerima keadaan, mudah menyerah, nyaman dengan zona nyaman mereka akan kalah kualitas hidupnya dengan orang orang yang senantiasa berkerja keras, dan tidak cepat dengan apa yang mereka raih. maka akan berbeda.

Inilah kebanyakan realitasnya, terus bagaimana kalau kita warga Indonesia seperti ini terus kapan bangsa ini mau maju, kapan Garuda Perkasa kita akan terbang menjulang tinggi mengalahkan burung Elang? apalagi ini masa masa rawan dimana banyak hoax, fitnahan, berita yang tidak benar keasliannya, ujaran kebencian antara kelompok satu dengan lainnya. Karena tidak bisa dipungkiri Hoax itu sangatlah cepat penyebaranya seperti sebuah virus yang menyebar di masyarakat luas, Jika dibiarkan maka akan mudah sekali meracuni pemikiran setiap orang, sehingga orang tersebut percaya dan akhirnya terpengaruh masuk kedalam jurang kebencian dan kebohongan. 

Hoax itu ibarat sebuah fitnah modern di zaman milenial ini, karena memang benar seorang yang menyebarkan hoax maka akan terkena dosa, dan dosa itu akan mengalir terus bersamaan dengan seseorang yang menyebarkan berita tersebut inilah yang dimaksud (Dosa atau kerusakan Jariyah). 

Apapun berita atau omongan itu yang akan menimbulkan kerusakan atau rusaknya tatanan sosial imasyarakat itulah yang namanya Hoax. Dan hoax ini juga berpotensi merusak persatuan dan kesatuan masyarakat bahkan negara, masyarakat akan dibuat resah dengan hoax dan akhirnya timbulah kebencian diantara mereka. Lantas jika budaya berpikir kebanyakan masyarakat masih seperti diatas dan ditambah adanya virus hoax yang cepat menyebar lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Kita membutuhkan orang orang yang berpikirnya cerdas. Karena memang gini orang cerdas adalah orang yang senantiasa berpikiran rasional secara logis dan pemikiranya bisa dipertanggungjawabkan dengan alasan yang logis juga. Orang yang cerdas benar benar memanfaatkan modal yang diberikan tuhan ini dengan sebaik baiknya dan secara bijaksana. Karena memang pemikiran mereka lah yang dibutuhkan oleh masyarakat. 

Loading...

Orang yang cerdas akan senantiasa berpikir dua kali lipat bahkan tiga, empat untuk melakukan suatu tindakanya karena memang ia akan mempertimbangkan segala aspek untuk memutuskan suatu keputusan agar senantiasa membawa dampak baik atau memperoleh keuntungan bagi dirinya dan masyarakat. 

Orang cerdas memiliki sebuah pola pikir bagaimana cara saya bisa merubah suatu kondisi dimana masyarakat yang berpikirnya kebanyakan masih seperti diatas menjadi suatu kondisi masyarakat yang dimana anggotanya sadar menginginkan suatu kemajuan dan peningkatan kualitas hidup mereka. Bagaiamana orang yang cerdas dalam menangkis hoax yang bertebaran ? jika terdapat berita hoax maka pertama, ia akan mencari atau menelusuri asal muasal kebenaran berita ini, apakah berita tersebut memang benar benar ada dan jelas kebenarannya ataukah hanya omongan belaka yang "katanya..katanya ini.. katanya itu..". Ia akan mencari sampai titik terang kebenaran. 

Ketiga, ketika ia meneriman sebuah berita yang sudah dia ketahui kalau itu adalah sebuah hoax maka ia akan menghentikan penyebaran berita hoax tersebut (STOP di anda!!), karena memang ia adalah orang cerdas yang juga memikirkan kondisi masyarakat jika hoax ini dikonsumsi masyarakat secara mentah mentah lalu bagaimana dampaknya nanti lalu, lalu jika terjadi kebencian bagaimana jadinya negeri ini, ibarat "anda yang menyebarkan hoax tapi yang kena dampak buruknya semua lapisan masyarakat". Dan disitulah peran orang yang cerdas. 

Bangsa ini butuh segelintir orang yang cerdas untuk menyelematkan bangsa ini dari sebuah kerusakan yang nanti akan menghancurkan masyarakat, dan orang cerdas tidak hanya dalam mengatasi hoax saja tetapi ia juga cerdas dalam mengatasi segala permasalahan apapun itu baik itu berhubungan dengan dirinya maupun berhubungan dengan masyarakat, dan ia juga senantiasa melihat berbagai kesempatan dalam sebuah kesempitan untuk membawa sebuah keuntungan hidup yang senantiasa bermanfaat bagi dirinya maupun bagi masyarakat, karena orang orang cerdas inilah yang nanti akan membawa sang Garuda terbang menjulang tinggi.

Tags: Orang Cerdas, Anti Hoax

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Ide Unik Melipat Handuk, Nomer 5 Wajib Dicoba

Orang kreatif selalu mempunyai banyak ide, bahkan benda sepele pun bisa menjadi sesuatu seni yang unik dan enak dipandang mata. Misal saja handuk, benda yang biasanya dipakai untuk mengeringkan badan setelah mandi ini ternyata bisa dijadikan seni yang unik. Yaitu dinamakan seni melipat handuk.

close

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com