Pengamen Bukan Pengemis

Opini 2 months ago
Pengamen Bukan Pengemis

Bicara soal "Pengamen", kebanyakan orang mungkin akan membayangkan sosok preman atau pengemis dengan penampilan kurang menarik yang mengganggu.

Tapi jika anda berkunjung ke pusat kuliner Pasar Lama Tangerang yang beralamat di: Jl. Kisamaun, Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15118, anda akan menemukan sosok yang berbeda dari "Pengamen" yang biasa anda bayangkan selama ini.

Sebagian sosok "Pengamen" yang anda bayangkan mungkin masih bisa anda temukan di tempat ini, tapi tidak semua "Pengamen" di tempat ini bisa dikategorikan "Pengemis" atau "Preman".

Saat anda berkunjung ke tempat ini, jika anda beruntung, anda mungkin akan bertemu dengan sosok Jo, salah satu pengamen pasar lama, bertubuh tinggi, langsing, berkulit sawo matang yang memiliki suara merdu.

Namanya Rizky Ryadi, beberapa orang memanggilnya Dee tapi kebanyakan orang memanggilnya Jo. Jika suatu saat anda berkunjung ke pusat kuliner pasar lama Tangerang dan bertemu dengan sosok dengan ciri-ciri seperti di atas, panggil saja dia Jo.

Jo akan menyapa hangat dengan kelakar-kelakar ringannya yang bersahabat sebelum ia menemani acara makan malam anda dengan tembang-tembang ringan yang memanjakan pendengarnya. Biasanya Jo membawakan paling sedikitnya dua lagu. Sabar dan sungguh-sungguh.

Seperti yang telah saya bahas di atas, bahwa ketika kita berbicara mengenai pengamen, dua hal yang paling sering kita tautkan untuk menyebutkan citra pengamen. Kalau bukan preman, berarti pengemis. Ketika kita bertemu dengan sosok pengamen dengan penampilan keras, otomatis kita akan menilainya sebagai preman. Dan sebaliknya, ketika kita berhadapan dengan pengamen dengan penampilan lemah lembut, otomatis kita akan menilainya sebagai pengemis.

Jo adalah salah satu dari sosok pengamen lemah-lembut yang bisa saja dianggap seolah ia peminta-minta. Tapi perlu saya tegaskan sekali lagi bahwa tidak semua pengamen layak disama-ratakan dengan preman atau pengemis.

Loading...

Suatu ketika, Jo menemani sepasang kekasih yang tengah makan malam berdua dengan tembang-tembang manisnya. Satu lagu tak berhasil membuat sepasang kekasih ini meresponnya, dua lagu juga masih tak berhasil membuat sepasang kekasih ini memberinya tanggapan, sampai empat lagu dinyanyikan, sepasang kekasih ini justru malah menunjukkan sikap tak senang dan merasa terganggu. Dan yang paling buruk, sikap mereka terkesan seperti meremehkan. Jo menahan diri untuk tidak menunjukan ketersinggungannya saat itu, tapi diluar dugaan keduanya, Jou membayar penuh semua tagihan di meja pasangan itu.

Jo dan kawan-kawan, memang mencari uang dengan mengamen, tapi mengamen bukan satu-satunya cara yang bisa mereka lakukan untuk mencari uang dan uang bukan satu-satunya yang mereka cari. Kadang mereka hanya butuh didengar untuk sekedar meminta dukungan atas karya mereka.

Jadi jika suatu hari anda bertemu dengan pengamen dan tak bisa memberikan uang untuk beberapa alasan, sedikit pujian dan sikap sopan tidak akan mengurangi rasa hormat mereka. Pengamen adalah seniman dengan perasaan halus.

Sebagian besar pengamen adalah musisi dalam proses. Meski diantara mereka masih terselip beberapa oknum, preman dan pengemis berkedok pengamen.

Tetap hargai profesi orang lain sebelum anda menghakimi orang lain berdasarkan profesinya.

Image from: Facebook

Tags: #streetperformers, #kotang, #seniman, #musisi

Loading...
10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia

10 Misteri Penampakan UFO Paling Menggemparkan Di Seluruh Dunia, kira kira seperti apa ? Yuk simak artikelnya

Mengenal Vebma

Apa itu Vebma? Vebma adalah sebuah media yang di peruntukkan untuk siapapun yang ingin menulis, membagikan ide, pengetahuan dan info apa saja untuk di ketahui umum umum.

Apa yang anda dapat?

Kamu akan di bayar untuk setiap View yang dihasilkan artikel yang kamu tulis.

Apa saja yang bisa kamu tulis?
Kamu bisa menuliskan apa aja yang ingin kamu ketahui dan kamu pelajari untuk kamu bagikan.

Advertiser
hello@vebma.com