Spesifikasi dan Harga All New Suzuki Satria F150 2016 Terbaru - Vebma.com

Spesifikasi dan Harga All New Suzuki Satria F150 2016 Terbaru

04-09-2016 (5 months ago)

Hadirnya Suzuki Satria terbaru yang pertama kalinya mengusung mesin berteknologi "Fuel Injection".

Suzuki akhirnya berbenah diri pasca kehadiran kompetitornya yaitu Yamaha MX-King dan Honda Sonic 150R. Varian terbaru dari PT. Suzuki Indomobil Motor yang dipasarkan oleh PT. Suzuki Indomobil Sales ini resmi dirilis pada hari Selasa 16 Februari 2016 di Sirkuit Sentul, Bogor.

Ini merupakan angin segar bagi pecinta otomotif di kelas underbone 150cc, khususnya yang sedang bingung memilih diantara ketiga varian diatas yang sama-sama mengadopsi sistem injeksi. Maklum yang sebelumnya Suzuki menggunakan karburator, sekarang sudah move on mengusung mesin berteknologi Fuel Injection.
Beberapa perubahan mendasar dari All New Suzuki Satria F150 ini, antara lain:

1. Dimensi dan desain


 All New Suzuki Satria F150 Injection ini merupakan paling ramping dikelasnya dengan panjang 1960 mm, lebar 675 mm, dan tinggi jok 765 mm membuat motor ini sangat "enak" diajak bermanuver di jalan raya. Dengan jarak pijak 150 mm menjadikan motor ini masih aman untuk melesat di jalanan Indonesia. Bobotnya 109 kg ini juga masih lebih ringan dibandingkan dengan varian terdahulunya. Pengurangan berat motor ini terletak pada beberapa komponen yang dipangkas, konsekuensinya membuat Suzuki Satria F150 injeksi ini memiliki tingkat pengendalian dan handling yang lebih baik dari varian terdahulunya, bahkan lebih baik dikelasnya. Untuk segmen desain, All New Suzuki Satria F150 masih kental dengan desain motor "ayam jago" tetapi sudah 90 persen meninggalkan desain lamanya. Dimulai dari desain head lampnya yang tampil semakin garang dan lampu sein yang menyatu dengan lampu utama. Beranjak ke body, All New Suzuki Satria F150 kini tampil futuristik dan sporty dengan desain body yang aerodinamis. Konsep desain underbone yang tampak lebih proporsional dan lebih padat dari varian sebelumnya. Desain jok yang lebih tipis dari sebelumnya sehingga lebih menyatu dengan bodynya.Di bagian buritan perubahan yang paling detil adalah spakbor belakang yang lebih racing dengan lampu plat nomor tersendiri sehingga terkesan lebih mewah. Untuk fairing dan cover engine dibuat lebih kekar yang menunjang tampilan lebih sporty.

2. Performa Mesin


 Hadir dengan mesin DOHC (Double Overhead Camshaft) 4 Valve Single Slinder dengan kapasitas isi slinder 147,3 cc berteknologi terbaru mengadaptasi teknologi MotoGp yang sudah menjadi identitas Suzuki Satria F150 sejak generasi pertama. Karena Suzuki Satria F150 sudah melekat kuat dengan identitas kecepatan. Menggunakan sistem Liquid Cooled terbaru menjamin kinerja pendinginan tetap maksimal dan konsisten saat mesin bekerja keras. All New Suzuki Satria F150 memiliki performa mesin yang menakjubkan karena motor ini mampu mengeluarkan daya maksimum 18,24 HP (13,6 kw) pada putaran mesin 10.000 rpm dengan torsi maksimum 13,8 Nm pada putaran mesin 8.500 rpm yang disalurkan dalam transmisi manual 6 percepatan. Daya maksimum yang dikeluarkan merupakan yang terbesar di kelas 150cc saat ini, bahkan mampu mengalahkan daya maksimum yang dikeluarkan kompetitornya seperti Yamaha R15, All New CBR 150R, ataupun All New Sonic 150R. Mesin berteknologi Fuel Injection ini dipadukan dengan Dual Spray Injector yang dikendalikan secara otomatis oleh teknologi ECM (Electronic Control Module) yang merupakan otak dari sistem injeksi yang diusung oleh All New Suzuki Satria F150 dengan tujuan agar penggunaan BBM lebih efisien dan potensi performa jauh lebih besar, dimana untuk jarak tempuh 200 km motor ini hanya "meminum" 4 liter BBM, maka konsumsi BBM motor ini bisa mencapai 50 km/liter. Bisa disimpulkan bahwa All New Suzuki Satria F150 ini lebih irit 12% dibandingkan Satria F150 versi karbutor yang konsumsinya 39 km/liter.

3. Rangka dan Suspensi


Untuk mengimbangi performa mesin yang menakjubkan tadi dan menjaga stabilitas berkendara, motor ini ditopang oleh rangka underbone Twin Spar Frame dan dibekali dengan suspensi depan tipe teleskopik, dengan pegas spiral dan bantalan oli. Sedangkan bagian belakang mengandalkan lengan ayun bersuspensi tipe monoshock dengan batang oli. Pada bagian kaki-kaki, motor ini dilengkapi velg racing yang berdesain sporty, tidak jauh berbeda dengan varian sebelumnya dengan dibalut dengan ban tubeless berukuran 70/90-17 38P di bagian depan dan ban tubeless berukuran 80/90-17 50P di bagian belakang membuat motor ini semakin lincah dan memiliki grip yang baik ketika melewati jalan beraspal. Untuk sistem pengereman, sudah dibekali petal disk brake dengan diameter lebih lebar bermodel wave double piston kaliper di bagian depan dan disk brake wave single piston di bagian belakang.

4. Fungsional Fitur


 All New Suzuki Satria F150 Fuel Injection ini telah dibekali berbagai fitur canggih yang fungsional dan sangat menarik. Pada bagian dashboard motor terpasang konsol meter yang sudah menggunakan New Full Digital Speedometer, dengan panel instrumen yang lengkap yang mampu menampilkan informasi secara lengkap pula. Fitur ini merupakan salah satu nilai lebih yang ditawarkan dari All New Suzuki Satria F150. Tidak seperti versi terdahulu yang masih menggunakan semi digital. Adapun informasi yang ditampilkan antara lain: penunjuk kecepatan, penunjuk waktu, indikator BBM, indikator gear position, indikator FI, indikator RPM, indikator temperatur pendingin, indikator interval oli dan twin trip. Semua disajikan sangat informatif dan mudah untuk dioperasikan.

Fitur penunjang lain yaitu fitur bagasi, All New Suzuki Satria F150 ini memiliki bagasi tempat penyimpanan barang yang terletak di dashboard depan.

Untuk fitur keamanan, All New Suzuki Satria F150 dilengkapi dengan New Shuttered Key System (Kunci Magnet Pengaman) yang memudahkan membuka pelindung kunci dengan cara menekan kepala kunci pada lubang shuttered key.

Pada Fitur Electric Starter juga "kena imbas" inovasi baru yaitu New 1-Push Electric Starter dengan kemudahan cukup sekali tekan tombol starter tanpa menahan, otomatis mesin akan menyala.

Fitur terbaru juga terdapat pada footstep yang bisa ditekuk dan terdapat sensor kemiringan, layaknya motorsport masa kini.
Untuk urusan penerangan, bagian depan dipasang lampu New LED Aggressive LED Headlamp sehingga membuat berkendara dimalam hari semakin nyaman.

Fitur penunjang lainnya seperti spion, dan spakbor belakang nampak lebih racing yang melengkapi tampilan All New Suzuki Satria F150 FI yang sporty dan underbone sejati.

5.Harga New Suzuki Satria F150 2016

Dari segi harga yang ditawarkan, All New Suzuki Satria dibanderol lebih mahal dari kompetitornya. Ada 2 tipe yang ditawarkan dari produk ini yaitu tipe Suzuki Satria F150 Injection Standard Version yang dibanderol Rp 21.650.000 (OTR Jakarta) dan tipe Suzuki Satria F150 Injection High Grade Version yang dibanderol Rp. 21.950.000 (OTR Jakarta).

 Meskipun lebih mahal dari kompetitornya, namun menurut saya sangat sebanding dengan banyak kelebihan yang dimiliki oleh Suzuki Satria F150 mulai dari performa mesin, desain dan teknologi yang digunakan pada fitur-fitur modern yang terdapat pada motor ini layaknya motor premium. So, buat para pembaca ulasan ini semoga bermanfaat khususnya yang ingin membeli motor semi sport kelas 150cc underbone.

Artikel Terkait

Loading...