Selain Biar Aman, Sabuk Pengaman Ternyata Punya Fungsi Yang Lain
Sabuk pengaman memang penting untuk digunakan ketika kita mengendarai mobil, tapi tahukah kamu jika sabuk pengaman mempunyai fungsi tidak hanya sebagai piranti keselamatan saja.
Tidak hanya di negara kita, namun hampir di semua negara mempunyai peraturan yang ketat soal sabuk pengaman atau safety belt ketika mengendarai mobil. Pada semua mobil pada umumya sudah terpasang piranti keselamatan yang satu ini, baik itu pada mobil lama ataupun pada mobil baru. Sebab memang jika mengacu kepada peraturan pemerintah tentang keselamatan berkendara, sabuk pengaman atau safety belt ini wajib dipunyai oleh semua mobil yang melaju di jalanan, baik itu mobil pribadi, mobil angkutan umum, bahkan mobil niaga mulai dari pick up sampai truk pun harus punya. Dan ketika dikendarai mulai dari supir sampai penumpang pun di wajibkan memakai sabuk pengaman.
 
Kenapa sabuk pengaman sangat penting di pakai saat mengendarai mobil? untuk menjawab pertanyaan ini kita harus tahu terlebih dahulu apa itu sabuk pengaman dan apa fungsi dari sabuk pengaman ini.



Sabuk pengaman adalah sebuah alat atau piranti keselamatan yang dibuat untuk melindungi pengendara baik pengemudi dan penumpang agar tetap berada di tempat (kursi) bila mobil mengalami tabrakan, kecelakaan bahkan pada saat mobil melakukan pengereman mendadak.
 
Bila terjadi terjadi hal seperti diatas misal terjadi tabrakan atau pengereman mendadak secara spontan, pengendara yang tidak memakai sabuk pengaman akan dengan mudah terbentur benda -benda di dalam kendaraan seperti kemudi (setir), dashboard bahkan kaca dan termasuk sandaran kursi ketika pengendara terhempas kembali ke belakang. Yang paling parah ada banyak kasus tabrakan frontal si pengendara yang tidak memakai sabuk pengaman bisa terlempar keluar sampai menembus kaca depan, dan tentu hal yang tersebut diatas tadi sangat membahayakan keselamatan bahkan mengancam nyawa pengendara.
 
Namun tahukah kamu, selain untuk piranti keselamatan, sabuk pengaman ternyata mempunyai fungsi atau kegunaan lainnya.
 
Sabuk pengaman tersebut juga punya fungsi atau dirancang sedemikian rupa agar bisa membuat pengemudi lebih fokus saat menyetir kendaraan, badan pengemudi tidak mudah bergerak ke kanan atau ke kiri, bahkan mengambil barang di kursi samping atau belakang misalnya ketika sedang mengemudi mobil.
Dan fungsi lainnya yang tak kalah penting juga adalah menjaga kontruksi tulang agar terjaga dengan baik serta tidak mudah lelah sewaktu mengemudi, karena dengan menggunakan sabuk pengaman, pengemudi diharapkan bisa tetap duduk secara tegak.



Tapi perlu diingat bahwa sabuk pengaman yang kamu pasang di mobil harus lah benar dan berfungsi dengan normal, bukan hanya sebagai aksesoris semata yang bisa menghindarkan kita biar tidak di tilang polisi saja.

Lalu bagaimana ciri -ciri sabuk pengaman yang benar? Ciri paling dasar dari sabuk pengaman yang benar adalah bisa mengikat tubuh tidak terlalu longgar juga tidak terlalu kencang. Coba cek sabuk pengaman di mobil kamu, dan jawab pertanyaan berikut ini : 

-Bila ditarik apa bisa kembali menggulung sendiri?
-Bila ditarik secara pelan apakah bisa terjulur keluar?
-Bila ditarik secara cepat atau di hentakkan dengan kuat, apakah bisa terhenti (macet) dan tidak terjulur keluar?
-Bila dipasang pada pengait apa ada bunyi "klik"?
-Bila kamu menjawab YA pada semua pertanyaan diatas, berarti sabuk pengaman yang terpasang di mobil kamu dalam -kondisi baik dan layak untuk digunakan.
Loading...

Artikel Terkait