Ini Dia Jenis Jenis Helm Yang Mungkin Tidak Diketahui Banyak Orang

05-10-2016 (2 months ago)

Helm merupakan salah satu alat berkendara untuk pengendara motor yang wajib digunakan setiap kali melakukan perjalana menggunakan sepeda motor. Tanpa menggunakan helm, Kalian akan ditilang oleh polisi.

Helm merupakan salah satu alat berkendara untuk pengendara motor yang wajib digunakan setiap kali melakukan perjalana menggunakan sepeda motor. Tanpa menggunakan helm, Kalian akan ditilang oleh polisi.

Helm itu bukanlah aksesori untuk digunakan saat berkendara, akan tetapi merupakan sistem keselematan dalam berkendara. Helm akan melindungi kepala pengendara bila terjadi kecelakaan sehingga kepala penggunanya akan terlindungi dari benturan. Banyak orang yang tidak tahu kalau sebenarnya helm itu ternyata ada banyak jenis jenisnya. Bukan hanya sekadar helm pelindung kepala saja.

Berikut merupakan jenis jenis helm yang tidak banyak diketahui orang.

3/4 Modular Helmet


Helm ini merupakan tipe helm standar yang direkomendasikan kepolisian untuk di gunakan berkendara di Indonesia. Helm ini dinilai cukup aman untuk pengendara motor dengan kapasitas mesin kecil. Helm ini dilengkapi dengan plastik mika yang terletak pada bagian wajah. Sehingga akan melindungi muka dari serbuan debu dan kotoran jalanan. Helm seperti inilah yang paling banyak digunakan para pngendara motor di Indonesia.

Full Face Helmet


Helm seperti ini biasanya dipakai para pengendara motor besar. Helm full face akan melindungi bagian kepala secara keseluruhan, mulai dari belakang, atas, samping, hingga dagu. Akan tetapi karena terlalu tertutup, para pengendara motor akan merasa sangat gerah bila helm tidak dilengkapi dengan ventilasi yang mencukupi. Tapi yang terpenting pengendara akan terlindung seluruh kepelanya dari benturan.

Flip-Up Helmet


Helm flip-up merupaka kombinasi dari helm full face dengan 3/4 modular helmet . Pada helm ini bagian yang melindungi wajah bisa dibuka dan diangkat sehingga membentuk helm modular. Akan tetapi, helm ini hanya unggul dalam unsur keren saja dan mengurangi kadar keselamatan pemakainya. Kekurangan helm ini adalah bila terjadi kecelakaan dan terbentur di bagian depan, helm ini rentan terbuka dan melukai bagian wajah dari pemakainya. Seharusnya keselamatan pnggunanya lah yang harus di nomor satukan.

Open Face Helmet


Helm open face helmet merupakan Jenis helm yang biasanya digunakan oleh para penggemar motor Harley Davidson. Helm model ini tidak dilengkapi dengan lapisan pelindung wajah sehingga akan membuat pemakainya mudah kelilipan pasir. Helm ini juga tidak terlalu menomor satukan keselamatan pemakainya karena bagian depan yang terbuka. Biasanya helm ini hanya dipakai untuk konvoi keliling kota saja, jangan gunakan helm seperti ini untuk perjalanan jauh.

Shorty Helmet


Jenis helm terahir yaitu shorty helmet. Helm jenis ini memiliki bentuk seperti topi, yaitu bagian depan dan belakang memiliki level ketinggian yang hampir sama. Kekurangan memakai helm jenis ini adalah kepala belakang dan bagian telinga tidak akan terlindungi, sehingga akan mengurangi unsure keselamatan pemakainya. Helm jenis ini pernah menjadi hits ketika aturan tentang helm standar belum berlaku. Namun karena tingkat keselamatan yang sangat minim, akhirnya pihak kepolisian memutuskan tidak boleh lagi digunakan oleh para pengendara motor untuk dipakai perjalanan jauh.

Bergabung jadi penulis

Bergabung bersama kami,tulis artikel,Share artikel anda,dapatkan penghasilannya

Buat Artikel