Mau perangkat audio mobil anda awet ? Ikuti tips ringan berikut ini

17-09-2016 (5 months ago)

Perangkat audio di dalam mobil tentu tetap harus anda rawat agar bisa berfungsi dengan baik dan awet. Tentunya dengan audio yang normal anda tetap bisa menikmati musik dan siaran radio kapan saja

Untuk anda yang memiliki mobil tentu sudah sangat sering mendengarkan berbagai musik favorit anda atau siaran radio favorit anda melalui perangkat sound system audio di dalam mobil anda. Fungsi dari perangkat audio di dalam mobil ini jelas sangat penting karena akan bisa menemani anda dikala mengendari mobil dalam waktu lama. Musik memang adalah salah satu cara termudah menghilangkan stress dan menghabiskan waktu luang anda.

Hiburan ketika berkendara memang tidak akan membuat anda mengantuk dan anda pun akan lebih awas dan selalu konsentrasi dalam berkendara. Namun ternyata masih banyak para pemilik mobil hanya menggunakan perangkat audio di mobil mereka begitu saja tanpa merawatnya dengan benar dan rutin.

Padahal perangkat audio di mobil ini sangat rentan dengan berbagai kerusakan jika tidak dirawat dengan benar dan tepat. Dan sebagai informasi, harga perbaikan atau penggantian part dari komponen sound system audio di dalam mobil tersebut sangatlah mahal sehingga akan sangat merugikan jika perangkat audio di mobil anda rusak akibat kelalaian anda dalam hal merawat dan menjaga kondisi dari perangkat audio tersebut.

Sementara untuk menjaga kondisi perangkat audio di mobil anda agar tetap normal dan kondisi terbaik sebenarnya sangatlah mudah sekali. Hal ini tergantung dari bagaimana anda menggunakan perangkat audio di mobil anda. Karena usia dari sebuah perangkat audio mobil sendiri ditentukan dari bagaimana cara anda menggunakan perangkat audio tersebut sehari-hari. Perawatan seperti ini memang bisa dikatakan wajib dilakukan apalagi jika mobil anda tergolong baru agar kondisi perangkat audio tersebut bisa awet dan minim penggantian yang tentunya tidak akan memberatkan anda.

Dan kebiasaan pemiliki mobil yang berpotensi membuat umur perangkat audio di mobil pendek adalah cara dalam mendengarkan musik. Mereka terkadang mendengarkan musik dengan volume cukup keras. Hal ini jelas bukan hal yang tepat, karena sebaiknya anda mendengarkan dengan ukuran volume secukupnya saja. Getaran pada speaker yang terlalu keras memang tidak akan langsung merusak namun secara jangka panjang akan membuat komponen aus dan tentunya suara lambat laun akan cepat pecah atau tidak enak di dengar lagi.

Jangan lupa untuk terus mengatur setelan audio seperti middle, treeble, dan bass pada perangkat audio di mobil anda. Selain membuat suara lebih enak, pengaturan seperti ini akan membuat usia perangkat audio lebih panjang. Dan kebiasaan memutar CD/DVD di perangkat audio mobil usahakan terus menggunakan tipe kaset yang asli bukan bajakan. Penggunaan kaset bajakan sendiri akan membuat lensa optik dari perangkat audio anda melemah. Efek terburuknya adalah dalam jangan panjang lensa optik tersebut akan lemah dan membuat proses pembacaan CD/DVD menjadi lebih lama alias lemot.

Dan kesalahan yang terakhir adalah para pemilik mobil lupa mematikan head unit audio di mobil mereka saat mesin sudah dimatikan. Hal ini benar-benar sangat salah karena dengan begini head unit tersebut akan cepat rusak karena kelebihan beban arus listrik ketika anda menghidupkan kembali mobil anda. Dan paling parah hal seperti ini akan merembet ke aki mobil anda yang rusak atau biasa disebut aki tekor.

Artikel Terkait

Loading...